20180103

5 Komunitas Blogger yang Bisa Kasih Job Keren !

Hobi menulis sih sudah lama, namun menjadi blogger baru 2 tahun ini mulais erius aku jalani. Seriusnya bagaimana sih li ? Yah update blog lah. Cari ide nya susah enggak sih ? Semula susah karena aku berharap semua ide itu harus keluar dari isi kepalaku, namun begitu mengetahui banyak komunitas Blogger yang bisa memberikan berbagai ide menulis maka menulis itu semakin gampang. Tinggal lu nya saja mau enggak ikutan job yang di tawarkan.


Prinsip Menerima Job

Aku sih enggak pakai filosofi dan prinsip apapun, selagi aku pernah tahu atau tertarik terhadap tema nya maka aku biasanya ikutan ngantri mendaftar untuk kebagian job. Fee nya pun relatif, yang pasti kalau teman ya sudahlah ikutan saja, update satu post terbaru juga sudah nilai plus. Kalau dari brand ternama ya bolehlah kita minta tarif yang sesuai pula.

Pengalaman dua tahun ini, membuat aku berani melist 5(lima) komunitas yang asyik banget dan bisa kasih kalian job dengan fee yang yahud pula, check it out genks.






  • Blogger Perempuan (BP)
Bukan komunitas pertama yang aku ikuti, namun pada akhirnya aku harus mengakui dari banyak komunitas yang aku ikuti komunitas Blogger Perempuan (BP) ini adalah komunitas terbaik di mata ku. Selain sudah merupakan perusahaan, para admin juga sangat professional, Mbak Shinta Ries adalah Founder group BP. Kita mendaftar job menggunakan form online dan akan tertutup otomatis bila kuota sudah terpenuhi, so selagi masih bisa isi form maka harapan itu ada ladies! Semua job di beri lewat e-mail dengan detail yang baik, bahkan terkadang Q&A sudah dilampirkan, so no need contact lagi sama admin nya. Dari detail job sampai fee semuanya jelas dari awal. Dan selama ini kalau ada penundaan pembayaran, biasanya sebelum kita tanya sudah ada email pemberitahuan nya. Rate card yang di tawarkan pun cukup adil dan jujur kadang diatas ekspektasi ku. Bayangkan kalau admin kasih info ada job biasanya dalam waktu lima menit kuota nya langsung ludes, ganas kan ya ? Nah buat kalian yang ingin bergabung dengan komunitas ini bisa banget klik join disini atau mau belajar banyak tentang ngeblog, silahkan join di WAG nya ya. Dan bukan hanya blog saja, BP juga sering banget kasih job yang hanya menggunakan Instagram maupun twitter so yakinkan followermu bejibun deh !



  • Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Komunitas satu ini khas emak-emak banget deh hehe. Foundernya Mbak Mira Sahid merupakan perempuan hebat deh, bayangkan aku sampai kagum loh karena beliau bisa engkol motor loh hahaha (nyalain motor enggak pakai stater). KEB adalah komunitas yang pertama aku join setelah punya blog ini. Bergabung disini setiap member nya harus memperkenalkan diri, aku sempat dagdigdug deh hehe. KEB juga sering memberi job yang berhubungan dengan tema keluarga dan masalah Fee dan kewajiban juga OK. Koordinasi job biasanya melalui grup facebook atau WA. Admin nya paham betul deh ngadepin emak-emak rempong kek eike. Yang nerima job kadang sambil ngerjain urusan kantor atau sedang mencuci baju hehe. Berbeda dengan BP, KEB membuka pendaftaran job melalui komen di thread job nya, dan akan di seleksi oleh klien biasanya, makanya kadang mak min KEB rada enggak tega hati kalau ada kesan yang kepilih itu lagi-itu lagi. Tapi enggak osah baper mak, namanya rezeqi itu cuman nunggu momen aja kok. Buat yang penasaran serempong apa mak min ngadepin member nya silahkan join disini ya



  • BloggerCrony Community (BCC)
Foundernya mbak Wardah sering disapa dengan Wawa, beliau berdua suami nya menjalankan komunitas ini eh kalau enggak salah ada team lain yang ikutan membantu. Secara program BCC ini jelas banget ingin mengajak para Blogger bukan sekedar mencari uang tapi juga bagaimana bisa berbagi. Semula aku cukup kerepotan kalao mengikuti pendaftaran job via BCC karena harus mengirim email, namun belakangan cara nya sudah lebih simpel dengan cukup komen di thread nya saja. Untuk pemilihan member yang berhak atas job terhitung ketat bukan karena pilih-pilih tetapi karena untuk sasaran yang tepat atau untuk pemerataan, so bukan lu lagi lu lagi deh hehe. Tentang fee ? so far so good dan sepertinya proses pembayaran termasuk cepat loh, pokoknya lu rajin setor kewajiban maka hak lu akan dikirim juga deh. Dan Mbak wawa juga suka memberi kesempatan bagi member yang tidak terpilih namun ingin meramaikan event diperbolehkan dan enggak sia-sia kok bisa dapet macam-macam hadiah lah. Yang ingin menjadi member disini yakinkan dulu blog kamu ada isinya, dan sosial media kamu memang aktif ya.

Teh Ani Berta memang sudah punya nama di dunia blogging, aku yakin kalian pasti mengenalnya bukan ? Nah yang aku tahu nih beliaulah yang berada di balik ISB ini dan sejauh ini job dari ISB kebanyakan weekday so aku jarang banget bisa ikutan job ISB. Namun begitu beberapa kali aku mendapatkan job dari komunitas ISB dan selalu suka karena kebetulan tema-tema nya pas saja dengan kebutuhanku. 

Komunitas ini juga masih baru dan founder nya Bunda Elisa Koraag, disini lebih mengutamakan kekompakan dan seringnya dapat job tentang kesehatan nah kalo kalian suka jalan-jalan maka komunitas ini bisa banget dijadikan handalan karena buncha selalu punya cara membuat liburan ini menjadi ringan.

Kalao kalian newbie dan mencoba ingin memperkaya blog dengan berbagai tema maka kalian bisa langsung join dengan komunitas diatas. Urutan tak menentukan prestasi , so jangan berpaku berdasarkan tulisan ini karena ini adalah murni pengalaman pribadi dan bisa jadi setahun lagi akan ada komunitas yang bisa kita bahas lagi ...




26 comments:

  1. Lima komunitas itu emang keren keren bangeet. Aku ikut kelima limanya mbaa :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah beberapa komunitas di atas aku ikuti. Yang penting banyak hal bermanfaat, banyak teman dan ilmu yang didapat. Soal dapat fee itu bonus dari Allah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu aku beranggapan gitu bonus, tap sekarang sepertinya memang sdh jd lahan penambahan income hehe

      Delete
  3. Alhamdulillah, saya sudah gabung ke semua komunitas ini.
    Semua yang ada di artikel ini :) beneran loooh

    ReplyDelete
  4. Komunitas yg bantu bgd emak2 yg berburu sangu kuliah. Sukses selalu bwt kelima komunitas di atas. Amin 😀

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah saya juga kecipratan rezeki job dari komunitas di atas. semoga makin sukses dan solid komunitasnya, aamiin.

    ReplyDelete
  6. saya baru gabung sama 3 komunitas yg disebutin

    ReplyDelete
  7. Alhamdulilah aku udah bergabung di grup Blogger Perempuan dan Kumpulan Emak2 Blogger. Terimakasih sharingnya kak.

    ReplyDelete
  8. Komunitas bukan hanya bisa jadi sumber rejeki tapi bisa jadi silaturahmi.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya mbak. Untuk saat ini saya baru gabung di Blogger Perempuan. Semoga ke depannya bisa gabung dengan komunitas blog lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk mbak biar makin banyak warna hehe

      Delete
  10. Ane ikut satu wag. Kalau sosmed mah udah semua like. Happy, rezeki , silahturahmi dan belajar

    ReplyDelete
  11. Walopun blogku belum terlalu dimonetize, sempat dapat rezeki juga dari beberapa komunitas yang disebut mba Uli di atas. :) Dan yang paling seneng jadi nambah teman dan kenalan baru di komunitas.. :)

    ReplyDelete
  12. yang paling penting juga bisa sharing kalau ada masalah dunia blog

    ReplyDelete
  13. Sudah ikut beberapa komunitas yang disebutkan Mba Uli diatas :)
    Tapi belum ikut WAG nih mba. Caranya bagaimana ya? hihihi

    ReplyDelete
  14. Mantep, aku ikut BP, KEB, ISB dan BCC

    ReplyDelete
  15. Semua komunitas yang ditulis di sini digawangi perempuan. Emak power! :D

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita