GoldFaber Pencils Workshop Ajarkan Teknik Mewarnai Ala Profesional - Ulihape.com

GoldFaber Pencils Workshop Ajarkan Teknik Mewarnai Ala Profesional

Faber Castell adalah brand terbesar dan tertua di dunia untuk kebutuhan alat tulis. Bisa dilihat di kemasan produk ini sudah ada sejak tahun 1761 dan masih eksis sampai saat ini. Sebagai wujud nyata komitmen dari Faber Castell yang ingin dekat dengan konsumen di Indonesia maka pada pertengahan tahun lalu (Mei 2017) Faber Castell membuka store di Plaza Senayan Jakarta.



Siapa yang tak suka mewarnai ? Rasanya semua orang suka, namun sudahkah anda menggunakan teknik yang benar dalam mewarnai? Hah? Emang untuk urusan mewarnai ada cara nya ? Yup! Akupun semula berpikir bahwa selama ini bila sukses mewarnai tanpa keluar garis itu sudah sempurna! Ternyata aku salah. Lucky me guys akhirnya setelah sempat gagal ikutan visit ke Pabrik nya di Bitung beberapa waktu lalu, akhirnya diberi kesempatan juga bersama Komunitas Emak Blogger (KEB) untuk mengikuti workshop mewarnai bersama Faber Castell.

KEBxFaberCastell


Faber Castell memang sudah mempunyai pasar istimewa di dunia, bagi ku pribadi sejak kecil sudah sangat familiar dengan kotak or kaleng merah wadah pensil warna Faber Castell, hingga kini anak-anakku pun menggunakan produk yang sama. Faber Castell sudah ada sejak ratusan tahun lalu, hadir menjadi pionir dalam pensil warna dan kemudian berkembang untuk alat tulis berkualitas.

Melalui workshop ini akupun akhirnya bisa melihat langsung gerai nya, dan we o we (WOW) semuanya ada guys, bukan hanya pensil warna yang biasa kita lihat, namun produk lainnya yang untuk pertama kalinya aku lihat ada disana. Gerai ini menyediakan produk yang langsung dari negara asalnya yaitu Jerman, pokoknya yang suka design, gambar atau sekedar menyalurkan hobi mewarnai wajib banget kesini, kalian bisa jadi menemukan apa yang kalian inginkan untuk menjadi lebih profesional.

Gold Faber Pencils Workshop

Sabtu, 24 Maret aku dan kedua anakku berangkat ke Jakarta, tujuannya adalah mengikuti workshop mewarnai bersama KEB dan Faber Castell. Kami akan mencoba mewarnai dengan produk terbaru Faber Castell yaitu series GoldFaber Classic. Sesampainya di lokasi tidak berapa lama kemudian acara pun langsung dimulai. Mas Andri Kurniawan selaku Public Relations Faber Castell membuka acara dan langsung membagikan new product Goldfaber 12 beserta kertas yang sudah ada gambarnya. Kemudian setelahnya Ibu Fransiska Remila selaku Brand Manager Faber Castell Indonesia memberikan materi kepada para emak peserta workshop, dan kita semua jadi paham bahwa target pasar dari Faber Castell ini adalah semua kalangan bukan hanya anak-anak loh. Aku pun akhirnya baru tahu juga kalau ternyata produk Faber Castell bukan hanya sebatas pensil warna melainkan banyak alat tulis berkualitas lainnya dan jujur aku naksir exclusive pen edisi kulit yang di pajang di depan hehe.

Ibu Fransiska Remila

Kalau selama ini kita sangat familiar dengan Faber Castell berwadah merah maka itu memang yang dipasarkan di Indonesia, kemudian seiring waktunya banyak profesi seni membutuhkan produk lain dari Faber Castell sehingga bila kita menjumpai wadah faber Castell yang berwarna biru dan hijau botol itu menandakan produk import asli dari Jerman. Ibu Fransiska juga menjelaskan bahwa Faber Castell merah diperuntukkan bagi pemula seperti anak-anak sehingga dari sisi biaya juga sangat terjangkau, yang warna biru untuk yang punya hobi mewarnai atau melukis sedangkan kualitas terbaik ada pada Faber Castell berwarna hijau botol. See ? Faber Castell berusaha hadir untuk semua kalangan.


Meski terdapat berbagai grade pada produknya, Faber Castell menjamin semua produk hadir dengan kualitas terbaik di kelasnya. Aku saja sangat puas kok selama ini menggunakan pensil warna yang standard, lalu karena semua emak diberi satu set produk anyar Goldfaber 12 yang wadah nya biru, iya sih baru bisa membedakannya bahwa yang Goldfaber much better dari yang merah, ehmm gimana coba kalau menggunakan yang wadah hijau botol ? Absolutely much much more better lah ya.

Creative Studio New Product

Faber Castell memperkenalkan produk barunya yang diperuntukkan untuk orang-orang yang hobi menggambar, tentunya bukan pemula tapi lebih kepada orang-orang yang suka belajar untuk menghasilkan kreativitas tanpa batas jadi bisa siapa saja dengan berbagai rentang usia dan profesi. Produk ini di import dari Jerman dan hadir dengan beberapa pilihan yaitu :

  • Goldfaber : ini adalah pensil warna yang digunakan para peserta workshop dan semua emak bahagia karena diperbolehkan memilikinya hehe. Memang kerasa berbeda dengan yang standard. Pensilnya terasa lebih lembut, kemudian warnanya juga  lebih terang serta dijamin tahan lama, dan aku sudah mencoba menuangkan air diatas kertas dan hasilnya warnanya tidak luntur, keren! 
  • Goldfaber Aqua : ini adalah pensil warna yang bisa menjadi cat air, dan dari review orang-orang semuanya sangat menyukai nya karena warna yang dihasilkan memang bagus dan tahan lama, ya iyalah soalnya memang dirancang dengan penelitian dan inovasi teknologi terbaik dari Faber Castell.
  • Goldfaber Graphite Pencils : ini adalah pensil berwarna hitam dan turunannya, cocok untuk membuat sktesa dan menggambar lay out bangunan, perbedaan warna hitamnya ada lebih dari 10 level loh kebayang ga tuh hehe.
Selain ketiga product tadi buat yang suka membuat sktesa juga disediakan pensil set khusus untuk sketch yaitu Goldfaber Sketch Set, semua produk baru ini sudah diuji ketahanan warnanya, dengan pensil yang lembut akan memudahkan penggunanya untuk terus berkarya.


Setelah kami dicekoki tentang produk-produk hebat Faber Castell, akhirnya kami sampai ke inti acara yaitu belajar mewarnai bersama ahlinya, this it Mr Rizal, beliau adalah Creative Development Faber Castell yang akan mengarahkan emak-emak dalam mewarnai kali ini. Aku sempat ngobrol dengan mas Rizal bahwa teknik mewarnai itu tergantung dengan jenis alat yang digunakan, jadi misal menggunakan pastel (crayon) dengan pensil warna maka teknik nya juga berbeda. Aku jadi keingat bahwa Faber Castell memiliki connector pen yang warna-warni dengan wadah yang bisa kita bentuk-bentuk mirip lego begitu deh, nah kalau menggunakan connector pen teknik mewarnai nya juga beda loh. Kali ini para emak pun diajarkan teknik mewarnai menggunakan pensil warna. Ternyata bukan hanya sekedar menggoreskan pensil hehe, kami diberikan teknik mengarsir dan ternyata banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menghadirkan warna yang baik. Salah satu aspek yang penting adalah menentukan posisi pencahayaan. Nah kalo photography punya ilmu pencahayaan ternyata dalam mewarnai juga kita diajarkan teknik membuat cahaya, dan rasanya workshop kali ini bisa membuat emak makin memiliki kreativitas tinggi hehe.

3 Teknik mengarsir dengan menggunakan pensil warna ala mas Rizal :

  • Blending, ini adalah mencampurkan dua warna dengan cara mengarsir seperti yang sudah biasa aku lakukan. Namun tidak sembarangan, pertama kalian harus memberi warna yang muda baru kemudian timpa dengan warna tua lalu di blend. 
    sumber https://hh4v3n.deviantart.com/art/Blending-pencils
  • Hatching ini merupakan teknik arsiran dengan membuat garis sejajar secara berurut, nah ini gaya biasa kita nih kalo mewarnai semuanya cuman menggoreskan pensil warna searah saja dan ternyata makin rapat makin bagus loh. 
    Sumber https://johnmuirlaws.com/hatching-and-crosshatching-technique/
  • Cros Hatching, teknik ini membuat garis juga namun saling bertumpuk sehingga tampak garis seperti saling menyilang. Menurut mas Rizal teknik ini sering digunakan untuk mewarnai tubuh manusia, aha jadi ngeh pas lihat beberapa majalah dibagian tangan sketsa manusia bentuknya garis-garis silang gitu. 
    sumber https://johnmuirlaws.com/hatching-and-crosshatching-technique/
Mungkin masih banyak teknik nya tapi kali ini kami baru diajarin tiga teknik itu saja dan ini juga sudah membuat emak takjub haha. Ajaib! Kali ini aku merasa berbeda, aku melihat hasil mewarnai ku jauh lebih bagus dari selama ini yang monoton hanya mengarsir, kali ini aku mencoba teknik cross hatching dan hasilnya lebih nyata dan tidak monoton. 

mine :)


Sebelum mengikuti workshop ini aku pribadi memang suka mewarnai, aku menjadikan kegiatan mewarnai ini sebagai media untuk merelease kepenatan ku, sama dengan bernyanyi meski suara tak merdu namun selepas menyanyi aku merasa jauh lebih rileks, pun begitu dengan mewarnai.


Acara pun selesai ketika semua emak berhasil mewarnai gambarnya, semuanya mendapat ilmu dan tentu saja goodiebag keren dari Faber Castell. Dan enggak disangka Kanda mendapatkan apa yang diinginkan yaitu produk terbaru untuk anak yaitu Colour By Number - 3D Art, didalam nya ada 6 connector pen kemudian ada gambar yang harus diwarnai dengan petunjuk yang sudah ditentukan, bila sudah selesai diberi warna kita gunakan kacamata 3D yang ada di dalam kemasan dan gambar pun seolah hidup loh.





Mewarnai tentu saja bukan sekedar memberi warna, kita tentu juga ingin hasilnya bisa memuaskan diri kita dan orang lain. Karenanya mewarnai akan semakin baik bila kita menggunakan pensil warna berkualitas dan tentunya kertas yang baik akan mendukung warna terbaik pula. Goldfaber rasanya cocok untuk emak seperti aku dan varian nya ada yang isi 12, 24, 36 dan 48. Rasanya aku akan menabung untuk membeli yang 48 colour, ehmm warnanya cakep-cakep dan lagian sudah diajari teknik ngeblend tentu aku bisa menciptakan banyak warna baru.



Kalau kalian ingin ikutan workshop bersama Faber Castell kalian boleh follow akun sosmed nya ya

Facebook https://www.facebook.com/fabercastell.creativekids/?fref=ts
Twitter https://twitter.com/FaberCastell
Instagram https://www.instagram.com/fabercastell_id/
Youtube https://www.youtube.com/user/FaberCastellGroup
website http://www.faber-castell.co.id/

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.