20151120

Scammer in Love, Penipuan Atas Nama Cinta


Goresan hati sore ini hanya mengingat sebuah kisah yang terjadi pada tahun 2012. Kisah ini kembali keatas memoriku ketika seorang teman berkonsultasi "li ada yang memberikan aku hadiah" Bule katanya, and then aku bilang "stop, itu penipu, let me told you, 3 hari nanti akan ada telepon dari malaysia dan akan menginformasikan bahwa karena nilai paketnya besar maka dikenakan bea masuk dan lalu mereka meminta sejumlah uang, belive me ! dan benar 3 hari kemudian dapat laporan lagi bahwa apa yang aku perkirakan memang terjadi.



Bedanya pada tahun 2012 belum ada atau tepatnya belum "in" aplikasi chatting seperti WA, Line, BBM dan ternyata modus penipuan cinta palsu ini masih berlanjut sampai hari ini dengan cara yang lebih intim, bagaimana tidak kalau dulu menggunakan e-mail maka sekarang dengan gadget bisa bersentuhan semakin dekat.



Back to 2012 , Galau itulah yang kurasakan (eh sebenarnya orang-orang disekelilingku) kenapa sampai diusia matang belum menikah, ya sudah 33 tahun kala itu. Bagi mereka hanya tudingan yang datang, bagiku sudah berbagai cara yang ada aku gunakan untuk menemukan jodoh, kata ajaib yang selalu ditanyakan orang pada ku.. "kapan merid? jangan sibuk cari uang saja" Banyak website di internet yang menawarkan cara mudah untuk menemukan pasangan. Salah satunya adalah www.tagged.com, sebuah situs yang menawarkan untuk mendapatkan kenalan dan perjodohan. Setelah bujuk rayu seorang teman maka akupun membuka akun disana. Luar biasa memang tinggal pilih kriteria yang anda inginkan, maka web ini akan memberikan beberapa pilihan pria yang sesuai selera anda, semua model dan macam bentuk ada disini. 

Teman ku yang menyarankanku membuka akun sudah menemukan tambatan hati, bule pria berdarah inggris bekerja di Oil and Gas dan e-mail-email cintanya luar biasa romantisnya. Membacanya bisa membuat hati membesar, jantung memompa dengan keras sehingga aliran bahagia mampir di bibir. Tentu saja pengen ikutan ketularan bahagia, kasmaran berpacaran ah sudah lama sekali tak merasakan desir rindu menyapa hati (cieeee)


Dan Tak lama berselang akupun mendapatkan seorang kenalan, cowok india, setelah saling PM di web kamipun berpindah ke alamat e-mail , surat cintanya luar biasa membuat aku berpikir bahwa dialah cowok yang ku nanti selama ini, curiga semakin menipis karena dia melakukan chatting dan webcam.  Aku pikir kalau sudah berani webcam, kecil kemungkinan dia mau menipu sampai pada suatu saat dia mengatakan bahwa dia akan berulang tahun dan ingin hadiah kecil berupa jam tangan tipis, hmmm disini aku mulai curiga, masak iya belum kenal sudah berani minta hadiah ? Sementara waktu akupun tak melakukan kontak dengannya. Sebulan kemudian mendadak aku ingin mencoba membuat akun palsu, dan jadilah akun palsu itu ku add pria india itu dan sama dengan akun asliku dia pun mulai mengirim surat cinta yang bahasanya berbeda dengan sebelumnya namun menimbulkan desiran takjub "haru aku dibuatnya" . Aku masih berpikiran positif mungkin dia memang pria yang sedang mencari jodoh..dan kecurigaan mulai membesar ketika tiba-tiba dia meminta kado ulang tahun pada akun palsu ku. Tebak saja tanggalnya berbeda dengan akun asli ku, Wakwawww kamu penipu rupanya. Hmm....modus penipu ini adalah meminta kado ulang tahun setiap ketemu cewek maka tanggal kelahirannya pun berubah hehehee. Lalu akupun memasang strategi untuk menjebaknya .. Lalu akun palsu ku mengajaknya webcam dengan iming-iming aku ingin menunjukkan hadiah ulang tahunnya sebelum aku kirim ke negeri india sana hehehehe... jam yang ditentukan pun tiba..webcam nya sudah on di laptop ku...senyum dia sambil memberi ciuman jarak jauh, istilah kanda anakku "kiss bye"...dan dia pun mengetik "darling..where is ur cam ?"...sabar jawabku...aku pun meng-invite dia melihat wajahku dan betapa kagetnya dia melihat wajahku..dia sadar aku telah mengetahui kedoknya dan tiba-tiba saja webcam dan YM nya offline...aku sms dia dan dia balas "teganya kau menipu ku ?" What? siapa yang penipu yak? 


Setelah itu akupun memberitahu ke temanku untuk berhati-hati, bahwa pria-pria di tagged ini kebanyakan adalah mafia cinta..benar saja tiba-tiba temanku dengan suara gemetar dan bahagia memberitahukan bahwa dia mendapat e-mail dari sang kekasih, memberitahu bahwa pujaan hati mengirimkan paket berisikan laptop 3 unit, blcakberry 5 unit, perhiasan emas dan check yang jumlah tak sedikit  senilai 15.000 poundsterling. Dan aku bilang jangan percaya, pasti penipuan. Tapi li ini ada link pengiriman paketnya dan bukti kirimnya. Aku cek link yang diberikan memang benar ada websitenya dan lengkap dengan resi pengiriman, katanya paket akan tiba dalam 3 hari kedepan. Hari pertama kami lewati dengan cemas bagaimana kalau paket itu sampe...kamipun sudah berbagi isi paket itu pokoknya aku bagi ya hehhehe. Hari kedua temanku mendapatkan telepon dari Malaysia meberitahukan bahwa paket terpaksa ditahan karena bernilai ratusan juta, temanku diminta membayar 1.000 USD barulah paketnya bisa sampai di Indonesia. Temanku berkonsultasi dengan ku, dan aku bilang "jangan bayar apapun" pastilah ini sebuah penipuan. Temankupun menolak membayar, akan tetapi di jam berikutnya temanku masih saja mendapat telpon bahwa dia tak perlu membayar sampai 1.000 USD cukup setengahnya saja. John memberikan nomor rekeningnya, berharap aku segera memberinya uang.  Gak percuma suka nonton serial detektif Conan, maka ini adalah kesempatan yang pas untuk ber-aksi hihihihi.


Well, kali ini aku akan menjebaknya, aku add akunya dan ku coba mengajaknya berkencan didunia maya pren...begitu tantangku kepada teman ku. Akhirnya akupun mengirimkan email cinta ke sang pujaan hati temanku.. cukup cepat responnya dan luar biasa prens dia langsung jatuh cinta padaku, langsung ingin menjadikan ku permaisuri hatinya..Preeeeeeeeeeeettttt.... Akhirnya YM ku-pun dihiasi nama pria penipu ini tapi pria ini tak mau melakukan webcam dengan alasan tak punya webcam...dan rayuan maut tetap mampir ke YM ku, terkadang sambil ngupil aku balas dengan rayuan maut juga. 


Setelah hampir 2 minggu intens saling chatting, akhirnya email paket yang dikirimkannya ke temanku pun sampai ke alamat e-mailku. Senyum aku..dan aku balas e-mailnya bahwa aku kecewa dengan hadiah-hadiahnya. Langsung dia menelpon kenapa kau tak suka darl? Lalu aku bilang ke bule ganteng itu "apa kau mau menghina ku ? Ohh sorry beibh..what do you want ? i just need ur love darl begitu suaraku melembut diujung telepon... lemaslah dia membilang "baiklah aku percaya kau adalah orang yang sangat kaya" Secara sebelumnya aku mengaku anak tunggal dari pengusaha perkebunan sawit dan dalam sebulan aku melakukan sumbangan ke anak-anak miskin sebanyak 20.000 USD lalu dia pun mengatakan bahwa dia senang berbuat amal dan sedang kekurangan dana untuk melakukan amal di Afrika bagi anak-anak yang kelaparan. 


Akupun setuju akan memberikan dana kepadanya (lah cuman jawab yes beib i will hel p u) dengan catatan dia akan menunjukkan bukti cintanya. Bukti cintanya adalah e-mail paket itu, tapi aku menolak , aku bilang bahwa aku hanya butuh yang sederhana saja , apa itu beibh ? tanyanya. Kirimkan aku sebuah cincin , keesokannya dia mengirimkan bukti pengiriman dan aku balas telponnya bahwa aku bisa tahu mana emas asli dan palsu. Dia pun meralat bawha hari ini dia memang mengirimkan imitasi karena banyak kejahatan di kantor pos ujarnya. Tapi beibh besok aku akan mengirimkan yang asli... benar saja besoknya dia memberiku bukti resi pengiriman yang lainnya dan harapannya tentu saja begitu aku menerima cincinnya aku pun harus segera mentransfer uang untuk kegiatan amalnya. 


Finally..paket cincin aku terima dan bukan hanya cincin , disana ada anting juga, emas 85 persen (mas 22), tak begitu berat dengan ongkos kirim termodallah dia 1 jutaan lebih. Baru saja aku melihat-lihat cincin dan antingnya, sebuah nomor telpon malaysia masuk dan aku mendiamkannya. Telpon itu tak henti-hentinya , aku tahu pasti dia sudah panik, pasti dia sudah tahu bahwa dia ku tipu...akhirnya malam hari kujawab juga telponnya "Hello jhon ? dan diseberang sana suara pria menangis "why you do this to me " ...dan aku hanya jawab karena aku melakukannya lebih cepat dari mu... and well...makianpun didaratkan untuk ku..sorry bro..ane nipu duluan ;p.


Penipu kena tipu pasti sakit rasanya, penasarannya sampai saat ini tak berhenti..dan sebuah nama di tagged mengajakku menjadi pendamping hidupnya "Rich" namanya tapi aku yakin itu dia, dan kali ini dia berani melakukan webcam..terlihat disana bahwa dia adalah seorang imigran gelap africa dan bermukim di Malaysia..kejahatan itu mereka lakukan disebuah rumah kontrakan, mengaku sehobi dengan kita, mengaku se-agama dengan kita hanya untuk meraup beberapa rupiah. Suaranya persis sama dengan jhon dan aku yakin mereka masih dan akan berkelaiaran didunia maya. Aku tak akan takut dengan alamat yang kuberikan padanya, karena aku yakin dia tak akan berani mendatangi ku ke Indonesia, mereka itu hanyalah imigran gelap tanpa identitas dan mencoba bertahan hidup dengan menipu kaum hawa . Seperti lagu dangdut itu tak semua pria-pria bule diluar sana menipu, banyak kisah bahagia perjodohan dari net dengan pria asing yang tak dikenal berakhir bahagia :) 

Sebagian Gambar-gambar barang yang akan dikirimkannya, dan percayalah sepertinya mengambil poto online shop hehehe :








PS *cincin dan anting sudah dijual

Catatan:

Biasanya mereka akan mengaku berkebangsaan ingris, bekerja di Shell dan saat mengirimkan paket mereka sedang dilepas pantai sehingga tidak bisa dihubungi, lalu poto profil mereka akan mencatut milik pria-pria ganteng, berstatus duda beranak yang istrinya meninggal kecelakaan. No telepon memang menggunakan kode area ingris +44, sementara nanti ketika menelpon meminta uang sebagai biaya barang impor menggunakan kode Malaysia +61, mereka ini sindikat, bekerja secara kelompok dan terkoordinir dengan sangat baik.


Published : Feb 2012 
http://www.kompasiana.com/ulihape/e-mail-cinta-berselimutkan-penipuan_550dcee0a333112d1c2e3ff6

17 comments:

  1. serem yaa...tapi pinter juga yaa tuh yg balik nipu,,,cewek cerdasss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, habisnya kesel, mrk suka menipu di negara kita, krn wanita2 kita mudah meleleh

      Delete
    2. Hehehe, habisnya kesel, mrk suka menipu di negara kita, krn wanita2 kita mudah meleleh

      Delete
  2. ngeri juga penipuan seperti itu yah mba :(
    memanfaatkan wanita-wanita yang mencari jodoh :(
    semoga semakin banyak wanita yang menyadari taktik penipuan ini sehingga tidak ada lagi korban-korban yang berjatuhan,amin..

    ReplyDelete
  3. Aku share aaah.

    Boleh ya, mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget, soalnya msh ada aja yg ragu kalo aq sampekan itu scammer..hiiks

      Delete
  4. Sempet dapet cincin sm anting? Mayan ya. Haha

    ReplyDelete
  5. Kakakku pernah hampir kena nih. Tu orang Malaysia nelpon betul-betul bikin panik. Ngancam-ngancam gitu. Kalau gak ada uang 10 juta, barang gak bisa dikirim. Mereka juga gak mau barang itu ketahan. Kesannya kita menyusahkan. Untunglah waktu itu langsung googling. Ternyata memang modus penipuan. Langsung dicuekin telponnya. Alhamdulillah, selamat.

    ReplyDelete
  6. Aiihh ka uli pinter bgt deh sblm ditipu udh nipu duluan..saluttt
    emang hrs dikerjain tuh para penipu scammer biar rasa, udh byk perempuan Indonesia yang ketipu

    ReplyDelete
  7. Molly mah ga berani webcaman gitu hehe

    ReplyDelete
  8. Uliiiiii aku padamu lah .. kereeeeen .. ijin share yaaaa

    ReplyDelete
  9. Sedih yaaa.. Kasian ama cewe2 yg tertipu. Salut kanu bisa menipu dia duluan mba hahahah. Biar tau rasa. Masalah online dating ini, temen2 ku bbrp ada yg coba. Ada yg berakhir ditinggal lari,padahal 2 minggu lagi acara nikah bakal berjalan. Ubdangan udh disebar lah. Ga kebayang malu keluarganya. WN perancis si cowo . Sempet ketemuan di jakarta, apa daya ttp ga baik ternyata..

    Tp temenku yg 1 dpt co yg baik. Cumaaaa jrk canada indonesia jd penghalang. Temenku prnh mau ksana tp visa ditolak. Si co aku kurang tau sih alasannya knpa ga prnh ke indonesia. Tp kalo sdg webcam, dan aku bbrp kali nimbrung, sepertinya siiih baik. Udh 3 thn web cam an teua dan sampe akr ga prn minta apa2 k temenku. Semoga aja ada jalan supaya mereka bisa ketemu

    ReplyDelete
  10. Wkwkwk...awal di fb banyak banget ini cyber love abal-abal, bahasa inggris juga caplok-caplok. Syukur kena sama mak Uli

    ReplyDelete
  11. waw mbak uli dilawan.
    Alhamdulillah saya nggak pernah kena kasus begini, meski main internet sejak zaman bahoela

    ReplyDelete
  12. Karena sudah sering dirayu di dunia nyata, jadi sudah kebal sama rayuan dunia maya, hahaha...

    Meski tak sebanyak dulu, sering banget dapat rayuan maut begini, sampai sekarang.
    Tapi sudah hambar tingkat dewa, langsung diblok saja.

    Cerita ini bisa penambah literasi, menambah wawasan juga.

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita