World Breastfeeding Week 2016, Indonesia Cegah Stanting - Ulihape.com

World Breastfeeding Week 2016, Indonesia Cegah Stanting

Berlokasi di Pacific Place @america, Jakarta memperingati pekan Asi dengan tema "Indonesia Cegah Stanting". Sebenarnya apa sih stanting ? Aca
ra ini merupakan rangkaian program yang diadakan oleh Millenium Challenge Account -Indonesia (MCA) sebuah organisasi yang diprakarsai oleh Millenium Challenge Corporation Amerika Serikat, tujuan organisasi ini adalah mengurangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi. MCA Indonesia berdiri pada tahun 2013 lewat 3 proyeknya yaitu Kemakmuran Hijau, Kesehatan dan Gizi berbasis Masyarakat untuk mengurangi Stanting dan Modernisasi Pengadaan.

Talkshow World Breastfeeding Week


Stanting adalah Masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama akibat pemberia  makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi sehingga mengakibatkan balita memiliki tinggi badan yang tidak standar sesuai umurnya. Selain tinggi badan maka juga mempengaruhi kecerdasan.




Asupan gizi pada balita harus sangat diperhatikan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, yaitu sejak dalam kandungan sampai anak berusia dua tahun. Berdasrkan hasil penelitian di Indonesia bahwa 1 dari 3 orang anak mengalami stanting , ini berarti saat ini ada 9 juta anak yang mengalami stanting.

Stanting bisa dicegah dengan memberikan asupan gizi tinggi, dimulai dari ibu hamil, selama kehamilan harus dipastikan mengkonsumsi 90 tablet zat gizi selama masa kehamilan. Pada bayi asupan gizi terbaik adalah dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan penuh dan setelahnya diberi MPASI dengan nilai gizi yang baik dan tetap ASI sampai anak berusia 2 tahun kemudian. Dan jadilah ibu yang cermat seperti membawa anak secara rutin ke posyandu dan memantau tumbuh kembang anak, kemudian akses kepemilikan sanitasi dan air bersih juga membantu tumbuh kembang anak lebih baik.

Di beberapa bagian Indonesia pembangunan belum merata, pemakaian sanitasi belum menjadi budaya karena itu sanitasi yang buruk bisa mengakibatkan lingkungan menjadi tidak sehat dan membawa efek jelek bagi kesehatan pencernaan anak-anak, karenanya pemerintah teruw bergerak untuk mengajak masyarakat memiliki sanitasi yang baik dan memulai kebiasaan mencuci tangan pakai sabun (CTPS).

KEAJAIABAN MENYUSUI

ASI itu AJAIB

1.  ASI adalah gizi sempurna untuk bayi, karena mengandung gizi yang komplit seperti air, karbohidrat, protein, lemak, karnitin, 6 macam vitamin dan kolustrum, bahkan diyakini belum ada susu formula yang bisa mengalahkan gizi ASI.

2.  Pemberian ASI bisa membentuk ikatan batin yang kuat antara Ibu dan anak
3. ASI memberikan daya imun yang kuat pada bayi
4. Anak ASI dipastikan memiliki kecerdasan yang lebih
5. ASI bisa menurunkan penyakit diabetes, obesistas, alergi, ISPA dan gangguan penyakit gigi.


Meski ASI dengan sejuta manfaat faktanya di Indonesia baru 45% ibu yang memberikan ASI ekslusif, berbagai masalah sosial menjadi penyebab kegagalan, karena MCA Indonesia terus bergerak untuk meyakinkan seluruh inu agar memberi ASI ekslusif kepada bayinya.


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.