Showing posts with label Mommies Daily. Show all posts
Showing posts with label Mommies Daily. Show all posts

20160818

6 Berita Heboh Minggu Ini

Lagi nggak nemu tema yang menarik dari seputar dunia blog, sepanjang pekan ini sampai tadi malam ada 6 berita yang menguras dunia per facebookan dan sosial media lainnya. Perang argumen dan share berita saling balas dari segala penjuru, anehnya baik pihak pro atau kontra sama-sama mempunyai link yang saling membela jagoannya, sementara aku yang mempoisisikan diri sebagai penikmat baca sana sini cukup pening hehe.


So dari awal Agustus apa saja sih topik bahasan di Indonesia ? Buatku ada 6 berita yang cukup membuat timeline ku penuh, diantaranya adalah :

  • MEDALI EMAS OLIMPIADE RIO 2016
Akhirnya, semalam meski saya menyaksikan sudah memasuki babak kedua tapi rasanya begitu bangga ketika cabang olahraga badminton berhasil memberikan medali emas pertama untuk bangsa kita. Pertandingan itu berakhir sebelum pergantian tanggal , ya 23.57 di jam digital saya dan rasanya meleleh melihat perjuangan ganda campuran kita owi dan butet ! Bravo, dan terima kasih karena kado istimewa HUT RI ke 71 sangat istimewa . Tontowi/Liliyana berhasil mempersembahkan medali emas pada Olimpiade Rio 2016. Medali emas ini didapat setelah mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 21-14, 21-12, pada pertandingan yang berlangsung di Riocentro, Pavilion-4, Rabu (Kompas.com, 17/8/2016).

MEDALI EMAS INDONESIA RIO 2016

20160816

Perempuan







Bicara tentang aku
Terkadang akupun tak Paham
Disapa salah
Tak disapa semakin salah
Dijawab Marah
Tak di jawab Semakin Gila

Perempuan ...
Jiwa penuh logika kurang akal
Bahagia Sebentar
Menderita separuh hidup
Tertatih berjuang sendiri
Sesekali menoleh kebelakang


20160809

Kamu Masih Suka Curhat ?

Sssst..plis ya li jangan bilang-bilang ke si A, si B
Ini hanya kita dua aja yang tahu

Iya..iya..  biasanya aku akan begitu, dan lalu teman akan curhat bla..bla. Waktu berjalan dan entah sebab apa aku bertemu dengan teman lain. Dan guess what ? Si teman ini mendadak berbisik "aku mau cerita nih, gak tahan nyimpan sendiri". Apaan , tanyaku. Ituloh si A pernah curhat samaku kalao dia nikah siri ! Hah! Masaaakk, sambutku penuh kekagetan yang membuat senang si teman "yes! Artinya berita ini memang cuman gue yang punya !. Lantas aku tanya, tahu dari mana informasinya ? Dan dengan santai dia jawab , ya si A lah yang cerita. Lalu aku sampaikan pula ke si teman, bahwa tadi aku pura-pura kaget aja, akupun sudah tahu kok, hah? Dia balik bertanya siapa yang infoin ke uli ? Idem si A juga laah.

Terkadang teman sudah menjaga sekuat tenaga untuk tak menceritakan, tapi apa daya ternyata yang punya aiblah yang menceritakannya  sendiri ke beberapa temannya, syukur-syukur dia cuman cerita ke 2 teman, kalo 10 ? Ya sudahlah semua orang akan tahu dan suatu saat dia hadir dengan sebuah tuduhan "lu yang cerita ya?"


20160805

Ini Penyebab Aku Malas Ikut Blog Competition

Hi bloggers,

Blog Competition sebenarnya merupakan salah satu cara untuk membuat kita menjadi semakin femes (kalao suka menang apalagi), bahkan dengan memenangi Blog Competition tarif seorang blogger bisa naik loh, karena dianggap berkualitas, walau tetap ada komen "ah dia cuman lagi lucky aja kok".


Tapi terkadang saat ada informasi sedang ada lomba menulis sepertinya tak semua blogger ikut berpartisipasi, akupun kerap begitu malas ah ikutan. So kalau kamu malas ikutan blog competition pasti dengan beberapa alasan kan ya, akupun sama dan berikut adalah beberapa alasan yang membuatku malss untuk berpartisipasi.

20160725

Aplikasi Chatting Favorit ku "WhatsApp"

Iya, dari semua aplikasi chatting (setelah yahoo messenger yang sudah almarhum juga) maka Whatsapp adalah kesukaan ku. BBM aku punya juga hanya untuk grup kantor, karena harus buat daily report disana, andai tak ada maka ya nggak pernah kenalan dengan BBM.

Whatsapp ini asyiknya kita tak perlu invite teman-teman, aplikasi percakapan ini langsung mendeteksi kontak melalui nomor kontak yang kita save pada gadget kita. Lalu pada awalnya bisa mengirim poto sekaligus banyak (belakangan BBM juga sudah bisa). Mengirim file tanpa resize parah (belakangan BBM juga bisa minta HD quaility). Dan baru-baru ini versi Whatsapp sudah bisa membalas percakapan per individu didalam sebuah grup, kadang kita hanya ingin merespon obrolan si A dari sekian ratus member grup, sekarang dengan adanya tombol reply maka cukup klik obrolan si A tekan reply maka tak perlu ketik ulang atau mention si A , atau ketika dari sekian ribu obrolan kita hanya kecantol dengan satu informasi maka gak usah copypaste cukup klik obrolan dan klik tanda bintang, selanjutnya kita bisa melihat arsip pesan yang kita beri tanda bintang secara tersendiri, sehingga gak perlu repot untk scroll up and down mencari informasi tersebut.

Cek yuk menu apa saja sih yang ada di Whatsapp :

20160719

Jangan Benci Ibu mu !

Bercerita dari pengalamanku.

Aku adalah anak ke dua dari 6 bersaudara, diatasku adalah seorang anak laki-laki yang aku panggil abang. Ketika kelas 6 SD abangku mondok jadilah aku merasa sebagai anak pertama. Padahal tak ada tuntutan untuk menjadi seperti itu tapi keadaan secara otomatis made it happened.

Dari kecil mamak selalu memberi contoh yang baik kepada kami, kalau sampai sekarang orang betah bersama ku itu karena didikan mamak "judulnya sudah pembantu (bahasa zaman dulu ya gaes) artinya mereka cuman membantu" begitu penjelasan mamak, lalu aku memang menyaksikan mamak masih repot di dapur, masih repot menyusun baju-baju yang sudah di setrika jadilah aku dan adik-adik selalu kebagian tugas ini itu, meski di rumah saat itu ada 3 orang Asisten. Aku paling suka beberes rumah dan sampai saat ini menjelang lebaran aku selalu pulkam seminggu sebelum lebaran hanya karena ingin merapihkan rumah mamak hehhe.

Dalam perjalanannya mamak cukup tegas mendidik kami, hal ini menjadikan kami memahami mamak sepenuhnya, disisi lain mamak juga sangat manis menghargai setiap apa yang kami lakukan, misal aku kebagian kerja untuk mencuci piring, maka akan ada "upah" untuk kegiatan itu, sehingga kami mengerjakan sesuatu selalu dengan harapan akan mendapat sesuatu.



Well, mungkin setiap anak akan merasa lebih dekat dengan Ibu nya, sekarang aku bisa jawab :Yup, aku pun begitu" Tapi dulu disaat remaja dan sampai kuliah tingkat I aku belum bisa berdamai dengan mamak. Tidak ada kekerasan fisik, hanya saja aku susah klop dengan mamak. Karena aku merasa memang bukan anaknya melainkan temannya. Jadi susah banget aku untuk 'tunduk' sebagai anak nya, yang ada papa selalu kebingungan membela istrinya atau aku anaknya. Aku tidak membenci mamak hanya saja aku tidak suka, aku terlalu menilai mamak dengan logika. Misal pernah suatu kali papa berusaha memberi surprised tapi mamak tidak suka, dan ini baru bisa aku pahami ketika aku di bangku kuliah. Namun respon ku saat kejadian adalah mendendam karena merasa kasihan melihat papa, alhasil ketika aku mendapat rangking mamak berusaha memberi surpsised pada ku, mamak membelikan ku kalung emas yang lagi ngetrend zaman itu. Lalu entah kenapa aku merasa bahwa aku harus membalas mamak, akupun membuang tepatnya mencampakkan kalung pembeliannya dan aku bisikkan "nah beginilah rasanya bila surprised kita tidak diterima". Aku melihat mamak menangis dan aku tak merasa berdosa, sampai akhirnya aku menjuluki diriku sebagai anak durhaka.

20160718

Pasar Malam Ala Mall

Pasar Malam itu identik dengan hiburan untuk orang kampung (bukan kampungan ya moms hehehe), begitu mendengar pasar malam mesti dikepala kita ada macam-macam permainan, komedi puter lah, tong setan lah, atau bahkan odong-odong.

Bulan Lalu mall dekat rumah kami SDC (Summarecon Digital Centre) membuat sebuah event , selama bulan puasa niat membawa anak kesana tak kesampaian, meski dekat tapi ada saja yang membuat batal. Lalu sabtu kemarin karena kepentingan emaknya akhirnya kami melipir ke SDC dan tak disangka ternyata pasar malam modern itu masih ada, ahaaa jadilah Kanda yang melihat kicir-kicir langsung meminta bermain "aku mau main mami"..



20160715

10 Tips #BahagiadiRumah Ala Working Mommy


Bahagia itu pilihan moms, so jangan lihat tipe rumah, jangan lihat jenis kendaraan cukup ingatkan diri untuk bahagia setiap hari, sudah bahagiakah anda hari ini ?




Beberapa tulisan ku di kompasiana sering membahas bahwa bahagia itu bukan materi ukurannya, kok pede amat li ? Yup, belajar dari pengalaman dimana beberapa teman-teman yang kaya secara materi tetap mengeluh betapa hidupnya tak bahagia, tak sedikit yang mau bertukar tempat dengan apa yang aku punya , whaaat ? Padahal kemarin aku yang punya impian agar bisa di tempat mereka, what a life hah !


20160714

Dampingi Anak di Hari Pertama Sekolah !

Sebentar lagi liburan anak sekolah usai, saatnya memasuki kelas baru, suasana baru dan tentunya moms and paps siapin juga segala kebutuhan anak-anak ya..


Dulu pas masa-masa sekolah, Papa sering banget pindah tugas, maksimal hanya 2 tahun berada disebuah kota/kabupaten, jadi bisa dibayangkan aku sekolahnya pindah-pindah terus dan biasanya memang mengambil momen kenaikan kelas untuk pindahan. Dan hal yang aku benci adalah suasana hari pertama ke sekolah baru. Bete banget berangkat sudah pakai rengekan..nanti aku malu..aku malas harus kenalan lagi, pokoknya selalu itu yang jadi maslaah disetiap aku pindah sekolah. Alhamdulillahnya mamak dan papa selalu ada mendampingi kami, mereka berdua mengantar adik-adiku dulu baru kemudian aku, bahkan sampai aku SMA tetap mereka dampingi ( eh sampai kuliah ding hehehe). Kehadiran mamak papa mengantar ke sekolah itu membuat tenang, memberikan rasa PeDe yang luar biasa. Guru akan membawa aku masuk ke kelas dan mataku pasti akan melirik ke arah pintu kelas dimana papa dan mamak memberikan keberanian melalui semangat mata mereka.




20160713

Jodoh itu Sempurna

Morning ladies...

Udah lebaran, udah mudik ? Buat yang masih sendiri kemarin ditanya-tanya nggak ? Kapan nikah ??
Dulu aku juga ngalamin, sebenarnya wajar aja sih kalau orang bertanya ya kan ? Di jawab , lalu perkaranya selesai. Tapi..yang bisa buat bete itu sudah nanyak dan belum awak jawab eh dia nimpali lagi dengan segala kesimpulan, dan aku bete nya jadi pakai banget kalau yang gituin itu saudara sendiri, harapannyakan harusnya mereka lebih paham dengan kondisi kita kan ? 



Jawaban sederhana ku adalah "kelen aja kepengen lihat aku merid, masak aku nggak kepengen ? ya pengen kalii poon, jadi mohon doa ikhlas dari kelen aja ya, kalo cukup uangku ku undangpun kelen. Pernah juga aku marah karena di cap keasikan ngumpulin uang, ngejar karir sehingga gak mikirin pernikahan, kalau ini marah kali aku, apalagi dia saudara awak, masak tega dia ngatain begitu ? padahal dia tahu awak cari uang buat bantuin biaya kuliah adek awak, buat kirim ke orang tua, dan karir ? hello..aku gak punya jabatan saking gilanya ngejar  uangnya aja , tak penting sama awak karir, yang penting jabatan mandor asal gaji manager ya awak jabanin lah.. Nah kalau sudha marah kek gitu bukannya berhenti ngatain tapi masih berbisik bilang "maklumlah perawan tua"...GRRRrrrrr.

Pertama Kali Jadian (lihat topi..topi hehehe)

20160712

Pendarahan Selama 4 Bulan Usia Kehamilan

Tadi ada teman kantor yang bertanya "Bu sewaktu hamil pernah pendarahan nggak ?"

Kalau aku yang ditanya maka akan jawab "santai saja" selama pendarahan nggak pakai mules, nggak memberi rasa sakit inshaallah aman janinya, bisa jadi itu efek kelelahan atau bukan lelah tapi tidak mampu untuk melakukan hal-hal ringan sekalipun.



Iya, aku hamil saat usia sudah 34 tahun, iya anak pertamaku, iya..iya memang sudah tua karena menikahnya juga pas umur 33 tahun 4 bulan 22 hari. Begitu mendapati test kehamilan itu positif entah kenapa aku langsung menangis, entah ada banyak rasa disana, jujur pertama kali yang membuat air mataku jatuh adalah rasa sedih, betapa inilah yang dinanti oleh teman-temanku yang belum dikaruniai keturunan, ya rab terima kasih aku yang baru menikah langsung Engkau berikan amanah. Lalu tangisan selanjutnya adalah rasa bahagia "alhamdulillah bisa hamil". 

20160711

Senin Yang di Rindukan

Alhamdulillah bertemu dengan Senin itu luar biasa senangnya. I Like Monday kata orang bule.

Bagiku yang seorang ibu sekaligus seorang pekerja , Senin itu adalah hari yang paling di rindu, ada banyak keistimewaan disana, hari pertama dimana untuk mendapatkan "me time" setelah weekend berkutat dengan anak-anak dan urusan rumah tangga, ahh bertemu Senin rasanya seperti mendapat "kebebasan". 


20160628

8 Cara Mengajak Si Kecil Berpuasa

Alhamdulillah tak terasa sudah H-7menuju hari kemenangan ya moms, kalau dijalani dengan segala kesibukan memang akan terasa sangat singkat bulan penuh berkah ini.

Di rumah adakah si kecil yang ikut berpuasa ? Kalau di rumah kami belum ada yang ikut berpuasa, Kanda usianya 39 bulan dan komunikasinya baru satu bulan ini mengalami kemajuan yang pesat, anak kedua kami Kayama baru nerusia 18 bulan jadi keduanya masih belum terlibat untuk urusan puasa. Tapi aku jadi ingat ketika masih kecil mamak dan papa mulai mengajari kami berpuasa tepat diusia kami  7 tahun, atau pas kelas 1 SD, seingat aku gak ada yang dilatih dari usia balita dan tanpa pemaksaan. Alasan mamak papa bahwa tidak ada yang syari diwajibkan kepada anak sebelum mereka baligh, dan melatih ibadah syari sesuai anjuran rasul adalah pada usia 7 tahun.

Spanduk Yang Dibuat Oleh Tetangga

20160627

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad "Materi Dongeng Islami" Untuk Anak



Baru kali ini mempunyai seorang teman yang nyaris sering bertemu dihampir setiap event blogger dan dia ternyata adalah seorang penulis, bayangkan sudah hampir ratusan buku yang diterbitkan dan aku bangga bisa hadir di acara launching buku anak berjudul "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya". Gramedia Matraman sore itu sudah dipenuhi para blogger, dan aku harus datang terlambat karena dilantai 1 gramedia ada area bermain anak dan tentunya anakku Kanda meminta bermain disana hehehe.


20160623

Tips Mudik Asik Naik Pesawat Bersama Balita


Sebenarnya sudah lama nih mau berbagi cerita tentang pengalaman pertama bawa anak bayi naik pesawat. Kebetulan bertepatan dengan mudik lebaran. Kanda anak pertama kami baru berusia 4 bulan kala itu. Dan 3 hari sebelumnya Kanda sedang demam panas tinggi, sudah was-was juga bakalan batal mudik padahal tiket sudah ditangan.


Akhirnya ke Dokter dan langsung curhat bahwa 3 hari lagi mau mudik ke Palembang, alhasil Dokternya melakukan yang terbaik dan perjanjiannya kalau beberapa indikator tidak membaik maka mau gak mau harus batal mudik, alhamdulillah batas normal bisa kami capai dan buat jaga-jaga saat di bandara maka dokter pun tak lupa memberi surat keterangan terbang untuk anak kami.

Lalu, persoalan berikutnya adalah kekhawatiran terhadap anak, jangan-jangan nanti dia menangis atau rewel atau bosan selama di dalam pesawat, what should i do moms? Dan apa saja sih perlengkapan yang dibawa untuk persiapan selama mudik di kampung? Persoalan berikutnya bertambah ketika adiknya sudah lahir, usia Kanda bertambah dan harus sudah duduk di seat sendirian, bisa nggak ya? So cek yuk moms apa aja sih yang harus disiapin supaya mudik asyik, anak anteng selama di pesawat ?

Prosedur Mengadopsi Anak : Menjadi Orang Tua Angkat



Kisah ini terjadi di tempat kerja Pak Suami, kantor suami selalu saja didatangi oleh orang-orang yang mempunyai maslaah sosial, seperti ada pengamen, gelandangan, anak hilang dsb. Iyes suami saya berkantor di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), begini ceritanya ...

Dua hari yang lalu saya didatangi oleh seseorang yang melaporkan bahwa pembantunya melahirkan seorang bayi. Lalu apa pentingnya sang majikan ini melaporkan pembantunya yang baru saja melahirkan? Rupa-rupanya ketika dia sedang di luar kota, salah satu pembantunya melaporkan bahwa pembantu satunya melahirkan di lantai dua tanpa ada yang tahu dia sedang mengandung. Rupanya korset yang ketat adalah sarana ampuh mengelabui siapa pun bahwa dirinya sedang hamil tua.

Ilustrasi By Ulihape


Cerita pun berlanjut. Sang ibu muda ini ingin membunuh bayi yang tali pusatnya saja belum putus. Beruntung aksi sadis bunda belia ini diketahui pembantu lainnya. Bayi mungil itu pun selamat dan perempuan muda ini pun mendapat interogasi warga sekitar. Lalu bagaimana nasib si jabang bayi?


20160622

Sebuah Mimpi : Urus SIM Mudah dan Cepat ?

Bismillahirrahmanirrahiim, Semoga isi tulisan ini tidak dianggap menjelekkan sebuah instansi, menjelekkan seseorang. Tulisan ini dibuat sebagai harapan untuk sebuah perbaikan kedepan, serta ini adalah fakta yang yang terjadi pada tahun 2014 lalu. Semoga saja ketika aku tulis ulang sudah ada perbaikan dan syukur-syukur ada yang tidak mengalami hal yang sama dilokasi ini, artinya kebaikan itu masih ada disana.


Suasana Dalam KAntor Yangdipenuhi oleh Calo

Sudah 10 tahun aku memiliki SIM, baik A maupun C, SIM A cuman sekali saja, tak diperpanjang karena uang tak kunjung tiba membeli sebuah unit kendaraan roda empat. SIM C sudah dua kali memliliki didua kota yang berbeda dan pengurusannya mengandalkan jasa calo, kenapa? Karena gak mau repot dengan kegagalan tes yang mengharuskan bolak balik polres dan niscaya akan menghabiskan dana lebih banyak daripada membayar calo. Februari 2014 SIM C ku sudah expired dan baru kemarin mempunyai kesempatan untuk mengurus perpanjangannya sekalian dengan SIM suami yang kebetulan akan habis masa berlakuknya minggu depan #klop.

20160615

Tips Sukses Wawancara Ala Ulihape

Interview/Wawancara menurut pengertian yang terkandung didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah (1) tanya jawab dng seseorang (pejabat dsb) yg diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dl surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pd layar televisi (2) tanya jawab direksi (kepala personalia, kepala humas) perusahaan dengan pelamar pekerjaan; (3) tanya jawab peneliti dengan narasumber

Dalam mencari pekerjaan bagian interview merupakan bagian terpenting. 

Proses mendapat pekerjaan bisa berlanjut atau berakhir pada bagian ini. Beberapa instansi pemerintah sering sekali meletakkan jadwal interview merupakan bagian akhir dari serentetan tes yang sudah dilakukan. Sedangkan berdasarkan pengalaman saya beberapa perusahaan swasta justru memposisikan proses interview pada awal proses rekruitment tenaga kerja. Kelemahan aku dalam melakukan interview adalah terlalu banyak bicara, terkadang si pewawancara bagian HRD sering kali ku skak mat dengan ucapan-ucapan ku dan beberapa diantaranya justru menjadi kunci suksesku dalam mendapatkan kesempatan yang diberikan. 


20160607

Gaya Baru Untuk Kata Sepakat "I Klop U"

I Klop U, di baca ai klop yu
artinya bisa dibilang aku setuju dengan mu, aku sepakat dengan mu, pokoknya klop dah !


2 Juni Kemarin aku berkesempatan menghadiri launching sebuah brand cookies baru. Nuansa yang sangat alami terpampang nyata di depan mata, dari lokasi peluncuran produk yang sangat adem "Bistronomy" lalu membuka pintu masuk dan di depan kita tersaji telur dalam keranjang, coklat batang, margarin, tepung, dan gula, tentu saja aku sebagai emak-emak paham banget ini adalah bahan untuk membuat cookies. Lalu di sisi ruangan terdapat berbagai hidangan cookies yang sudah di variasi kan dengan berbagai rasa. Sore itu acara dimulai dengan mengulas masalah keluarga oleh ahli Psikolog kesukaan ku Mbak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psi beliau mengatakan saat ini banyak keluarga yang mengalami kesulitan dalam memulai komunikasi antar anggota keluarga. Bisa dilihat sih ya sekarang masing-masing anggotakeluarga sibuk dnegan dunianya masing-masing. Apalagi peranan gadget begitu mencuriperhatian para anggota keluarga, sehingga ketika harus saling berargumen semuanya merasa mentok, tidak KLOP dan menemui jalan buntu.

Iklan Rokok Itu Mencari Pelanggan Baru

Perayaan puncak Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) telah berakhir, yap! setiap tahun di tanggal 31 Mei, dunia mencoba mengajak setiap penghuni bumi untuk merenungi bahayanya merokok khususnya dengan tembakau. 


Sebelumnya fakta mengejutkan dari bahayanya rokok dan iklan rokok sudah aku tulis disini , dan sisa dari peringatan HTTS tahun 2016 ini, sepertinya cuman mau bilang "apa sih yang harus gue lakukan supaya kalian mengerti merokok itu membahayakan semua pihak ?".

Mungkin sebagian orangpun ada yang tidak setuju dengan usaha yang dilakukan pemerintah, ngapain sih pada sibuk urusin orang merokok? Sementara pemerintah saja tidak tegas untuk urusan menutup pabrik rokok ? Mungkin kegiatan HTTS 2016 hanya secuil kebaikan dan tentu berharap berbalas kebaikan, paling tidak yang belum bisa berhenti merokok mungkin bisa tahu adahari ini, bagi yang sedang belajar berhenti merokok bisa semakin kuat kemauannya dan bagi pelajar muda ABG bisa berpikir ulang ketika ingin mengikuti trend di masa mu, palin tidak ingatlah asap rokok itu bisa membunuh orang lain terlebih dahulu baru dirimu !