Temukan Solusi Biaya Pendidikan Anak Bersama Morinaga Chil-Go

Hai moms and paps, kali ini kita bahas yuk bagaimana peranan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk buah hati tercinta. Memiliki anak adalah impian setiap pasangan, saya pribadi memilih mengikuti program pemerintah cukup dengan dua anak saja. Alasannya ? Saya realistis, meski semua orang bilang rezeki Allah yang atur, semakin banyak anak makin banyak rezeki, tapi bagi ku sebagai manusia selayaknya kita sudah mempunyai perhitungan atas segala kemampuan kita, bagiku memberikan hak anak-anak adalah kewajiban. Salahsatunya adalah memberikan pendidikan terbaik bagi mereka. Harus maksimal dalam mensupport pendidikan mereka, memang dengan dua anak saja juga bukan jaminan aku bisa memberikan support yang maksimal, tapi paling tidak niatku begitu dan semoga bisa berjalan seperti rencana kami.


Penyebab Gagalnya Perencanaan Keuangan ?

Percaya deh, bahwa setiap orang tua itu pasti sudah punya rencana untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Apapun caranya pasti sudah ada, namun dalam perjalanannya banyak yang mengalami kegagalan, kenapa ? Menurut pengalamanku kegagalan tersebut dipicu oleh dua hal yaitu :

  1. Tidak mau bekerja keras
  2. Tidak mempunyai instrumen untuk merencanakan biaya pendidikan anak
Berapa banyak kisah sukses orang hebat yang memiliki orang tua tak mampu ? Banyak banget, kok bisa ya mereka? Itu karena mereka mau bekerja keras, melakukan apa saja demi mengumpulkan rupiah untuk mensupport pendidikan anak-anak mereka. Lalu bila ditanya kenapa ada yang gagal ? Rata-rata menjawab bahwa tidak ada alokasi dana khusus untuk pendidikan anak-anak, dan terkadang ada yang punya adana tetapi tidak mengelola dengan bijak.



Lalu Apa Yang Dijadikan Dasar Dalam Merencanakan Keuangan Yang Baik ?

Dalam hal ini kita bisa berpedoman pada 3 dasar perencanaan keuangan yang baik, yaitu :
  1. punya rasa khawatir akan kemiskinan
  2. punya rasa khawatir akan biaya pendidikan anak
  3. aksi berkesinambungan (continue)
Dalam membuat rencana maka harus memiliki rasa takut miskin, hal ini akan memicu kita untuk terus berkarya, dan bila kita mempunyai kekhawatiran terhadap biaya pendidikan anak maka secara otomatis kita akan melakukan berbagai cara agar bisa mengantar anak-anak kita kepada pendidikan yang tinggi dan sebuah aksi yang berkesinambungan secara terus menerus bisa membuat pendidikan anak-anak selesai sesuai waktunya.


EKONOMI INDONESIA KINI

Aku masih ingat di jaman aku masih SMP (tahun 1991) 1 dollar itu masih 2.500 rupiah dan setelah 25 tahun kini mencapai 13.276, wow luar biasa ya, kok bisa ya moms ? Lalu ingatkan pas SD berapa sih uang jajan mu ? Aku masih mengalami uang jajan 25 perak, beli es lima perak, sarapan nasi goreng 15 perak , rasanya 25 perak itu sudah bisa buat bolak balik jajan ke kantin sekolah. Saat ini ? Rasanya sudah lumrah ya moms anak-anak dibekali uang jajan 10 ribu. Apa sih yang membuat hal ini terjadi ? Ini terjadi karena inflasi moms, setiap tahun selalu ada kenaikan harga barang dan jasa secara terus menerus dari tahun ke tahun. Dan hal ini terkait erat dengan IHK alias Indeks Harga Konsumen. Aku bekerja dibagian pembuatan budget jadi harus tahu betul tentang IHK dan Inflasi untuk bisa memprediksikan cashflow dari tahun ke tahun. Nah moms and paps juga harus mulai belajar nih tentang inflasi, karena ini sangat penting untuk memperhitungkan kebutuhan dana pendidikan anak-anak kita.

Aku kuliah tahun 1997 dengan biaya kuliah per tahun hanya 900 ribu, kini di kampus yang sama biaya pendidikan per tahunnya mencapai 9 juta rupiah, dalam rentang waktu 19 tahun terjadi kenaikan yang signifikan. Itu baru bicara mengenai uang kuliah, belum lagi uang jajan, uang kos, uang buku bahkan uang baju seragam bila diperlukan. Semua biaya ini harus kita hitung untuk bisa mempersiapkan dana pendidikan anak. 

Dari hasil survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan bahwa rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Hal ini disebabkan adanya Inflasi pendidikan dan ini terjadi setiap tahun moms. Artinya apa ? kita harus sedini mungkin menyiasati dengan cerdas dan bijak dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban yang bisa menghambat cita-cita anak kita. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan.


KALKULATOR FINANCIAL MORINAGA CHIL*GO

Aku pribadi saat ini memiliki dua putra, pertama berusia 3 tahun dan yang kedua dua tahun, terpaut jarak yang cukup dekat karenanya aku dan suami sejak menikah sudah sangat concern terhadap rencana biaya pendidikan anak. Ada banyak cara untuk mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan, tapi yang paling utama moms and paps harus bisa menghitung kebutuhan dana yang diperlukan, barulah kita bisa menyususn strategi untuk mempersiapkan dana tersebut. Salah satu cara mudah untuk menghitung kebutuhan dana pendidikan adalah dengan menggunakan kalkulator financial. Moms and paps nggak usah bingung mencarinya, cukup kunjungi website Morinaga Chil-Go karena disana sudah ada kalkulator financial yang khusus disiapkan untuk moms and paps. Cukup mudah, kita hanya isikan usia anak kita, lalu masukkan jenjang pendidikannya, uang pangkal sekolahnya dan nanti akan tersimulasikan berapa total biaya pendidikan yang moms and paps butuhkan untuk buah hati kita. Hitung yuks moms  !

Ilustrasi Perhitungan Kebutuhan dana Pendidikan, Sumber ZAP RFD


Aku mencoba simulasi dengan memasukkan usia Kanda 3 tahun dan aku ingin tahu seberapa banyak sih dana yang dibutuhkannya saat nanti sekolah dasar (SD). Lama pendidikan 6 tahun, artinya kanda masih punya waktu untuk berinvestasi selama 3 tahun kedepan lalu setelah mengetahui total kebutuhan dana dengan memperhitungkan tingkat inflasi pertahun adalah 15% maka Kanda butuh biaya sebesar 121 Juta, dan kalkulator financial Morinaga Chil-Go langsung memberikan besarnya alokasi investasi perbulan adalah 2 juta tujuh ratus ribu selama tiga tahun kedepan barulah kebutuhan dana akan terpenuhi nantinya. 

Kebutuhan Dana Pendidikan Kanda Sampai SD Dihitung dengan Kalkulator Finacial Morinaga Chil-Go


Setelah mengetahui besarnya dana yang harus disisihkan maka saatnya kita mencari instrumen yang akan kita gunakan untuk memenuhi perencanaan tersebut. Aku pribadi tidak sanggup untuk bisa menanbung tunai setiap bulan sebesar dana tersebut. Aku dan suami akhirnya memilih tabungan pendidikan via Asuransi, hal ini kami pilih karena manfaatnya yang sekaligus, bisa dibilang tabungan 3 in 1 kenapa ? Tabungan pendidikan via Asuransi ini memiliki (1) proteksi kepada orangtua, jadi andai kata hal yang tak diharapkan terjadi inshaallah urusan dana pendidikan anak sudah ada penjaminnya, lalu dengan adanya proteksi otomatis akan ada (2) uang santunan dari pihak asuransi yang bisa dialokasikan untuk biaya hidup si pemilik asuransi pendidikan dan yang pasti (3) nilai tunai yang terbentuk akan membantu biaya sekolah anak. Moms and paps bisa juga loh menggunakan instrumen lain seperti tabungan deposito, reksadana campuran ataupun reksadana saham. Yang pasti moms and paps harus bisa mengetahui segala resiko atas pilihan tersebut ya.


4 TIPS SUKSES MENYIAPKAN DANA PENDIDIKAN

Saat ini anakku masih usia balita, sehingga kalau bicara cita-cita jawaban bisa berubah tiap saat. Namun dibalik itu semua, sebagai orang tua aku akan selalu berusaha mensupport apapun yang menjadi keinginan anak-anakku, i will do ! So ini ada empat hal yang bisa kami share untuk moms and paps supaya sukses merencanakan dana pendidikan anak :

  1. Diskusikan Pendidikan anak dengan pasangan sedini mungkin, semakin cepat mengetahui biaya yang diperlukan maka akan semakin besar peluang untuk memulai menabung.
  2. Cari tahu biaya pendidikan terkini, moms and paps bisa loh mendatangi sekolah-sekolah untuk sekedar mencari tahu besarnya biaya yang dibutuhkan, lalu hitung kebutuhan dananya menggunakan kalkulator financial chil-go ya
  3. Cari tahu instrumen yang tepat untuk mencapai tujuan moms and paps
  4. periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

BEKAL MASA DEPAN CHILGO



So , sudah ada gambaran ya moms ? Moms and paps sudah baca juga kan tulisan saya sebelumnya ? Itu loh tantangan Morinaga Chil*Go untuk mempersiapkan Bekal Masa Depan , masih ingatkan yes ? Morinaga Chil*Go paham betul kalau biaya pendidikan di Indonesia ini tidak murah karena itulah Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu moms and paps untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil sejak dini. 

Melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go!, moms and paps berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk Si Kecil. Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung.

Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :


  •  Platinum : Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)
  • Gold        : Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)
  • Silver      : Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)
Karena inia dalah asuransi pendidikan maka hadiah merupakan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun.

Sekedar mengingatkan untuk moms and paps yang belum mengetahui program Bekal Masa Depan Chil-GO bisa saksikan video ini yuks :




Mudahkan moms ? Cukup beli 6 botol susu Morinaga lalu dapatkan kode uniknya dan submit ide moms and paps semenarik mungkin sesuai dengan kecerdasan majemuk sikecil. Nah bisa juga nih baca tulisan saya sebelumnya ya supaya tahu program detailnya.

baca juga :

Ceritakan Ide Kreatifmu di Bekal Masa Depan Chil Go "Untuk Generasi Platinum"


 So are you ready moms ? sure ! karena bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Tugas kita para orang tua untu mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak  dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!















When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.