7 Tahun Bloggercrony dan 7 Keistimewaanya

7 Tahun Bloggercrony dan 7 Keistimewaanya

#BloggerDay2022 tiba! Setiap mendengar Bloggerday maka yang terlintas di benakku adalah sebuah perayaan tepatnya jamuan istimewa dari komunitas Bloggercrony untuk para membernya. Bloggercrony Community (BCC) adalah salah satu dari sekian banyak komunitas blogger, apa yang membedakan BCC dengan komunitas lain? Jujurly bagiku BCC ini istimewa, salah satu keistemwaannya adalah mengadakan Bloggerday disetiap peringatan hari jadi BCC. Bloggerday adalah hal istimewa yang selalu aku harapkan dari sebuah komunitas, sudah selayaknya para member diberikan reward. Lah bukannya Blogger sudah dapat job? Ya benar banget dengan adanya komunitas maka Blogger punya banyak kesempatan untuk mendapatkan cuan, namun jangan lupa bahwa sebuah komunitas bisa punya nilai tentu karena memiliki member yang bisa "dijual". Samalah ya ketika kita punya ART maka untuk menyenangkan hatinya kadang kita memberi bonus, mengajaknya berlibur atau memberikan sesuatu untuk membuatnya betah bersama kita. Atau seperti para artis yang selalu bilang "mereka bisa punya value karena keberadaan fansnya". 

Bloggerday Tahun 2022

Lu pamrih dong li? Nope! hidup ini adalah take and give, nggak ada namanya hanya satu sisi, nggak enak kalau hanya menerima saja, nggak enak pula kalau hanya memberi saja. Keseimbangan itu penting untuk menjaga keberlanjutan bukan? Karenalah itulah Bloggercrony istimewa dimataku, BCC paham benar hubungan anatara member dan komunitas, BCC tak melulu berpikir hanya Blogger yang membutuhkan mereka, BCC menjaga keberlanjutan dengan mengadakan Bloggerday sebagai perayaan bersama. Dan saat Blogerday Tahun 2017 perayaan hari ke dua tahun BCC kami sekeluarga diboyong selama 2 hari 1 malam di sebuah kawasan wisata Rumah Joglo - Bogor, nggak rugi apa ya BCC ngadain beginian? Ternyata menurut Mbak Wawa ini adalah ide  Pak Lurah BCC (Mas Satto) yang selalu ingin menyisihkan dana untuk mengundang blogger disetiap hari jadi BCC, duh jujurly terharu, hamsahamida BCC!


Artikel ini ditulis untuk memperingati perayaan BCC ke 7 tahun dan menurutku ada 7 keistimewaan Bloggercrony Community yang akan aku sampaikan, cekidot ya! Bukan lebay melainkan memang inilah yang membuat aku masih setia dengan BCC.

7 Keistimewaan Bloggercrony Community

  1. Didirikan oleh Pasangan Suami Istri, keistemewaan pertama adalah komunitas Bloggercrony didirikan oleh pasangan suami istri yaitu Mbak Wawa dan Mas Satto. Sebelum membentuk BCC Mbak Wawa masih bekerja di Kompasiana, sebuah komunitas juga buat para blogger. Makanya ketika BCC terbentuk aku langsung percaya bahwa Mbak Wawa paham apa yang dikerjakannya dan aku percaya komunitas ini bukan sekedar buat ngumpulin database para blogger, dan karena pendirinya adalah pasangan maka akan mudah komunikasinya, lalu kecil  kemungkinan muncul conflict of interest yang kebanyakan jadi pemicu bubarnya sebuah komunitas right?
  2. Pengurus Profesional, BCC memiliki sejumlah kepengurusan dan menurutku so far sih semuanya profesional, apa tolak ukurnya? Perasaan aja sih hehe soalnya aku pernah merasakan ketika sebuah komunitas berganti kepengurusan aku jarang banget terpilih lagi haha, bukan baper loh ya pasalnya saat kepengurusan lama aku sering banget diajak kerjasama namun begitu pengurusnya ganti eh kesempatan ku pun ikut hilang. Tapi balik lagi sih rezeki itu nggak kemana jadi yang bikin aku baper bukan cuannya melainkan ini sama rasanya dengan yang sering terjadi hampir disetiap suasana sih, ganti orang maka ganti gerbong katanya. Alasan keprofesionalan inipun terjawab pada saat Mbak Wawa memberi kata sambutan, bahwa seluruh pengurus BCC itu dipilih langsung oleh Mbak Wawa, beliau datang langsung kepada mereka makanya nggak heran ya masih setia dengan BCC selama 7 tahun ini. 
    Panitia Bloggerday Tahun 2022

  3. Tagline Bloggercrony Blogging, Networking, Empowering, salah satu komunitas yang konsisten melakukan pembinaan bagi blogger adalah BCC sejak awal berdiri sudah memiliki tagline kece yaitu Blogging, Jaringan dan Pemberdayaan. Artinya komunitas ini didirikan bukan sekedar mengejar cuan melainkan sebagai blogger kapasitas kita juga diperhatikan, BCC memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa memiliki nilai lebih sehingga bisa bersaing di dunia blogger ini. Seperti yang disampaikan Mbak Wawa selaku founder BCC tujuan utama BCC berdiri sejak 24 Februari 2015 adalah untuk memfasilitasi para blogger dengan mengadakan program capacity building (workshop) untuk memperkaya blogger skill, experience, personality, branding, serta membuka kesempatan yang lebih luas untuk para blogger ingin belajar dan tumbuh bersama.
  4. Ragam Kegiatan BCC, banyak komunitas yang memiliki banyak program namun nggak semua bisa berjalan beriringan. Tidak dengan BCC yang hampir semua programnya bisa bersinergi dan berkembang sesuai kebutuhan. BCC punya program #Bloggerview mengajak blogger bekerja sama lewat review produk, ada juga #Bloggerhangout dimana blogger diberi kesempatan meningkatkan skill lewat berbagai workshop dan saat pandemi program ini dialihkan menjadi #Bloggerpreneur dengan tujuan membantu usaha para blogger agar survive dikala pandemi, #Bloggercare sebuah program aksi peduli menebar manfaat bagi sesama.
  5. Bloggerwanted Reward, setiap tahun BCC memilih satu orang blogger yang selalu update dengan blognya. Tentu saja tak mudah untuk meraih reward ini karena memang yang terpilih adalah mereka yang konsisten menulis dan tentu saja artikel organik ya. 
  6. Bloggerday, keistimewaan keenam ini sudah aku ulas di awal tulisan ya bestie, pokoknya Bloggerday ini bikin hepi dan meski sudah dua tahun pandemi Bloggerday nggak absen loh, meski dilaksanakan secara daring keseruannya tak berkurang.
  7. Rate Card dan Payment, nah keistimewaan nomor 7 ini terkait cuan ya bestie, nggak munafik bagiku BCC sangat menghargai para bloggernya lewat rate card yang sangat manusiawi. Begitupun saat payment BCC melaksanakan seperti hadist yang aku pahami "Berikanlah pekerja upahnya sebelum keringatnya kering” (HR. Ibnu Majah). Jadi ketika ada kerjasama rasanya kitapun jadi bertanggungjawab, nggak asal-asalan. Rate card dan payment menurutku adalah hal penting yang menjadi pertimbangan ketika aku diajak bekerjasama.
Perayaan Bloggerday #7thBloggercrony tahun 2022 sudah terlaksana pada 27 Februari kemarin bertemakan #ScaleUpYourSkill, seru banget 100 lebih blogger merayakan celebration virtual bloggerday dan keseruannya nggak berkurang. 100 Blogger terpilih dikirimi souvenir premium berupa pin selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia merupakan persembahan dari Cera Production sebagai sponsor pendukung BloggerDay 2022.  Sebenarnya ada juga kaos #BCCSquad yang cakep banget bikin mupeng to the moon haha bikinan Cera Production juga, Cera Production memang perusahaan spesialis  production service (layanan produksi). Jadi kalau kantor kalian mau bikin souvenir kantor, seminar kit kantor, cetak form, bahkan buat baju seragam bisa banget hubungi Cera Production yang sudah punya pengalaman lebih dari 10 tahun dan cabangnya juga bisa ditemui di 13 kota di Indonesia.

Pin Premium by Cera Production (poto by : Sugianto)

Well, selamat hari jadi ke tujuh Bloggercrony Community (BCC) dan selamat ya untuk rencana pendirian kantor BCC jangan lupa nanti adakan virtual tour office ya hehe. 100 peserta terpilih semuanya dapat hadiah loh, ada yang best IG feed, IG Story, Kahoot, dan wheel lucky draw. Terima kasih sudah hadir memberikan manfaat bagi para blogger.


2 Komentar

  1. Tetap seru ya Bloggerday tahun ke-7 ini. Keistemawaan nomor 2 udah pernah aku alami. Aku "dilamar" langsung oleh ibu founder. Selama 2 tahun di kepengurusan banyak banget yang dipelajari dan dapat pelajaran yang jadi pengalaman tersendiri. Urus dapur komunitas nggak gampang bestie 😆, makanya salut to the moon buat founders dan co-foundernya.

    BalasHapus
  2. keren memang ya rul, spesialnya bloggerday

    BalasHapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir