45 Mantra Kehidupan [Ulasan Buku Think Fresh By Danny Oei Wirianto]

Data Buku :

Ukuran : 12 x 18 cm
Tebal : 176 Halaman
Cover : Softcover
ISBN : 978-602-03-1644-4
Harga : Rp. 85.000
Terbit: September 2016
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama



Profil Penulis  

Danny Oei Wirianto mengawali kariernya di bidang branding, marketing, and technology setelah lulus dari Kendall College of Art and Design, Michigan, AS, pada 1997. Rasa penasaran yang besar mendorong Danny mempelajari banyak hal, mulai dari seni hingga akhirnya dia berkenalan dengan internet, lalu terjun ke dunia e-business dan menjadi pengusaha digital.

Danny melahirkan dan berperan dalam pengembangan belasan perusahaan digital yang bernaung di bawah bendera Merah Cipta Media Group (MCM), yakni SemutApi Colony, Klix Digital, MediaXasia, MerahPutih Inc., Mindtalk, Bolalob, DailySocial, Infokost.net, Kaskus, KrazyMarket, Kincir, Lintas.me, dan OneB1t.

Pengakuan atas kiprah Danny di berbagai bidang yang dia geluti dapat dilihat melalui penghargaan-penghargaan yang pernah dia terima. Di bidang advertising, misalnya, Danny pernah mendapatkan penghargaan Citra Pariwara (2007). Di bidang marketing, dia pernah mendapatkan penghargaan The CMO (Chief Marketing Officer) Asia Award dari CMO Association (2010). Penghargaan terbaru yang dia terima adalah di bidang bisnis dan investasi, yakni sebagai Top 3 Best Mentors of Founder Institute in Asia (2013).

Danny dapat ditemui di Twitter dan Instagram-nya @dWirianto






Setelah bukunya kudapat, maka aku hanya butuh waktu 90 menit untuk menghabiskan 176 lembar. Aku membaca dalam perjalanan menuju kantor, bukunya sangat mudah dibawah nggak bakal nambah berat tas, bahkan untuk ukuran clutch buku ini juga masuk, ringan dan handy. Membaca buku ini rasanya tak harus berurutan, kamu bisa buka halaman mana saja dan kamu tetap mendapatkan intisari nya. Membaca buku ini seperti membaca quote sukses, mau di lempar ke halaman mana saja pasti akan menemukan sesuatu yang unik. 

Danny mengajak kita untuk berpikirlah dari semua arah, jangan berpikir seperti kebanyakan, berpikir negatif, meremehkan dan membully adalah hal-hal yang bisa membunuh angan-anganmu. Danny memang seperti apa yang dikatakan sahabatnya Giring Nidji "humble" jelas terlihat dari body language nya. Bahkan menurut Giring "Danny sosok yang benar-benar mau menolong orang lain tanpa ada limit kesempatan". Mengapa ? Danny said  "membantu orang lain sukses merupakan cara termudah untuk membuat diri sendiri sukses". Mempercayai orang yang sudah membodohi dirinya beberapa kalipun termasuk bagian dari pelajaran yang tak akan ditemukan setiap orang dimanapun.


Jadi wajar buku ini berhasil hadir dalam sisi positif, dan Danny butuh waktu nyaris 3 tahun untuk menyelesaikannya. Bukan hanya sekedar buku bacaan tetapi dari buku ini bahkan Danny mengajak para pembaca untuk ikut berpikir detail, dan dari buku ini aku memahami bahwa hasil karya seseorang itu tak ada yang sempurna. Danny mengajak pembaca untuk bisa menemukan 6 kejanggalan dalam penulisan, dan benar saja ada 6 kata yang salah atau kurang sempurna, tugas pembaca adalah menempelkan stiker revisi yang diberikan bersamaan dengan buku! Hal ini sangat unik, pembaca seolah dilibatkan dalam menulis buku ini.



Pada tulisan sebelumnya (baca disini) aku menuliskan bagaimana peluncuran buku ini berjalan dengan sukses, Rene sebagai moderator sangat mampu membuat suasana benar-benar fresh ! bayangkan aku sampai pause untuk live tweet, karena acara berlangsung sangat santai dan penuh candaan ! Nah aku udah janjikan akan mengulas kehebatan buku yang bisa memacu kita untuk terus berprestasi, ada 6 hal yang dijabarkan Danny sebagai ajuan untuk sukses dan dijelaskan dengan sangat baik menjadi 45 mantra kehidupan. So lets find your mantra !

Bukunya dilengkapi stiker yang bisa kita tempel dimana saja supaya tetap FRESH

  • FUNDAMENTAL  (8 Mantra Kehidupan)
  1. Passion is the source of energy, sangat setuju memang semuanya akan terasa membara ketika kita mempunyai tujuan dalam hidup.
  2. Do What you love and love what you do, yup lakukan apa saja yang kamu suka dan jadilah diri sendiri, tak perlu menjadi orang lain untuk bahagia
  3. Be Curious, selalulah menjadi seseorang yang penasaran karena dengan begitu kita akan mau terus belajar dan mencari tahu.
  4. Be like a child, sikap anak-anak itu harus kita pelihara didalam diri kita
  5. Its OK to feel stupid, dengan merasa bodoh maka kita akan lebih tekun
  6. What made us, jangan jadikan kondisi kita sebagai keterbatasan
  7. You are what you did, kek kata nenek apa yang kau tanam itu yang kau tuai
  8. Be like water, menjadi orang yang mudah beradaptasi di segala keadaan

  • CREATIVE THINKING (5 Mantra Kehidupan)
  1. Get Inspired, berbicara inspirasi atau ide bisa kita dapatkan dari siapa saja, ide itu gabungan antara semua yang kita lihat dan rasakan, karenanya banyaklah bergaul dan piknik untuk punya sejuta ide.
  2. Problem Solving, untuk bisa melewati satu masalah maka harus dihadapi temukan jalan keluarnya, jangan berdiam diri
  3. Boxless , jangan pernah membuat kotak dalam hidup, jadilah orang yang kreatif dan inovasi
  4. Dare your self to do crazy stuff, terkadang hanya orang-orang yang berani 'gila' yang bisa sukses, contohnya anak ABG yang nekad itu, luar biasa bisa menghasilkan jutaan rupiah dalam sehari akan tetapi ketika tidak bisa dikelola dengan baik maka tak akan bisa berkembang menjadi sesuatu yang manfaat.
  5. The source of innovation, inovasi itu bukan hanya milik perusahaan , diri kita harus terus berinovasi karenanya banyaklah membaca, banyaklah bergaul !

  • POSITIVE MINDS (7 Mantra Kehidupan)
  1. I'm possible, Danny benar-benar orang yang bisa melihat sisi lain, bayangkan selama ini tulisan impossible tak pernah bisa ku artikan dengan saya bisa, tapi Danny membuatnya jadi mungkin.
  2. Belive to believed, hanya diri kitalah yang bisa mengakui kemampuan kita, karenanya jangan menjadi pribadi yang ragu, yakinlah bahwa kita bisa dan percaya setelah anda yakin maka anda akan melihat langkah selanjutnya dengan mudahnya.
  3. No one can make you better except your self, bekerja keraslah karena hanya diri kitalah yang bisa menghargai segala usaha yang sudah kita buat
  4. The power of imagination makes us infinite, jujur aku mungkin salah satu yang takut akan masa depan, malas banget mikirin masa depan, tapi Danny kasih mantra yang mengubah pandanganku, sederhana! Cukup gunakan imajinasimu untu sebuah masa depan yang tak seorangpun tahu so berimajinasilah supaya semangat mu mendekat.
  5. Every person has a part of contribution, yup benar banget, jadi jangan pernah merasa tak punya andil apapun, perusahaan tempat anda bekerja bisa sukses memang bukan 100% karena anda, tapi ingat anda berkontribusi disana ,hal ini tentu bisa memupuk semangat untuk maju bersama
  6. Know your strenght and weakness, boleh optimis, tapi harus tahu batas. Dengan mengakui kelemahan maka anda akan berusaha terus untuk melawannya.
  7. Worry less, ini adalah bagian yang paling aku suka, memang dalam hidup ini jangan terlalu khawatir, nikmati segala proses maka semua akan berjalan dengan baik.

  • INTEGRITY (7 Mantra Kehidupan)
  1. Yes man is an evil man, memang betul bahwa kebanyakan akan merasa malu mengakui ketakmampuannya, padahal mengakui ketakmampuan bisa dijadikan alasan untuk bangkit karena kita jadi tahu bahwa ada kelemahan didalam diri kita dan bisa kita kejar untuk belajar menghilangkan kelemahan kita.
  2. You are who you are, jadilah dirimu sendiri, tak usah selalu repot menjadi orang lain hanya karena memikirkan kebahagiaan orang lain, so good people please jangan lupa bahagiain dirimu sendiri
  3. Greater purpose, ini hebat , Danny bisa membuka mataku bahwa sukses itu bukanlah materi, ketika aku menilai sukses hanya materi maka itu adalah kegagalan, bahkan ketika orang lain merasa kagum dengan dirimu maka itu adalah sukses sesungguhnya
  4. Be happy or go home, thats it ! Bahagialah, untuk bahagia itu bisa kapan saja, dimana saja , bahagia itu pilihan guys.
  5. Standup for your beliefs, memang menjadi sukses itu tak gampang, tapi bisa kita tiru, lihat orang yang sukses itu memang berbeda dari orang kebanyakan, so bangunlah prinsipmu agar bisa maju.
  6. Know your limit, setuju banget bahwa kita harus bisa mengajak diri kita berdamai, ketika sudah tak mampu maka mintalah bantuan, jangan ngoyo yang bisa membawa dirimu terpuruk.
  7. Jack of all trade, master of none, you can do anything, but you cannot do everything, jadilah orang yang fokus pada satu keahlian.

  • THE ATTITUDES (12 Mantra Kehidupan)
  1. Couch potato, kemalasan adalah musuh terbesar, betul banget bahkan banyak hal sebenarnya bisa ku raih tapi melawan malas didalam diri itu susah, buku ini seperti mengingatkan diri kembali untuk menjadi individu yang tekun.
  2. Attitude is altitude, sukses sombong ? kelaut aje, jadilah pribadi yang rendah hati so people will respect you
  3. Control your ambition to win, entah didalam hal apapun bahkan sekedar share pendapat maka selalu ada keinginan pendapat kitalah yang paling benar, begitu juga didalam sebuah lomba blog selalu merasa harus menang, agak susah memang mengontrol hal ini , Smart Danny he ask me untuk fokus, konsisten dan raihlah tujuan mu
  4. Control your emotion 
  5. Control your ego 
  6. Discipline is what will make you stand out, betul banget buat disiplin aja susah nya minta ampuun, belum terlambatlah untuk memulainya hehehe
  7. What you see is not what you think, nggak selamanya apa yang terlihat itu yang dinilai, intinya jangan cepat berburuk sangka, hargai maka akan dihargai.
  8. Listen before talk, ini memang mantra jitu dalam kehidupan karena tanpa mau jadi pendengar yang baik maka tak akan pernah bisa menyampaikan apapun dengan baik.
  9. Nothing is too small, nah ini aku banget, jangan pernah menganggap hal kecil menjadi tak berarti, meski penghasilan suamiku tak besar tapi aku yakin justru karena yang sedikit itu maka menjadi cukup 
  10. Humility = Humble + Confident, jujur baru paham artinya Humility ketika Danny menjelaskannya dengan baik
  11. Feeling bad ? Ini catatan tangan Danny dibukunya untukku bahwa jangan menjadi orang yang sungkanan, tetaplah sampaikan apap isi hatimu , semaki  sungkan akan semakin susah untuk maju
  12. Give and forget, receive and remember, lakukan kebaikan tanpa pamrih, karena sekecil apapun kebaikanmu akan berbalas kebaikan pula.

  • GO INTO ACTION (6 Mantra Kehidupan)
  1. Instant Success, bahkan mie instant juga harus diolah baru bisa disantap, banyak contoh kan yang instant itu cepat pula tamatnya, coba mana keong racun ? Kemana pak polisi yang joged India ?
  2. Make a decision, berpikir buruk dari sebuah ide memang sering dilakukan, tapi bila tidak dicoba maka anda tak akan tahu gagalkah atau sebaliknya.
  3. Idea without action is daydreaming, punya ide itu bagus, tapi ingat bahwa ide itu baru permulaan, ide itu hanya 2%, sisanya adalah action atau eksekusi
  4. Push the boundaries, teruslah pupuk keingintahuan, rasa penasaran karen dengan begitu anda akan termotivasi untuk terus bergerak maju
  5. Its OK to lose, Winner, pemenang pasti sudah melalui kekalahan dan seharusnya kita bisa mengelola kekecewaan  menjadi sebuan prestasi
  6. Persistance is the king, gagal adalah sukses yang tertunda, butuh beberapa kali usaha untuk mencapai sebuah kesuksesan dan kegagalan anggap saja sebagai cara belajar dengan jalan yang berbeda.

So itu adalah 6 hal yang mendasari kesuksesan dan dijabarkan kedalam 45 Mantra Kehidupan yang bisa membawa perubahan dalam diri kita, praktekkan mantranya dan tularkan pada orang sekitar maka memandang persoalan hidup dari pandangan yang positif tak akan susah lagi. Aku pribadi sampai saat ini berusaha selalu melihat sisi positif dari setiap hal yang terjadi dan itu bukan proses yang mudah namun ketika kita bisa melakukannya yakin lah hidup akan ringan dan beban semakin kecil. Contoh ketika anak ku sakit, Ibu mana yang tak bersedih hati, tapi tunggu dulu bukankah ini karena tuhan sayang aku ? Anak ku diberi sakit agar aku tak pergi ke kantor, artinya aku bisa seharian bersama anakku, ongkos yang 100 ribu per hari pun tak harus keluar ketika aku menemani anakku yang sakit, beautiful ! Ya pada akhirnya aku mengucap syukur dan berdoa supaya sakit anakku segera sembuh. Kasus lainnya ketika aku naik angkot, ada rasa bete dengan kondisi macet dan hobi pak supir yang ngetem. Heiii tunggu dulu, Pak supir sedang mencari nafkahnya dia butuh kursi angkot itu penuh untuk menafkahi anak dan istrinya, akhirnya aku sadar dan berdamai dengan hatiku, aku bisa melihat banyak orang, aku bisa menghabiskan waktu dengan membaca di angkot! Danny seperti menamparku kembali disatu ucapannya "blogger harus lebih detail, jangan puas dengan satu blog, menulis disatu template. Apa sudah pernah menulis di media lain ? Maka gali potensimu, lakukan hal yang tak biasa memang akan memakan waktu tapi percaya BOOM ! akan ada masanya panen .

Gimana ? benarkan seperti membaca quote-quote sukses ? Jadi buku ini bisa kamu baca kapan saja, lagi down buka aja halaman sembarang karena aku yakin pasti ada saja mantra ajaib yang bisa membuat mu memandang persoalan hidupmu menjadi lebih simple. Luar bisanya Danny menginformasikan bahwa setiap keuntungan yang diperoleh dari penjualan buku ini sepenuhnya akan di donasi kan untuk mewujudkan impian super teman-teman kita, keren ya . Ini buku mantra kehidupan, so simpan buku ini sepanjang jalanmu and keep fighting guys ! 




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.