-->

Mayapada Hospital Ajak Kaum Hawa Deteksi Dini Kanker Servicks

Hai Ladies,

Kali ini aku mau share tentang cara mengenali gejala kanker servicks, ihhh seram! Beberapa hari lalu aku berkesempatan hadir di sebuah acara ngobrol santai tapi serius eh serius tapi santai dan cukup membuat aku semakin sadar betapa bahaya kanker servicks ini memang masih menjadi teman berbahaya bagi setiap perempuan. Dalam  acara kali ini hadir sebagai pakar kesehatan adalah dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG, Ibu elly Sumbangsih seorang Survivor Cancer dan Hijab Blogger Mbak Annisa N Nugraha (Chacataib) dan mereka dengan senang hati berbagi kisah mereka mengenai bagaimana mencegah Kanker Servicks sedini mungkin.



Pertemuan yang di gagas oleh Mayapada Hospital ini sangat menambah wawasan bagi ku. Aku pribadi pada akhirnya setelah 4 tahun pernikahan baru berani melakukan Pap Smear tahun lalu, alhamdulillah hasilnya normal. Namun aku baru paham ternyata hasil Pap Smear yang normal seharusnya ditindak lanjut dengan melakukan vaksin HPV. Yah sudah berarti agenda tahun depan nih melakukan Pap Smear Ulang dan sekaligus vaksin HPV. Memang tak murah namun rasanya kesehatan adalah hal utama bagi semua orang karena nya aku menjadikan Vaksin HPV sebagai salah satu resolusi ku.

Apalagi menurut dr. Yuslam bahwa kanker servicks ini sebenarnya tak mematikan bila kita bisa mengetahui sejak dini, sayangnya masih banyak perempuan yang tak memahami alarm tubuhnya sehingga kebanyakan pasien yang datang sudah dalam kondisi stadium lanjut yang pada akhirnya kanker sudah menjalar ke organ tubuh lainnya.


Bahkan aku juga baru paham nih bahwa semakin cepat seseorang menstruasi maka itu menunjukkan kesehatan reproduksi nya baik, dan ternyata selama ini aku salah juga telah mempercayai mitos yang bilang kalau cepat dapat menstruasi maka cepat pula menopause. Dan sebaik-baiknya memang sebelum mens anak-anak perempuan sudah diberikan vaksin HPV, semula Pemprov DKI Jakarta sudah mengagendakan akan memberikan vaksin HPV secara gratis di sekolah-sekolah, namun tampaknya usaha ini masih sebatas wacana saja. Dokter Yulsam juga sangat berharap agar vaksin HPV bisa di subsidi pemerintah, bukan tanpa sebab karena kasus kanker servick setiap tahun mengalami peningkatan, bahkan salah satu pasien Dokter Yuslam yang menderita kanker Servicks adalah anak berusia 16 tahun, hiks.

Selain kehadiran ahli medis malam itu juga hadir Ibu Elly yang menderita Kanker Servicks stadium 1B, saat ini beliau sedang menjalani kemoterapi dan dengan bersemangat beliau bercerita bagaimana dia harus selalu berpikir positif untuk menerima keadaannya dan karena semangat hidup adalah kunci sukses untuk menyembuhkan kanker. Sedangkan kehadiran selebgram Chachataib juga sharing pengalamannya yang sangat peduli terhadap kanker servicks, mempunyai mertua yang sudha meninggal karena penyakit ini membuat Chaca semakin waspada karenanya Chaca rutin melakukan Pap Smear dan menjaga pola hidup sehat.

Seru nya lagi sepanjang acara semua blogger yang bertanya di beri hadiah berupa merchandise bahkan ada 2 blogger yang beruntung mendapatkan vocher belanja karena engagement sosial media nya bagus selama acara berlangsung.



So ladies aku akan sharing hasil pertemuan malam itu, apa itu Kanker Servicks, bagaimana gejala awalnya sampai cara mencegahnya let's talks ladies.


Apa Itu Kanker Servicks ?


Sebelum membahas lebih rinci, sebaiknya kita pahami dulu apa sih yang disebut kanker ? Kanker itu adalah penyakit tumor ganas yang bisa menyebar ke organ lain dan mengakibatkan kematian. Dan ketika seseorang sudah terkena kanker maka yang kita usahakan adalah memperlambat pertumbuhan kanker tersebut dan mempertahankan kondisi kanker tak menjalar kemana-mana dengan sebuah semangat optimis adalah salah satu kunci sukses untuk memperpanjang usia.

Dalam kesempatan kali ini hadir dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG beliau menjelaskan bahwa servicks adalah leher rahim, dan organ ini terletak dibawah uterus yang menghubungkan vagina dan rahim. So leher rahim itu berbeda ya dengan rahim. Kanker servicks adalah kanker yang menyerang leher rahim yang ditularkan melalui hubungan seksual melalui infeksi virus HPV atau Human Pappiloma. Kanker servicks juga bukan merupakan kanker yang bisa diturunkan berbeda dengan kanker lain yang memang bisa diturunkan secara genetik. Virus HPV ini banyak tipe nya lebih dari 100 tipe namun yang bisa menginfeksi leher rahim adalah HPV 16 dan 18. HPV ini bentuknya semacam kutil berbentuk seperti bunga kol, suka menempel di kulit kelamin.


Info Detail Pap Smear baca disini : Pap Smear itu Enggak Sakit Kok

Gejala Kanker Servicks

  1. Adanya Pendarahan abnormal, yang dimaksud adalah terjadi pendarahan selesai berhubungan, sudah menopause tapi masih mengalami pendarahan dan adanya pendarahan di luar jadwal menstruasi.
  2. Kelainan pada vagina, kelainan yang umum terjadi adalah keputihan. Dari pengalaman dari Bu Elly beliau mengalami keputihan tidak berbau dan tidak berwarna namun dalam jumlah yang sangat banyak sampai membuat beliau harus menggunakan pembalut. Karenanya ladies sebaiknya jangan abaikan keputihan ya pasang alarm diri untuk selalu waspada. Apalagi bila keputihan sudah membuat gatal , tercium aroma tak sedap dan selalu keluar meski bukan disebabkan perubahan hormon menjelang haid.
  3. Selain itu ladies harus curiga juga kalau kerap mengalami linu di pinggang dan di kaki ya, ternyata virus HPV sering menggerogoti kedua organ tersebut.

Penyebab Kanker Servicks

Kanker servicks disebabkan adanya infeksi virus HPV dan infeksi ini menyerang melalui kegiatan seksual baik melalui vaginal,oral maupun anal. Teman blogger ada yang bertanya kepada Dokter Yuslam apakah ada kemungkinan virus ini ditularkan tanpa hubungan seksual ? Jawaban beliau adalah TIDAK, artinya virus ini ditularkan melalui hubungan seksual intercourse jadi memang melalui alat kelamin.

Nah adapun faktor lain yang bisa jadi faktor penyebab terkena kanker servicks adalah sebagai berikut :
  1. Aktivitas seksual tidak sehat, berganti-ganti pasangan memperbesar kemungkinan infeksi  virus  HPV bisa terjadi.
  2.  Menikah usia muda
  3.  Pencucian vagina yang tidak bersih
  4.  Merokok dan stres
Ke empat hal diatas bisa membuat infeksi virus HPV ke organ intim karenanya ladies harus menghindarinya.

Pap Smear Langkah Awal Mencegah Kanker Servicks

Seriuosly kanker servicks kasusnya ada banyak bahkan 20 ribu kasus menyebabkan kematian pada wanita. Karena nya kalau ladies peduli maka berusahalah mencegah nya, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sebagai langkah awal maka deteksi dini kanker servicks melalui pap smear adalah langkah awal yang perlu ladies lakukan. Pap smear saat ini bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, dan unit kesehatan lainnya. Mayapada Hospital adalah salah satu rumah sakit yang memberikan paket-paket pap smear dengan harga yang bisa di jangkau. Dan terkadang pemerintah juga mengadakan kerja sama dengan klinik kesehatan untuk memberi pap smear gratis, nah buat ladies yang ada BPJS bisa banget cari-cari info pap smear gratis nya ya.

Pap smear adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendeteksi dini kanker servicks dan dilakukan pada perempuan yang sudah melakukan hubungan seksual, sementara untuk perempuan yang belum melakukan hubungan seksual kegiatan ini tidak bisa dilakukan. Proses Pap smear ini dilakukan untuk melihat apakah ada sel-sel kanker di leher rahim dan vagina. Proses pap smear ada yang sederhana yaitu dengan mencolekkan asam laktat pada mulut rahim, bila ada perubahan warna maka kita harus waspada. Namun cara ini meski mudah tapi hasilnya kurang akurat. Karena nya sebaiknya ladies melakukan pap smear dengan mengambil cairan langsung di area leher rahim, bahkan saat ini ada pap smear yang langsung mengecek sel kanker dan DNA, boleh loh kalian ke Mayapada Hospital untuk mengetahui detail promo-promo terkait pap smear ini.

Apakah cukup dengan pap smear ?

Ternyata tidak ladies, supaya semakin aman sebaiknya bila hasil pap smear nya normal segera tindak lanjut dengan melakukan vaksin HPV. Vaksin HPV ini diberikan sebanyak 3x dalam rentang 6 bulan, dan waktu pelaksanaannya harus sesuai jadwal ya supaya vaksin nya bekerja dengan baik.


8 Cara Mencegah Kanker Servicks 

Kanker servicks bisa disembuhkan, asal kita bisa mengetahui sejak awal. Untuk mengetahui gejala sejak awal maka sebaiknya lakukan pencegahan, ladies bisa mencegah infeksi virus HPV dengan langkah berikut :

  1. Hindari menikah usia muda, menikah lah ketika organ reproduksi sudah benar-benar siap ( diatas 18 tahun)
  2. Menjaga kebersihan vagina, hal ini sepele namun penting, usahakan mengganti celana dalam minimal 2 x dalam sehari
  3. Jangan berganti-ganti pasangan
  4. Menjalankan pola hidup sehat
  5. Tidak merokok
  6. Gunakan pantyliner saat menstruasi saja
  7. Rutin melakukan Pap Smear sesuai anjuran dokter
  8. Vaksin HPV
Baca Artikel Cara Jitu Merawat Miss V disini

Nah itu dia ladies rangkuman acara bersama Maya Hospital, dan terima kasih untuk semua nara sumber yang sudah memberikan wawasan baru bagi para blogger, sampai ketemu di tulisan berikutnya !




Website Mayapada Hospital 
Facebook 
Instagram 
Twitter 






When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.