Melihat Langsung Kegiatan PRUVolunteers di Desa Maju Prudential

Melihat Langsung Kegiatan PRUVolunteers di Desa Maju Prudential

Program Desa Maju Prudential

Melakukan kegiatan sosial adalah kewajiban dalam menjalankan fungsi sebagai makhluk sosial, sebagai Blogger senang bisa mengikuti beragam kegiatan sosial yang diadakan beberapa perusahaan yang memiliki komitmen untuk memajukan Indonesia.

CSR Prudential Indonesia dan Prudential Syariah

Prudential Indonesia adalah salah satu perusahaan yang memiliki komitmen dalam membangun Indonesia melalui program sosial pada bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat. Program sosial biasa dikenal dengan CSR alias Corporate Social Responsibility. CSR bisa dibilang sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang memberikan nilai ekonomi sekaligus sosial kepada lingkungan sekitar. 

Blogger Ikut Kegiatan Sosial

Aku sendiri baru mengetahui bahwa Prudential Indonesia memiliki SCR dan sudah melakukan Program Desa Maju Prudential (DMP) ini sejak dua tahun lalu, pada kegiatan kemarin adalah Program Desa Maju Prudential tahap II. program tahap pertama, Prudential Indonesia melakukan serah terima 63 unit rumah beserta toilet baru yang layak, pembangunan 2 sumber air bersih beserta 272 meter sistem drainase, pemasangan 37 unit fasilitas cuci tangan portabel, penyelenggaraan Training WASH (Water, Sanitation and Hygiene) untuk 128 orang dan Training Konstruksi Dasar, Rumah Sehat untuk 51 orang, serta pendistribusian paket alat kebersihan diri untuk 617 keluarga dan voucher sembako untuk 562 keluarga (Sumber : keuangan.kontan.co.id). 

Community Investment Prudential Indonesia

Pada Tahun 2021 dalam upaya mendukung inklusi keuangan Prudential Indonesia membentuk Community Investment, Community Investment aktif melakukan berbagai kegiatan literasi keuangan bukan hanya orang dewasa melainkan sampai menyasar anak-anak lewat program Cha-Ching literasi keuangan for kids.  Community Investment adalah fokus utama Prudential Indonesia dan Prudential Syariah  untuk memberikan berbagai program sosial yang berdampak pada kemajuan masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik. 

PRUVolunteers

Pada kegiatan SCR Tahap II ini Community Invesment Prudential Indonesia dan Prudential Syariah menggandeng Habitat for Humanity Indonesia serta mengajak para karyawan dan agen Prudential Indonesia untuk terlibat pada kegiatan ini. Relawan Prudential Indonesia ini punya sebutan yaitu PRUVolunteers, dan aku bersyukur juga bisa menjadi bagian dari kegiatan CSR Prudential kali ini.

Program Desa Maju Prudential Indonesia dan Prudential Syariah ini dilakukan di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Jujurly sebagai warga Banten aku baru kali ini berkunjung ke Desa Mauk, agenda kali ini merupakan Closing Ceremony Volunteering 2022 aku dan beberapa teman Blogger bersama dengan PRUVolunteers berkumpul di Prudential Tower Setiabudi Jakarta. Sebelum berangkat semua PRUVolunteers melakukan protokol kesehatan which is semuanya wajib di antigen jadi semua yang melakukan kegiatan sudah dipastikan sehat.

Kami berangkat menggunakan mini bus, ada delapan mini bus dan setiap bus ada 14 PRUVolunteers, perjalanan ke Desa Mauk memakan waktu 90 menit, setibanya di sana kegiatan langsung dimulai loh beneran on scheduled!

Closing Ceremony Volunteering 2022

Acara diawali dengan opening speech dari Ibu Indrijati Rahayoe selaku Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia. Dari beliau aku mengetahui kegiatan DMP ini sudah dilaksanakan sebanyak delapan kali sepanjang tahun 2022. Meski kegiatan closing sudah dilakukan, beliau meyakinkan pada PRUVolunteers bahwa selalu ada awal di tahun baru berikutnya. Pada kesempatan ini Ibu Indrijati juga mengapresiasi PRUVolunteers yang aktif terlibat pada program DMP bahkan ada satu orang PRUVolunteers tak pernah absen pada kegiatan DMP. Selanjutnya ucapan terima kasih dari Kepala Desa untuk Prudential Indonesia dan Prudential Syariah yang sudah membangun Desa Mauk menjadi lebih baik. Beliau berharap program DMP bisa berlanjut dan membawa kemajuan bagi Desa Mauk karena masyarakat jadi lebih teredukasi, melek literasi keuangan, dan memiliki lingkungan yang bersih serta sehat.

Membangun Rumah dan Mengecat Sekolah

Closing Ceremony Volunteering 2022 mengisi kegiatan yang cukup padat yaitu melanjutkan pembangunan 10 rumah penduduk, penyuluhan dan konsultasi kesehatan, program Cha-Cing untuk SD, pengecatan pagar SD Buaran Asem dan penanaman apotek hidup.  

Penyuluhan dan Konsultasi Kesehatan

Sebelum kegiatan sosial dimulai para PRUVolunteers diajak melakukan pemanasan oleh coach, selanjutnya PRUVolunteers dibagi menjadi 10 kelompok untuk ikut melakukan pembangunan rumah. Ada yang masih tahap pekerjaan memasang dinding, ada juga yang sudah sampai tahap finishing. Akupun mengikuti PRUVolunteers yaitu melakukan edukasi literasi keuangan dengan program Cha-Ching for Kids yang dilakukan di tiga kelas SD milik Yayasan Al-Furqon. Para siswa begitu antusias menyambut PRUVolunteers, mereka diajari bagaimana cara menghasilkan uang dan membelanjakannya. Sebuah rasa haru menyelusup ke hatiku melihat betapa adik-adik pelajar di Desa Mauk begitu bersemangat dibimbing para PRUVolunteers, jadi berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan Prudential Indonesia ke berbagai desa lainnya.


Literasi Keuangan for Kids

Setelahnya aku juga mengikuti sesi penyuluhan kesehatan, para Ibu-ibu juga antusias mengikutinya. Mendapatkan tips kesehatan dari para dokter Prudential Indonesia yang dilanjutkan pemeriksaan kesehatan. Tak terasa kegiatan kami pun berakhir di Desa Mauk dan kalau boleh sih ajak-ajak lagi dong Blogger menjadi bagian PRUVolunteers tahun depan ya hehe senang rasanya menjadi bagian kebaikan. Seperti tagline Prudential Volunteers, ‘bagimu negeri kami berbagi’!

Nah buat yang ingin tahu lebih lanjut tentang Prudential Indonesia boleh follow akun sosial media Instagramnya ya !

Prudential Syariah Indonesia

 

 

 

 

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir