Mengenal Komunitas Indonesian Social Blogpreneur

Mengenal Komunitas Indonesian Social Blogpreneur

Komunitas Blogger

Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki blog, bisa blog pribadi ataupun blog bisnis. Tulisan seorang blogger bisa macam-macam namun khasnya isi tulisan itu sesuai sudut pandang si pemilik blog, karenanya sekitar tahun 2008 saat internet mulai lebih luas dijangkau dan menjangkau maka user experience menjadi sesuatu yang diminati. Banyaknya sudut pandang ini tentu menambah wawasan bagi pencari informasi, sekarang saja kalau mau berlibur kita biasanya akan mencari review dari blogger.

Komunitas Blogger
Komunitas ISB


Aku sendiri mulai suka menulis sejak adanya sosial media seperti Friendster, Multiply dan semakin seru ketika Facebook bisa menghubungkan ku dengan banyak teman lama maupun baru, sharing is caring begitu istilahnya. Tahun 2010 ketika aku pindah kerja ke Jakarta mulai sering mengadakan kopdar dengan sesama blogger, namun karena kesibukanku jarang bisa mengikuti event blogger dan untuk pertama kalinya pertengahan tahun 2013 aku baru mengetahui kalau ada yang namanya komunitas blogger.

Mbak Sumarti Saelan alias Mak Icoel yang menginformasikan dan bertanya mengapa aku tak bergabung dalam sebuah komunitas blogger, kebetulan Mak Icoel saat itu salah satu pengurus Komunitas Emak Blgoger (KEB) dan setelah bergabung aku cukup takjub karena banyak job menulis yang ditawarkan komunitas blogger "hellowww kemana aja aku?" begitu batinku. 

Komunitas ISB

Setelahnya akupun bergabung dengan banyak komunitas blogger dan salah satunya adalah Indonesian Social Blogpreneur yang akrab disbeut ISB. Komunitas ISB hadir dengan visi untuk mengedukasi Blogger melalui artikel, event online dan event offline. Teh Ani Berta adalah Founder dari Komunitas ISB, bagiku beliau bukan orang asing karena sudah mengenal di sebuah platform menulis Kompasiana. Kebetulan beliau ada darah batak karo nya jadi auto saling panggil Eda.

Teh Ani begitu rekan blogger menyapa beliau, sosoknya tegas dan bagiku itu khas orang Batak, komitmen beliau membawa ISB menjadi sebuah komunitas blogger yang bukan sekedar menjadi sumber cuan, tapi blogger harus bisa punya branding dan mampu menjual karya.

Event Komunitas ISB

Menjadi bagian ISB adalah kebanggaan tersendiri jujurly aku merasa berada di komunitas ini semakin mengajarkanku bahwa urusan ngeblog tuh bukan cuan melulu, beberapa kali aku mendapat kesempatan untuk mengikuti event yang diadakan ISB seperti menonton beberapa film buatan dalam negeri, mereview salon kecantikan dan klinik kesehatan. Pandemi juga tak membuat surut ISB untuk tetap memberdayakan anggota komunitas, seingatku ISB pernah mengajak blogger untuk mengadakan virtual tour dan paling berkesan ketika diajak mengikuti kelas sesi konseling bersama penulis buku Literasi Emosi Dandiah Care.

ODOP ISB

Kalau pembaca mengunjungi halaman depan blogku pasti akan menemukan satu menu ODOP ISB, ODOP memiliki kepanjangan One Day One Post sebuah upaya yang dilakukan oleh ISB untuk mengajak blogger menghasilkan konten non komersil, tulisan organik begitu blogger menyebutnya. Sejak ISB mengadakan ODOP rasanya aku belum pernah ketinggalan mengikutinya, ODOP merupakan agenda yang kunanti karena dengan mengikuti challenge ini aku sangat terbantu untuk terus produktif menulis blog. Menentukan tema merupakan hal yang membingungkan, apalagi kalau sudah terbiasa menerima job menulis wah makin mampet ide haha. ODOP ISB membuat aku senang karena Teh Ani selaku founder akan memberikan tema dan anggota ISB yang mengikuti ODOP berusaha menyelesaikan challenge dengan membuat artikel. Ada duitnya nggak? Lah ya challenge begini tujuannya emang bukan cuan melainkan seberapa berani diri kalian untuk membuat artikel dengan tema yang diberikan, bahkan beberapa anggota mendapatkan job dari orang lain karena menulis organik yang diadakan oleh ISB. Lewat artikel ini kembali aku mengucapkan banyak terima kasih untuk Teh Ani yang sudah mau memberi challenge dan memikirkan tema semenarik mungkin.

Selain itu ISB juga masih punya banyak kegiatan seperti Blog Walking, Instagram Walking, Selasa Sharing, ISB Charity sebuah kegiatan untuk saling bantu dari anggota untuk anggota, ISB Ngopi, ISB Trip, ISB Course nah kalau ini aku pernah dapat kesempatan mengikuti kursus Bahasa Inggris online, serta Bincang ISB. 

Well buat kamu yang tertarik bergabung dengan ISB silahkan bergabung disini ya!

Instagram ISB

Twitter ISB


0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir