9 Hal Ini Menjadikan Danone Indonesia Sebagai Perusahaan Ramah Keluarga, Perempuan Bisa Siapkan Generasi Maju dan Punya Karir Maksimal

9 Hal Ini Menjadikan Danone Indonesia Sebagai Perusahaan Ramah Keluarga, Perempuan Bisa Siapkan Generasi Maju dan Punya Karir Maksimal

8 Maret diperingati sebagai #WomenInternationalDay, hari ini aku mengingat kembali bagaimana perjuanganku selama menjadi perempuan dengan berbagai titel. Aku sebagai Anak, sebagai Istri, sebagai Ibu dan sebagai Karyawan, Semuanya bisa berjalan karena adanya support dari berbagai pihak, pun begitu sebuah perusahaan bisa mengambil peranan untuk terlibat sebagai salah satu support sistem untuk menghasilkan sinergi yang baik.

Danone Indonesia Perusahaan Ramah Keluarga

Hak Perempuan Bekerja Apakah Sudah Terjamin?

Berbicara masalah hak memang tak bisa dilepaskan dari  kewajiban, namun aku percaya setiap manusia adalah pribadi yang bertanggungjawab so ketika dia tak mampu menjalankan kewajiban maka selayaknya  kita harus mencari tahu apa kendala dan memberikan solusi yang tepat. Sebagai perempuan bekerja seringkali aku merasa dilema dengan judgement yang datang baik dari perusahaan maupun lingkungan sekitar terutama sejak menjadi seorang Ibu rasanya dilemanya makin berat. Perempuan single ketika bekerja dengan giat ada saja yang menghakimi "gila kerja makanya nggak nikah", atau ketika perusahaan nggak peduli dengan waktu kerap kali dulu aku pulang larut dan selalu ada saja yang menduga bahwa aku pulang malam hanya  untuk hepi-hepi, pernah juga aku bekerja di perusahaan yang nggak memberi kesempatan perempuan untuk berada di lapangan hanya karena perempuan. 

Begitu menikah ternyata menjadi seorang Ibu bekerja itu nggak mudah, aku sempat ragu untuk menlanjutkan bekerja ketika memiliki anak. Ada perasaan bahwa aku nggak akan menjadi Ibu yang sempurna, sebaliknya di kantorpun atasan cenderung punya penilaian bahwa Ibu bekerja pasti nggak bisa fokus dan nggak sedikit perusahaan malas memilih karyawan perempuan karena ribet dengan hak-hak sebagai karyawan perempuan.

Aku selalu berharap akan banyak perusahaan yang peduli perempuan, bukannya menghakimi tapi sebaliknya perusahaan harus hadir sebagai team support, perusahaan bisa mengambil peran untuk memberikan kenyamanan bagi karyawan perempuan, bahwa perempuan bila di support akan mampu memberikan kinerja yang baik pula bagi perusahaan, namun adakah perusahaan yang mau menjadi team support bagi kami perempuan?

Webinar Perusahaan Ramah Keluarga Bantu Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju

Bertepatan dengan #WomenInternationalDay Danone Indonesia mengajak para blogger mengikuti Webinar yang benar-benar bikin haru, bahwa Danone Indonesia hadir menjadi team support bagi perempuan bekerja, apa yang aku impikan ternyata sudah direalisasikan oleh Danone Indonesia. Rasanya senang banget bahwa ada perusahaan Ramah Keluarga seperti Danone Indonesia. Bukan hanya kenyamanan bekerja namun memiliki karir maksimal juga sangat mungkin bagi perempuan bila memang kompeten, so antara laki-laki dan perempuan seimbang dalam hal jabatan alias ramah gender.

Sebagai alumni Danone Blogger Academy Batch I aku memang kerap melihat berbagai program yang dilaksanakan Danone untuk pemberdayaan perempuan, Danone Indonesia paham betul menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan adalah bagian untuk membesarkan perusahaan juga. Ketika aku berkunjung ke Kantor Danone (di Cyber 2 Tower), aku bisa merasakan suasana kerja yang nyaman, Danone Indonesia begitu menghargai perbedaan yang ada sebagai  jalan untuk membuat perubahan, antara senior dan junior juga tampak akrab. Bukan hanya berperan di internal, Danone Indonesia juga melakukan beragam program eksternal. Karena itu webinar yang diadakan Danone Indonesia kemarin bukan sebatas wacana melainkan sudah dilakukan oleh Danone Indonesia. Danone Indonesia juga sepengetahuanku sudah dua kali meraih penghargaan Best Companies to Work in Asia, artinya Danone Indonesia diakui sebagai salah satu perusahaan yang memiliki kontribusi sosial perusahaan terhadap perempuan khususnya. 

Lantas apa saja hal yang dilakukan oleh Danone Indonesia untuk tumbuh menjadi Perusahaan Ramah Keluarga? Dari pemaparan yang disampaikan Ibu Vera Galuh Sugijanto setidaknya ada 9 kebijakan yang benar-benar membuat Danone Indonesia sebagai Perusahaan Ramah Keluarga, Danone Indonesia menerapkan Family Friendly Policy, seperti apa? mari kita bahas ya!

Vera Galuh Sugijanto - VP General Secretary Danone Indonesia
  1. Memberikan cuti hamil dan melahirkan selama 6 bulan, ini wow banget ya! UU pemerintah sudah mengaturnya selama 3 bulan namun Danone Indonesia memberi cuti berbayar selama 6 bulan bagi karyawan perempuan dan 10 hari bagi karyawan pria supaya bisa mendmapingi sang istri. Selama cuti karyawan juga bisa tenang karena ada penggantinya dan don't worry be happy yang menggantikan juga dapat benefit loh. Lalu bagi karyawan yang cuti juga nggak usah worry karena perusahaan Danone Indonesia menjamin posisi kalian setelah cuti.
  2. Danone Indonesia juga menyediakan ruangan laktasi super nyaman bagi Ibu bekerja sehingga memberikan ASI eksklusif bukan lagi halangan bagi Ibu Bekerja. 
    Ruang Laktasi Danone (Cyber 2 Tower), Poto by Elly Nurul

  3.  Biaya Persalinan, Danone Indonesia juga memberikan asuransi persalinan bagi karyawan wanita which is biasanya perusahaan lain jarang memberikan kebijakan ini karena biasanya di Perusahaan wanita selalu diakui single hehe.
  4. Waktu Kerja Fleksibel, salah satu video testimoni Karyawan Danone Indonesia bikin haru, benar banget saat anak sakit maka dilema antara ngurusin anak atau pekerjaan namun Danone Indonesia memberikan solusi dengan waktu kerja yang fleksible jadi mennguntungkan buat kedua belah pihak bukan?
  5. Pemantauan Status Gizi Karyawan, Danone juga mengukur kadar zat besi dalam tubuh karyawan so kalau karyawannya sehat untung juga perusahaan bukan?
  6. Duta 1000 Pelangi, melalui program ini Danone memberi kesempatan bagi karyawannya untuk menjadi Agent of Changes. Karyawan bisa ikut mengedukasi masyarakat terkait masalah gizi dan kesehatan khususnya tentang betapa pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK)
  7. DANISA (Danone Indonesia meng-ASI-hi) program ini bertujuan mendukung karyawan untuk mampu memberikan ASI eksklusif serta dilakukan pemantauan tumbuh kembang anak, apalagi ketika pengalaman pertama menjadi Ibu memang sih isu ASI ini bikin baper hehe so support seperti DANISA ini bagus banget ya!
  8. Dukungan untuk Perempuan di luar perusahaan Danone Indonesia, pemberdayaan perempuan bukan hanya untuk karyawan. Danone Indonesia juga melakukan pemberdayaan perempuan khususnya para Ibu. Aku pernah melihat langsung di Klaten ada Rumah Tempe which is memberdayakan Ibu-Ibu sekitar untuk produktif. Selain itu ada juga edukasi lewat seminar dan kegiatan Bicara Gizi Bicara Gizi, Isi Piringku, Warung Anak Sehat dan Rumah Bunda Sehat. 

  9. 24 Jam Careline Danone SN Indonesia, hal ini disampaikan oleh Ibu Flora bahwa komitmen Danone untuk menyiapkan generasi maju maka 24 jam ada untuk para perempuan Indonesia. Lewat nomr telepon bebas pulsa, sosial media dan Whatsap Danone Indonesia mengedukasi dan mendampingi para Ibu serta orangtua lainnya dengan sumberdaya berpengalaman di bidang nutrisi dan kesehatan. 
    Careline Danone SN Indonesia

Flora Pramasari - Head of Careline Danone SN Indonesia

Webinar bertajuk "Perusahaan Ramah Keluarga Bantu Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju" menghadirkan narasumber keren yaitu Bapak Indra Gunawan selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, hadir juga kebanggan perempuan yaitu Ibu Vera Galuh Sugijanto selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia, hadir juga Ibu Maya Juwita selaku  Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), ada Psikolog yaitu Ibu Rosdiana Setyaningrum serta Ibu Flora Pramasari selaku Head of Careline Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia.

Bapak Indra Gunawan mengapresiasi keberadaan Danone Indonesia yang sudah bisa menjadi partner pemerintah untuk menjalankan lima program prioritas pertama Presiden Joko Widodo dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), 2020-2024 dan salah satunya adalah peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berorientasi gender serta upaya peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan anak. Untuk itu Bapak Indra menegaskan sangat dibutuhkan komitmen berbagai pihak untuk bisa memberikan lingkungan kerja yang baik untuk perempuan bekerja, bila karyawan perempuan nyaman di lingkungan kerjanya maka kualitas keluarganya juga akan baik dan bisa menghasilkan generasi maju untuk bangsa.

Indra Gunawan - Deputi Bid. Partisipasi Masyarakat KemenPPPA

Ibu Maya Juwita juga menyampaikan banyak insight terkait hak-hak perempuan dalam duni kerja, dalam pemaparannya beliau menyampaikan pandemi menambah beban perempuan, bukan hanya sebagai pengurus rumah tangga lagi bahkan juga harus bisa menjadi tenaga pendidik bagi anak-anak selama pandemi. Karenanya keberadaan Danone Indonesia layak diikuti oleh perusahaan lain supaya bisa menerapkan kebijakan Perusahaan Ramah Keluarga hal ini bukan hanya baik bagi perempuan namun perusahaan juga akan mendapat keuntungan berupa meningkatnya performa perusahaan.

Maya Juwita - Direktur Eksekutif IBCWE

Ibu Rosdiana Setyaningrum selaku psikolog banyak menyajikan hasil survei which is menunjukkan bahwa bila karyawan perempuan bahagia dan nyaman maka kinerjanya justru meningkat dan biasanya di rumah juga akan bahagia. Rasa nyaman dalam bekerja akan menghadirkan sosok perempuan yang bahagia dan efeknya bukan hanya sebatas menguntungkan perusahaan namun bisa membuat anak-anaknya bahagia tentunya pemerintah harus mendukung keberadaan Perusahaan Ramah Keluarga supaya generasi bangsa bisa tumbuh optimal.

Rosdiana Setyaningrum - Psikolog

Well, itu dia rangkuman webinar kali ini. Jadi mupeng ya menjadi bagian keluarga Danone Indonesia hehe, yuk jadi Agent of Change!



0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir