Arisan Mapan : Solusi Mudah Memiliki Barang Impian

Arisan Mapan : Solusi Mudah Memiliki Barang Impian

30 Maret kemarin saya berkesempatan menghadiri undangan PT. RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda) untuk membahas salah satu produk mereka yang bernama "Arisan Mapan". Saya tertarik untuk hadir karena sebelumnya beberapa bulan lalu di beranda Facebook saya selalu ada Fan Page Arisan Mapan, awalnya saya berpikir ini adalah sejenis usaha MLM karena gambarnya selalu seseorang yang memegang lembaran rupiah, so mumpung ada undangannya kenapa tidak saya cari tahu saja apa maksud dari Arisan Mapan ini.


Berlokasi di kawasan Blok M maka tidak susah untuk menemukan tempat ini, dari tata ruang terlihat seperti baru akan digunakan, dan akhirnya sayapun bisa bergabung bersama rekon blogger lainnya , dengan situasi santai acarapun dimulai, dan akhirnya saya kembali bangga pada anak bangsa negara ini. Setelah melihat CEO bukalapak, CEO Gojek dan CEO Ruang Guru ternyata CEO Arisan Mapan inipun sama muda nya dengan CEO lainnya, muda, keren dan smart! Dan kerennya guys lagi kita mempunyai pilihan untuk memounyai penghasilan tambahan hanya dengan menjadi ketua arisan, hah? 


Keseruan Acara Arisan Mapan



Diawal acara CEO Arisan Mapan menjelaskan apa yang menjadi latar belakang dia dan teman-temannya berada di PT. RUMA, Yup! Arisan adalah hal lama yang sudah temurun ada dibangsa ini. Arisan itu merupakan sebuah kegiatan yang terdiri dari beberapa orang, mereke berkumpul, memberi sejumlah uang sebagai kesepakatan, melakukan pengundian untuk kemudian secara merata mendapat giliran menerima sejumlah dana yang dikumpul tadi. Ide inilah yang dijadikan konsep lalu melihat adanya keterbatasan daerah-daerah terpencil untuk bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan hidup maka CEO Arisan Mapan berpendapat bahwa setiap orang harus bisa mendapatkan kemudahan akses, kemudahan membeli barang dengan harga terjangkau dan salah satu cara yang sangat manusiawi adalah dengan membantu mereka melalui cara gotong royong "bersama menjadi terjangkau".


Jadi Arisan Mapan adalah produk layanan arisan barang yang memudahkan masyarakat meraih barang imoian dengan lebih mudah, aman dan nyaman. Arisan Mapan ini sudah ada sejak tahun 2009 dan hingga kini sudah ada 50 cabang dengan puluhan ribu ketua arisan dan sementara ini tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Jangan khawatir dengan Arisan Mapan karena PT RUMA sudah terdaftar di Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pedagang Langsung Indonesia (APLI), PT RUMA sendiri adalah perusahaan berbasis teknologi dengan misi sosial bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah agar dapan hidup mapan dan mempunyai daya saing.

Lalu bagaimana cara kerja Arisan Mapan?
Nah seperti arisan pada umumnya maka kita butuh yang namanya orang yang mau bertuhas mengumpulkan dana, disini kita sebut dengan "Ketua Arisan". Ketua arisan harus mendaftarkan dirinya terlebih dahulu dan ini tanpa biaya, cukup klik websitenya di www.mapan.id, ikuti petunjuk formulir, setelah resmi terdaftar maka ketua arisan harus mencari anggotanya, minimal satu kelompok ada 5 anggota yang ingin membeli barang. Andai ketua tak ingin membeli barang maka ini tidak jadi masalah, ketua arisan tugasnya hanya mengelola kelompok dan tentunya akan menerima sejumlah benefit yaitu berupa keuntungan sebesar 5% - 10% dari harga barang yang dibeli anggotanya. Setelah menjadi ketua maka pihak arisan mapan akan memberikan katalog yang berisikan beragam jenis barang yang ditawarkan lengkap dengan besarnya iuran arisan. Katakan saya sendiri akan menjadi ketua arisan lalu saya akan mengajak teman atau siapa saja yang ingin ikut dengan menawarkan katalog, maka setalah ada 5 orang yang akan membeli barang yang saya lakukan adalah :

  • Menentukan lamanya periode arisan, apakah mingguan atau bulanan. Lama arisan tentu sesuai jumlah anggota kelompok 5, 10 dan maksimal 15 orang atau 15 putaran. Bila mingguan maka kelima anggota harus sepakat dengan mingguan
  • Menentukan setiap tanggal atau hari apa iuran disetorkan. Hal ini penting karena barang akan diterima 3-10 hari setelah pembayaran, dan bila ada keterlambatan pembayaran maka status akun ketua arisan akan suspend, dimana setiap anggota akan mengetahui hal ini dari sms yang dikirimkan PT RUMA ke seluruh anggota arisan.
  • Setiap anggota bebas memilih apa saja barang yang diinginkannya, tanpa ada batasan nominal uang yang harus ditentukan
    Ibu Yulia Ketua Arisan 
Cukup mudah memang, seperti arisan lainnya maka modal utamanya adalah kepercayaan, bila ketua bermasalah maka anggota akan rugi, sebaliknya bila anggota bermasalah maka beban akan menjadi milik ketua arisan. Pada acara siang itu ternyata ada seorang ketua arisan yang sharing ceritanya, beliau adalah ibu Yulia sudah hanya dalam waktu 3 bulan sudah memiliki 20 kelompik, wow amazing right! Katanya gak repot kok, cuman daftarin selanjutnya yang gerakkan PT RUMA, barang tinggal pilih lalu tanpa ada biaya kirim maka barang akan langsung sampai kepada alamat ketua arisan. Dari pengalaman bu Yulia ada beberapa poin yang menjadi kehandalan arisan mapan ini yaitu : 
  1. Tidak repot, cukup daftarkan kelompok maka yang mengocok arisan adalah PT RUMA, melalui sms kita akan tahu siapa yang mendapat giliran.
  2. Barang diantar sampai lokasi dengan spesifikasi yang sama yang disediakan pada katalog, bila salah maka akan ada kurir yang mengambil dan bisa ditukar kembali
  3. Harga barang terjangkau dan berkualitas
  4. Ketua arisan akan mendapatkan keuntungan
  5. Bila ada keluhan cukup hubungi penyuluh online dan ketua arisan akan dibantu dengna hati, seperti motto nya Melati (melayani dengan hati)
Dan saya pun melihat beberapa barang elektronik pada katalog, harganya memang tidak semahal dengan mengkredit, dan garansi toko juga diberikan, jadi saya bisa percaya bahwa arisan mapan memang niatnya adalah membantu saudara-saudara dipelosok untuk bisa mendapatkan barang impian dengan mudah dan terjangkau.

Kamu tertarik menjadi ketua arisan? Caranya gampang :

1. Daftarkan diri di www.mapan.id
2. Daftarkan minimal 5 anggota dengan berbagai pilihan barang impiannya dan sepakati lamanya periode arisan
3. 7 hari sebelum jadwal setoran maka ketua akan di sms siapa oemenag arisan minggu atau bulan ini
4. Bayar setoran via transfer ATM
5. Terima bonus, ketua arisan akan menerima bonus apabila iuran arisan telah selesai dibayarkan dan bonus ini bisa dicairkan, atau ingin dibelikan produk lain dalam katalog atau bahkan untuk membayar setoran arisan.

Ceo, Manager Sales dan pemenang live report d

So, ingin membeli barang impian? Pilih Arisan Mapan, gak pake ribet dan cepat , bersama menjadi terjangkau.

17 Komentar

  1. Aku sering liat iklannya di temlen FB, baru tahu detil cara kerjanya kaya gini. Thanks for share mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakan, makanya kmrn pas ada undangan aku mau hadir soalnya biar tau apaan sih hahahaha, emak kepo ceritanya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Teknologi yg dilirik org2 ber ide keren, bisa bermanfaat utk membantu siapa saja

      Hapus
  3. Wah.. Padahal sudah mulai tahun 2009 dan saya baru tahu setelah baca postingan diatas...

    Semoga RUMA menjadi solusi cerdas bagi yg membutuhkannya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, dan saya juga baru ngeh setelah hadir disana

      Hapus
  4. barang yang di bisa dipilih itu cuman barang yang tercantum di katalog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. tapi kalau mau barang yang lebih komplit ada di aplikasi mapan yang bisa didowbload di http://mapan.id *khusus android ya

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kalau kota daftar dan tidak ada dapet kelompk apa kena denda?

    BalasHapus
  7. Kalau kota daftar dan tidak ada dapet kelompk apa kena denda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak mbak,,gak ada dendanya kok, denda dikenakan kalaukita sdh ada kelompok trus nunggak cicilan, itupun bukan denda sih, tepatnya samksi brg jadi lama sampai heheh

      Hapus
  8. wah keren banget postingannya :D pasti seru banget yaa acaranya :D
    kenalin aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku siap membantu kalau ada pertanyaan ataupun mau bergabung dengan Arisan Mapan.

    more info:
    085782067069 (tlp, sms, whatsapp)
    5F6A5961 (BBM)
    tiwimapan (ID LINE)
    pratiwi.setyarini@mapan.id (email)

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah saya juga punya nih sob..
    Masih baru hehe. Salam persahabatan ya untuk Admin. Ini sambil blogwalk-in mencari template yang pas dan mencari materi tambahan untuk penulisan artikel terbaru saya; merta tuk sempatkan singgah di blog sobat yang bagus ini. Untuk semua teman-teman blogger di Indonesia maupun dimanapun, newbi ni. Salam kenal ya. Mohon minta dukungannya :)
    Ini Dia Cara Terbaru Mendapatkan Uang Dari Internet- Update 2017
    Terlengkap!
    Daftar Situs Pencari Duit di Internet. Terima kasih

    BalasHapus
  10. Wah baru mau gabung nih .. Mudah2n lancar jaya dan berkah ya :)

    BalasHapus
  11. Wah baru mau gabung nih .. Mudah2n lancar jaya dan berkah ya :)

    BalasHapus
  12. Ya nih masih butuh pencerahan.. Jd gmna sistem setor uangnya kan tiap orang jumlah harga brg yg diambilnya juga beda.. Terus pas setor uang arisan sesuai dengan jumlah cicilan atau gmna?

    BalasHapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir