Self-Talk Untuk Membuat Dirimu Bahagia!

Self-Talk Untuk Membuat Dirimu Bahagia!

Jangan Lupa Dirimu Butuh Diperhatikan

Mungkin aku akan membahas dari sisi workingmom, seorang Ibu yang tak hanya mengurus pekerjaan kantor tapi juga urusan domestik rumah tangga sampai lupa dengan diri sendiri. Banyak kasus seorang Ibu bunuh diri karena merasa lelah dan kecewa dengan hidupnya, hal ini bisa kita minimalisir dengan mecoba berdialog dengan diri sendiri istilah kerennya self-talk.

Self Talk
Self Talk - Ulihape

Berdialog dengan diri sendiri menurutku adalah hal positif yang bisa kita lakukan untuk membuat diri kita selalu positif thinking, bicara sendiri gila dong? Tentu bukan hal itu yang dimaksud, lakukan self talk dengan kesadaran penuh sehingga nanti kita bisa memahami diri sendiri dengan baik.

Bagi yang mengenalku dengan baik ada dua komentar melihat diriku, ada orang yang takjub dan ada orang yang kasihan. Takjub karena mereka tahu betapa syulit aku bertahan dalam menjalani semua peranan, demi bisa mendapat gaji aku rela naik motor PP dalam bekerja dan jarak tempuhnya nyaris 100KM, belum lagi aku memasak dan mengurus semua urusan rumah tangga sendiri tanpa ada asisten. Kasihan banget dia! komentar yang ini biasanya aku skip karena ini hanya menghadirkan energi negatif buat diriku, kasihan yang hadir dari orang yang keadaannya jauh lebih baik dari kita pasti tak akan membuat kita rapuh mereka cenderung menyemangati. Tapi kasihan yang hadir dari seseorang yang keadaannya justru tak lebih baik dari kita bisa membunuh semangat kita, rasa kasihan berbalut iri ini tipis bedanya so jangan terjebak didalamnya, sudahlah nggak nolong malah membuat kita iba dengan diri kita sendiri, just skip! 

So bagaimana aku bisa tampak bahagia dan merasa hidup itu indah? Aku kerap melakukan self-talk yang membuat aku yakin bahwa aku mampu dan diriku juga akan memberi sinyal kapan aku harus give up dengan hal yang aku memang nggak sanggup handle. Mantra kehidupan demikian aku menyebutnya dan aku akan sharing buat pembaca blogku semoga saja bisa mengubah mindset kalian untuk meraih jiwa yang bahagia.

  1. Tatap Cermin Untuk Kenali dan Terima Dirimu Apa Adanya, sering seseorang memaksakan diri bukan karena merasa mampu tapi karena tak mengenali diri. Bedakan mana semangat dan yang mana kemampuan. Kemampuan berkaitan dengan sumber daya yang kita miliki, awalnya tentu saja diri kita. Aku kerap menatap cermin dan gambaran yang terpantul itu bisa berbeda, misal ketika aku menatap diriku di dalam kamar tidur aku melihat sosok ku yang lelah, pernah aku menatap cermin (kaca spion) di dalam angkot entah mengapa sepersekian detik aku bahkan bingung loh melihat wajahku sendiri, aku sempat mengira itu adalah orang lain. Menatap cermin bisa membuat aku lebih mengenal diriku, ketika dalam angkot dalam keadaan lelah aku kaget mendpaati wajahku sendiri itulah awal mula aku suka berdialog dengan diriku, menyapa diriku sendiri : hei Uli are you okay?" Dengan mengenali dan menerima diri ku aku jadi tahu kekuatan yang kumiliki dan aku juga bisa memahami sejauh mana aku bisa berusaha
  2. Berpikir Positif, agamaku selalu mengingatkan larangan berburuk sangka. Sejak lama aku selalu memunculkan pikiran positif, alasan lain yang membuat aku mampu menghadirkan positive minded adalah keyakinanku bahwa Allah selalu menghadirkan takdir sesuai kemampuan hambaNYA. Ketika aku mendapati hal tak menyenangkan dari siapapun maka aku selalu berkata kepada diriku "jangan panik, jangan kesal ini pasti ada kebaikan" biasanya aku langsung bisa mencerna hal tak menyenangkan menjadi hal baik.
  3. Self Reward, nggak usah memikirkan berlebihan cukup ucapkan terima kasih pada diri sendiri. Lakukan hal ini akan membuat lelah terobati apalagi bisa melakukan hal yang kalian suka sebagai hadiah. Aku setiap weekend selalu mampir ke sebuah tempat sebelum pulang ke rumah sebut saja me time. Nggak usah lama-lama tapi nikmati waktu dengan dirimu, aku suka cuci mata padahal capek sih keliling tapi nggak beli, namun anehnya aku menyenanginya memberi waktu luang tanpa harus dikejar hal lain. Tepuk dadamu ucapkan terima kasih, bahagiakan dirimu sejenak. Percaya deh sepersekian menit dari sekian menit yang kita habiskan untuk orang lain mampu memberikan energi lebih.
  4. Kalau Lelah Istirahat Sejenak, pernah bosan dengan rutinitas? maka stop jangan lakukan, biarkan dirimu membuang waktu untuk bermalas-malasan tapi harus diingat jangan sampai ada yang dirugikan ya. Aku pernah merasa lelah harus menyapu sebelum berangkat kerja, lalu aku berhenti melakukannya dan ternyata baik-baik saja ketika jadwal menyapu aku ubah ke malam hari haha.
  5. Hiduplah Seperti Air, mampu menyesuaikan diri pada semua kondisi syaratnya apa? balik lagi yakin dengan ketentuan Allah, percaya deh Allah tuh menciptakan kita sudah komplit, tugas kita hanya menjalaninya, bila gagal maka yakin itu adalah kebaikan, bila berhasil maka itu adalah kebaikan juga.
Bila sudah bisa menguasai diri sendiri maka akan mudah menghadapi dunia yang hadir di sekitar kita. Orang yang paling layak kita layani adalah diri kita sendiri, jika kita mampu bersabar untuk orang lain maka yang layak dipuji adalah diri sendiri, jika kita bisa memberi hadiah bagi orang lain maka jangan lupa memberikan dirimu hadiah sesederhana "terima kasih diriku yang sudah bertahan sejauh ini, terima kasih!

Self talk akan membuat kita lebih kuat, self talk secukupnya jangan sampai halu dan membuat khayalan yang jauh dari realita.

So siapkan mantra untuk dirimu, bahagia itu harus!



0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir