-->

Apa Sih Alasan Yang Membuat Kamu Harus Mudik ?

Mudik itu identik banget dengan suasana hari lebaran, mungkin karena saat itu semua tenaga kerja juga memperoleh kompensasi atas tenaganya, entah itu tukang cuci, tukang sampah, CEO bahkan komisaris pun memperoleh apa yang disebut THR, artinya ada dana lebih dari yang biasa, maka kebanyakan orang memanfaatkannya sebagai ongkos buat pulang ke kampung halamannya, atau bagi yang nggak punya kampung biasanya menghabiskan waktu dengan berlibur, kapan lagi mumpung ada dana lebih kan ?



Akupun sama dengan kebanyakan, dana THR langsung dialokasikan untuk tiket PP, maklum yes selama bulan berjalan keadaan keuangan kami belum mungkin menyisihkan untuk tabungan mudik, jadi ya gitu aja perputarannya dan bersyukur masih bisa mudik. Tahun ini agak spesial buatku karena sampai September ini aku sudah 3x mudik, beda banget dari tahun-tahun sebelumnya bahkan sejak single paling banyak iti 2x setahun saja mudik, setelah merid setahun sekali, tapi tahun ini sudah 3x ! Ehemm..tetangga sudah pasti donk komen yes.. "duh ngapo sering nian balek?" Lagi banyak duet yo ? Giliran aku mudik cuman setahun sekali dikomenin juga "li, mamak papamu la tuo, sering-seringlah balek ". Fiuuuhh..tetangga emang gitu ya hahaha.




Lalu tulisan ini terilhami alasan mengapa aku bisa sampai 3x mudik tahun ini, ternyata ada saja alasannya, nanti ladies semua bisa juga sharing ya, apa saja alasan yang membuat kamu ingin pulang kampung. Kampung papa sebenarnya di Sibolga, kalau mamak di Natal, kalau belum tahu itu kota yang ada di Sumatera Utara, bolehlah cari di peta hehe. Namun papa sudah 26 tahun di Palembang, so kalau aku mudik tujuannya Palembang. Jauh didalam hatiku ingin sekali mudik ke kampung papa dan mamak, selain ingin menunjukkan kepada suami dan anak-anak, aku juga masih mempunyai nenek yang sudah 16 tahun tak pernah bersua, hanya lewat telepon suaranya terdengar semakin melemah, sekalian berdoa ah "ya allah limpahkanlah rezeki berlebih agar hamba bisa mengunjungi nenek dan saudara saudara lainnya, aamiin".

So ini dia alasan yang membuat aku melangkahkan kaki menuju rumah mamak papa : 


  • RINDU, sewaktu masih kuliah maka ini adalah alasan yang membuat aku merengek meminta ongkos untuk mudik, mak awak rindu sama mamak, papa dan adek-adek. Dengan segala bujuk rayuan biasanya aku bisa gagal mudik nih, harus tunggu libur semester. Tapi ketika usia menjadi pekerja, maka kalau aku rindu langsung beli tiket , begitu menikah kalao rindu ya sudahlah teleponan saja hehe
  • KULINER, makanan apalagi masakan mamak, terkadang karena nggak cukup ongkos ya sudahlah mamak rela mengirimkan paket suir dendeng balado nya, tapi seringnya apapun yang mamak masak makan itu jadi lahap, jadi suasana makan bersama mamak papa itu yang membuat semua makanan menjadi sedap. Atau pernah juga belain mudik ke tempat lahir karena aku kangen banget makan toge, toge itu bukan kecambah, tapi lebih mirip dengan es campur namun cita rasanya belum ada deh yang nandinginya meski resto mahal banyak bangetkan variasi es-es an, buatku toge makanan khas Tapanuli Selatan ini masih the best nya dari dunia es campur hahaha.
  • SAKIT, nah mudik pertama tahun ini aku lakukan karena mendengar mamak sakit, meaki mengaku sehat tetap saja batin ini ragu, dan akhirnya aku mudik, alhamdulillah mamak bersemangat dan sehat.
  • ACARA KELUARGA, entah adik yang menikahlah, pacar adik datang buat kenalan, lulusan kuliah, akikah, rasanya apapun acara keluarga aku harus hadir.
  • LEBARAN, sepertinya ini edisi rutin dan wajib, beruntung suamiku dan keluarganya stay di Tangerang jadi kalau bicara mudik ya otomatis Palembang hehe, dan ketidakadaan mertua juga membuat tak ada halangan untuk selalu mudik ke Palembang disetiap lebaran.
  • PERMINTAAN ANAK, nah ini alasan ketiga yang membuat aku mudik tahun ini. Dulu aku sempat berpikir kapan ya si Kanda anakku protes berangkat ke daycare ? Dan ternyata diusianya yang ke 41 bulan protes itu hadir, karena komunikasinya belum lancar maka kata-katanya belum jelas tapi aku paham maksudnya. Kanda setiap malam dan pagi tiba selalu said "mami..mami aku udah ya mama diah?" Mama diah itu mama didaycare, jadilah aku paham maksudnya bahwa Kanda ingin bilang "mami aku nggak usah ke daycare ya? Aku akan jawab jangan donk nak, siapa yang jaga Kanda dirumah ? Dia akan balas lagi "ngak papa kok aku dsini aja". Lalu entah dapat ide dari mana tetiba Kanda bilang "mami aku ke plembang aja, aku mau sama umi (adikku). Pagi dan malam menelpon uminya, monta dibelikan tiket pesawat, aku sampai dirumah selalu tanya apakah tiketnya sudah kubelikan ? Lalu hatiku bergetar "ah apa ya yang mau terjadi? Maklum yes aku itu emak-emak penuh firasat dan selalu ingin mengurangi rasa sesal, jadilah malam-malam aku cari tiket dan yes kami mudik, luar biasa respon Kanda, teriak horrree aku ke plembang, rasanya ajaib secara Kanda delay speech bisa punya ekspresi yang pas !
  • KANGEN KAMAR TIDUR, ini juga pernah menjadi alasanku mudik, karenanya khusus kamarku sampai hari ini tak diganggu gugat keberadaannya, karena mamak tahu aku kapan saja bisa merindukannya, bahkan mamak dengan baik hati pake banget masih rutin mencuci boneka-boneka kodok ku yang duduk manis menua diranjangku hehe.
So ladies, 7 alasan itu yang bisa membuatku harus pulang, dan semiga keinginan menjenguk nenek bisa segera terlaksana aamiin. Nah kalo kamu apa alasannya, boleh ya sharing juga 




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

4 comments:

Oline said...

Kalo aku terpaksa mudik biasanya kangen suasana and kulinernya.

nova violita said...

Rindu adalah alasan utama untuk bertemu..., jika peretmuan tanpa rindu.. hampa.. #eeeea :D
YA RINDU semuanya..orang tua, keluarga..dll

Ulihape said...

makanan itu emang ngangenin ya hehhe

Ulihape said...

hehehe eaaa