-->

Daripada Film Perjuangan, Wajib Militer Adalah Solusi Untuk Mencintai Tanah Air?

Kalau dalam sebuah hubungan saja dibutuhkan berbagai cara untuk mempertahankan cinta, maka untuk cinta tanah air menurutku sangat wajib dilakukan sebuah upaya supaya semua warga negara bisa mencintai negaranya dengan seutuhnya.

Wajib Militer Usaha Cinta Tanah Air ?

Saat ini ada banyak kasus warga negara yang terjerat pasal-pasal penghinaan, baik menghina Kepala Negara atau menyebar informasi palsu untuk membuat sebuah kericuhan di negaranya. Salah satu upaya yang aku lihat saat ini pemerintah masih menghadirkan lagu kebangsaan kita lewat televisi, atau memutar film-film perjuangan, namun apakah dengan menghadirkan film perjuangan efektif untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air? 

Film perjuangan hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang, apalagi sangat tergantung kepada pemeran tokoh dalam film. Misal mau membuat cerita tentang Pahlawan DI Panjaitan trus yang menjadi pemerannya adalah artis A which is aku gak suka tuh dengan artis A maka yang terjadi aku gak akan menonton filmnya dengan alasan gak menyukai tokoh pemeran dalam film tersebut.

Akankah Indonesia Melaksanakan Wajib Militer ?

Aku sudah lama mengenal istilah wajib militer, dan sepertinya gak sampai 10 Negara di dunia yang melaksanakannya. Wajib Militer ini adalah program pemerintah untuk setiap warga negaranya, usianya di tentukan ada antara 17 - 35 tahun biasanya, lama masa menjalankan wajib militer juga berbeda tergantung masing-masing negara.

Yang pernah aku baca sih saat ini Korea Utara yang menjalankan Wajib Militer terlama di dunia yaitu 10 tahun untuk pria dan 7 tahun untuk wanita dan beberapa negara lain rata-rata menjalankan antara satu sampai dua tahun.

So menurutku kalau pemerintah memang ingin membuat warganya memiliki rasa cinta tanah air dengan penuh tanggung jawab maka sebaiknya mulailah membuka wacana melaksanakan Wajib Militer. Dengan melibatkan warga negara untuk melakukan wajib militer maka secara otomatis akan ada banyak materi pendidikan didalamnya termasuk sejarah bangsa, dan tentunya bagaimana melindungi negara dari gerakan-gerakan yang berusaha mencoba menghancurkan negara.

Wajib militer juga membuat semua warga negara mampu menjadi tentara cadangan bila ada hal-hal tak terduga sehingga semua orang yang ada sudah pasti dibekali  dengan pengetahuan tentang bela negara.

Daripada Film Perjuangan menurutku Wajib Militer jauh lebih efektif untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, gimana menurut kalian ges?


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: