Opini ID , Membuat Penulis Awet Muda - Ulihape.com

Opini ID , Membuat Penulis Awet Muda

Opini id, adalah sebuah platform baru yang hadir meramaikan media baca online. Dan lalu aku mencoba membuat akun disana, untuk menjadi penulis di Opini id kita harus membuat akun terlebih dahulu, langkah ini sama dengan membuat akun sosial media kita yang lain, atau kalau bagi penulis bisa disamakan dengan memulai di platform lain seperti liputan6, kompasiana atau detik.com, dan kamu harus registrasi atau sign in dengan cara singkat menggunakan akun facebook, ini yang aku lakukan untuk membuat akun opini id.



Opini Id hadir untuk kalangan millenial, generasi internet, dimana semua orang sudah bisa mengakses apapun hanya dalam sebuah genggaman smart phone. Segmentasi opini id pun hanya maksimum 24 tahun, so penulis ditantang untuk terus update trend terbaru di era milineal ini, buat saya yang sudah berusia 39 tahun jujur sangat merasa tertantang untuk menulis banyak hal disini, u know what ? Rasanya aku akan muda terus disini hahaha, atleast feel younger lah ya haha, itu makanya aku bilang penulis akan awet muda bersama Opini ID, karena lu akan memikirkan tema-tema remaja dan anak muda, lu akan berusaha melihat sisi muda dalam dirimu, lu akan melek akan trend remaja saat ini, bayangkan biasanya aku malas banget gabung ponakan, eh mentang-mentang sudah menulis di Opini ID mendadak aku sekarang hobi nongkrong bareng ponakan, hanya untuk sekedar menanyakan eh sekarang lagi ngetrend apa sih ? Awet mudah dijamin mah hahaha.



Profile Penulis

Uniknya, di profile bio kita bisa menampilkan link blog pribadi kita loh ini yang berbeda menurutku dari platform lainnya, tentu hal ini menguntungkan penulis ala-ala seperti aku ketika pembaca mampir pada artikel ku maka mereka juga bisa tahu aku mempunyai blog pribadi dan bisa langsung mampir by one klick !


Profile Bio Langsung Link ke Blog Pribadi

Cara Menulis di Opini ID

Kamu bisa mengakses Opini ID melalui website dan aplikasi, aku memilih mendownload aplikasinya saja karena memang lebih user friendly menurutku, tak banyak menggunakan memori dan masih sangat ringan dijalankan. Untuk membuat artikel kamu cukup klik tanda pena dipojok kanan bawah atau create topic.




Halaman Depan Opini ID

Dihalaman depan kalian akan bisa melihat tampilan yang menarik, karena opini ID ini tampilannya memang di design selebar layar gadgetmu, so kalian akan bisa melihat beberapa artikel dalam bentuk mini album, di halaman depan ini akan terlihat Editor Choice yaitu konten pilihan ala editor berupa video, dan dijamin isinya memang menarik, kemudian di baris kedua ada FRESH dan ini adalah tampilan artikel-artikel yang baru tayang. Di bagian bawah akan tampak sub menu Home, Topic, Search, dan Menu yang berisi menu Fresh, Popular dan Program lain yang ada di Opini ID.



Notifikasi

Notifikasi juga sudah pop up, sehingga ketika ada yang liked, komen dan share artikel mu maka akan langsung kita ketahui, hanya saja untuk share artikel kita tak bisa tahu siapa yang share meski itu sudah menjadi teman mu di Opini ID hanya tertulis guest (tamu), lain hal kalau like dan komen kita bisa mengetahui siapa yang memberikannya.

Notifikasi Opini ID pop up


Share Artikel

Artikel bisa kamu share secara langsung ke Facebook, twitter dan whatsapp. Selama pengalaman saya yang masih susah di share hanya melalui twitter, kalau via FB dan Whatsapp berjalan lancar. Selain itu kamu bisa Copyurl artikel untuk share ke banyak komunitas, harapanku bisa ditambah satu tombol share lagi ke google plus, hal ini biar lengkap sesuai keinginan Opini ID yang membantu penulis ngetop di blog pribadinya.




Asyiknya Menulis di Opini ID

Seriously menulis di Opini ID ini membuat candu, ini karena memberikan pengalaman yang berbeda. Aku menulis ga suka ngedraft, nah Opini ID ini cocok banget buat yang suka menulis dengan to the point, yang nga suka panjang lebar dijamin suka dengan konsep yang di tawarkan Opini ID.

- Membaca Dengan Metode Baca Swipe

Opini ID hadir untuk anak muda, untuk generasi millineal dengan segala kecanggihan gadget dan mengajak pembaca untuk menggeser setiap halaman, diawal artikel ada petunjuk gambar tangan swipe to Navigate, so cukup geser untuk menghabiskan bacaan kalian ya




- Artikel seperti Mini Buku

Disini kita menulis dalam bentuk halaman-halaman dan setiap halaman bisa kita berikan poto atau video atau tanpa keduanya. Per halaman hanya bisa 500 character saja, so kamu diajak menulis kreatif nan menarik bila sudah mentok satu halaman kalian create next page.



- Cover Artikel

Karena seperti buku maka selayaknya buku ada cover donk ya, nah gunakan poto yang dianjurkan yaitu 512x800 pixels lalu tuliskan judulnya, untuk judl di batasi 40 character saja, dan ini akan memaksamu untuk memberikan judul yang kreatif nan menarik!



- Halaman Awal

Pada halaman pertama kalian harus mendiskripsikan mengenai judul artikelnya dan untuk ini dibatasi  500 character saja, selanjutnya bila ada hal yang ingin di tuliskan maka kalian cukup klik tanda + sebagai arti untuk menambah halaman, dan kita akan diberi 3 pilihan for this next page.



- 3 Pilihan Cara Menulis Untuk Halaman Berikutnya

Nah serunya disini nih genks, ketika mau menambah halaman maka Opini ID menawarkan 3 pilihan yaitu :


A. Voice Your Opinion

Ini adalah bentuk lain kamu menulis ala quote gitu, so kamu mungkin bisa mengakhiri artikel mu dengan quote menarik dan tampilannya juga keren, for next mungkin pihak Opini ID bisa membuat pilihan background ya seperti facebook gitu hehe

Make your quote


B. CREATE ARTIKEL

Pilihan ini untuk kamu yang ingin menambahkan poin dalam tulisan mu, bisa diberi poto or video, oh iya videonya sampai saat ini masih dalam bentuk link youtube ya, lalu tulis sebanyak 500 character saja, dan tak ada batasan jumlah halaman loh, nah ini sepertinya juga boleh dibatasi ya biar gak pengen klik next page mulu nih min hehe



C. Ask The Crowd

Next page juga bisa kamu berikan dengan ala-ala survei gitu, atau sistem polling, misal kamu menulis d3 vs s1, nah mungkin kamu boleh buat polling pembaca lebih pilih yang mana, seru kan !



- Share Bisa Per Halaman

Kelebihan lainnya menurutku adalah dalam me share artikel, karena di Opini kita menulis dalam bentuk halaman maka kita bisa menshare hanya satu halaman dari sekian banyak halaman, ya anggap lu hanya tertarik pada satu poin nah lu cukup share poin itu saja, tanpa harus menshare hal lain yang lu anggap gak penting.

Yang dilingkari merah menunjukkan yang dishare hanya salah satu poin yang aku tulis


- Teman Mu Bisa Memberikan Tambahan Artikel

Keunikan lainnya yang aku rasakan adalah ketika aku membaca sebuah artikel teman di Opini ID lalu aku merasa perlu memberikan masukan maka aku bisa loh langsung menambahkan sebuah ulasan dihalaman berikutnya. Atau hanya sekedar menambahkan quote dan polling, jadi bukan hanya sekedar berkomentar tapi langsung menambah poin pada artikel mu. Ehm..untuk hal ini aku merasa kurang sreg, bagaimana kalo yang ditambahkan justru merusak artikel kita ? Mungkin sebaiknya harus ada mekanisme nya ya, buat teman yang ingin menambahkan sistemnya harus dimoderasi terlebih dahulu, so artikel tambahan itu muncul bila ada persetujuan dari kita.


- Follow dan Follower

Sama dengan sosial media lainnya, di Opini juga kita perlu bersosialisasi so follow akun teman mu dan kumpulkan follower mu sebanyak-banyaknya.

Follower ku masih dikit hehe

Dan sampai hari ini aku membutuhkan fitur edit, dan belum diberikan nih, ayo donk Opini ID kasih fitur edit, karena terkadang salah ketik itu mengganggu banget, solusinya saat ini lu terpaksa hapus and create the new one, hufft !

Opini ID saat ini terus melakukan inovasi dan team tak menutup kemungkinan untuk pengembangan lebih lanjut, kalian boleh mencoba menulis di Opini ID dan bila ingin memberikan masukan akan sangat didengar oleh tim Opini ID, hal ini sudah aku buktikan, ketika aku memberikan masukan agar ketika artikel kita dishare username kita dimunculkan and it happened guys ! Selama masukan lu bertujuan untuk pengembangan aku yakin bakalan direspon deh.

Tuh sudah ada created by me kan hehe


So far i really enjoyed this opini id, yang saya sayangkan Opini Id hadir disaat blogger sudah menjadi mata pencaharian, beda dengan kompasiana yang hadir awal pada tahun 2008 dimana memang sebagai platform untuk menampung warga yang ingin menulis apapun. Pada tahun 2008 semua orang menulis karena memang suka, karena memang ingin menyampaikan sesuatu sehingga jauh banget dari motif duit. Hal ini sudah jauh berbeda dengan kondisi saat ini, dimana blogger bisa menghasilkan uang dari tulisannya, banyak brand juga yang langsung menghubungi blogger untuk sebuah job menarik.

Jadi maksud saya Opini Id harus memikirkan sebuah cara bagaimana menarik orang untuk mau menulis disana, bisa membuat reward atau sistem apalah yang membuat orang mau menulis disana. Pengalaman saya ber kompasiana, saat inipun orang mulai malas menulis disana karena tidak mendapatkan apa-apa, karena itu pula kompasiana melakukan perbaikan dengan memberikan reward terhadap member teraktif, artikel yang banyak dibaca atau selalu mengadakan event dengan hadiah yang menarik para penulis.

Yuk yang mau awet muda nulisnya di Opini ID ya !

#Salamdariakuyangpernahmuda






When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.