6 Tahapan Proses Halal Produk Danone Indonesia

6 Tahapan Proses Halal Produk Danone Indonesia

Gaya Hidup Halal

Akhir-akhir ini telinga kita familiar mendengar gaya hidup halal, bukan hanya sebatas makanan saja melainkan alat-alat dapur sampai pariwisata juga saat ini ada label halalnya. Bicara tentang halal tentu saja bukan sebatas bahannya namun semua proses dari awal sampai akhir harus memenuhi aturan yang ditetapkan, lantas seberapa pentingkah gaya hidup halal ini?

Gaya Hidup halal
Hidup Halal Pondasi Sehat dan Kuat

Sebagai umat muslim mungkin kita sudah terbiasa memaknai halal dalam semua prilaku kita, takjubnya tren hidup halal bukan lagi milik masyarakat muslim melainkan dunia! Korea Selatan juga sudah punya wisata halal, lantas mengapa Indonesia dengan masyarakat muslim terbesar di dunia masih adem ayem saja dengan gaya hidup halal? 

Nah ternyata kita nggak selow amat kok, aku juga baru mengetahuinya ketika aku mengikuti Webinar yang diselenggarakan Danone Indonesia bersama CNN Indonesia pada 20 April kemarin. Webinar ini menghadirkan narasumber Bapak Dr. Muhammad Aqil Irham MSi selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Ibu Prima Sehanputri selaku Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia dan Ibu Jetti Rosila Hadi selaku Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, bertepatan dengan Ramadan webinar ini mengusung tema "Gaya Hidup Halal Pondasi Hidup Sehat dan Kuat", webinar ini berlangsung selama satu jam ditemani oleh host Mbak Mayfree Syira.

Menurut Ibu Yetti halal itu selalu bergandengan dengan toyyib artinya selain halal harus baik, karena ada yang halal namun prosesnya tak baik atau sebaliknya prosesnya baik tapi tidak menggunakan bahan halal, makanya kalau kita seorang muslim selayaknya menerapkan gaya hidup halal ini disemua lini, sudah pakai produk halal maka bagaimana keuangan atau layanan jasa? Jangan-jangan gaya hidup halal kita baru hanya sebatas makanan saja? 

sektor gaya hidup halal
Gaya Hidup halal


Sementara itu Bapak Aqil menyampaikan bahwa target pemerintah pada tahun ini adalah 10 juta produk harus memiliki sertifikasi halal dan kini hidup halal itu bukan sekedar menjalankan syariat Islam melainkan sudah menjadi gaya hidup anak muda baik muslim maupun non-muslim. Apalagi saat ini untuk mendapatkan sertifikat halal bisa gratis bagi pelaku UKM dan berbayar sebesar 230 ribu saja sehingga nggak ada alasan lagi untuk tidak menerapkan sertifikat halal pada produk bisnis kita.

Ibu Prima Sehanputri mewakili Danone Indonesia menyampaikan bahwa halal merupakan komitmen Danone Indonesia yang menyatu dengan pengawasan kemanan mutu produk, makanya Danone menganggap halal adalahs ebuah value bagi produknya dan Danone Indonesia memastikan semua produknya dari hulu ke hilir sudah menerapkan gaya hidup halal. Dan kalian pasti pernah baca hestek Aquadulu jadi apapun kegiatan di bulan Ramadan ini #Aquadulu hal ini adalah dukungan Danone Indonesia dalam mengembangkan ekosistem produk halal di indonesia.

6 Tahapan Proses Halal Produk Indonesia

Ibu Prima Sehanputri dalam pemaparannya menyampaikan bagaimana Danone Indonesia benar-benar menyelaraskan produknya dengan gaya hidup halal dan tidak berhenti diinternal saja Danone Indonesia juga melakukan kolaborasi dengan pihak lain seperti mengajak BPJPH mengunjungi pabrik, dan memberikan edukasi halal bersama LPPOMMUI.

Produk Halal
Proses Produk Halal Danone Indonesia

Nah ini dia 6 tahapan proses halal pada produk Danone Indonesia dan bukan hanya produk minuman dalam kemasan saja ya tetapi produk nutrisi untuk anak dan Ibu hamil dari Danone Indonesia juga.

  1. Pemilihan material, Danone Indonesia mempunyai SOP untuk memastikan bahwa semua material yang digunakans elama produksi memenuhi ketentuan halal.
  2. Pengecekan material datang, material yang sudah memenuhi kriteria halal ini ketika datang wajib dicek 3 hal yaitu nama material, nama produsen dan asal negara
  3. Produksi, semua proses produksi dilakukan diarea bebas najis, tidak ada pork sehingga produk yang dihasilkan sesuai standard kehalalan
  4. Pencucian fasilitas, ada SOP nya juga bagaimana proses pembersihan dan pencucian fasilitas dari najis
  5. Peluncuran produk baru juga dievaluasi dan dipastikan memenuhi standard kehalalan
  6. Transportasi produk, ini bukan hanya sebatas pada proses pengiriman dan penyimpanan melainkan saat produk transit juga Danone Indonesia memiliki prosedur untuk menjaga dari najis/haram.
Danone Indonesia menjaga komitmen produknya halal dan sudah terbukti karena Danone Indonesia meraih Halal Award untuk produk yang ada di Indonesia. Weel, gimana bestie? Gaya hidup halal sudah jelas baik dan sekarang saatnya kita menerapkan gaya hidup halal dalam semua aspek kehidupan.



0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir