20180418

Aplikasi Berbagi Sharing Happiness Rumah Zakat

Rumah Zakat tahun 2018 berniat meluncurkan Aplikasi Sharing Happiness yang bisa di download dari playstore dan saat ini selain via aplikasi kita juga bisa membuka websitenya di www.sharinghappiness.org. Sejak tahun 2016 Rumah Zakat mengajak masyarakat untuk berbagi, dan sebagai komitmen Rumah Zakat terus melakukan update website untuk kemudahan berbagi.



Nur Efendi selaku CEO Rumah Zakat menjelaskan bahwa sejak kehadiran website Sharing Happiness 3 tahun lalu akhirnya beliau menyadari bahwa Rumah Zakat telah mempunyai 217.000 donatur dan fakta lain yang membuat beliau semangat untuk meluncurkan aplikasi kemudahan berbagi adalah donasi yang diperoleh itu dalam bentuk cashless yang dilakukan melalui website sharing happiness, karenanya pada tahun 2018 Rumah Zakat akan meluncurkan aplikasinya. Uniknya lagi ternyata masyarakat Indonesia hampir 38% melakukan donasi pada momen Ramadhan. Itulah mengapa kali ini menjelang Ramadhan Rumah Zakat melakukan kembali sosialisasi mengenai update situs kemudahan berbagi Sharing Happiness.



1.234 Desa Berdaya di Tahun 2018

Sewaktu saya tiba di lokasi acara pandangan saya langsung tertuju pada sosok seorang perempuan yang duduk dengan menggunakan rompi hitam orange khas Rumah Zakat. Saya mendekati beliau dan ternyata beliau adalah Ibu Hikmah Fitria Prabandari salah satu Fasilitator Desa Berdaya. Saya banyak berbincang dengan beliau karena memang bagi saya ini adalah hal  baru. Desa Berdaya adalah  proses pemberdayaan wilayah berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan dan pendidikan. Semula Ibu Hikmah kembali ke Desa untuk sebuah tujuan mulia yaitu menjaga orang tua nya. Sempat terlintas bahwa ada perubahan gaya hidup nantinya dan beliau juga sudah memikirkan akan berbuat apa kelak di desanya. Sesampainya di Desa beliau ternyata melihat banyak potensi yang bisa digali dari warga desa. Mendatangi instansi pemerintah kerap beliau lakukan, hanya saja birokrasi administrasi sering membuatnya lambat untuk merealisasikan kegiatan bersama warga desa. Sampai akhirnya suatu hari beliau mendapat kabar bahwa Rumah Zakat mencari Fasilitator sebagai mitra dari Rumah Zakat. Melalui seleksi akhirnya sampai saat ini sejak tahun 2015 beliau menjadi Fasilitator Desa Berdaya di Desa Purworejo Kendal.



Rumah Zakat per April 2018 telah membina 1.118 Desa berdaya di 191 Kabupaten dan kota di Indonesia dan target tahun 2018 akan ada 1.234 desa yang akan di bina. Lalu bagaimana Rumah Zakat bisa melaksanakan program ini ? Tentunya ini adalah dari dana umat yang sudah disampaikan lewat aplikasi kemudahan berbagi. Terbayangkan ternyata sedekah dari anda dialokasikan dengan baik untuk pembinaan Desa Berdaya yang mempunyai tujuan untuk memperbaiki kualitas hidup individu dan komunitas masyarakat.



Bahkan Ibu Hikmah juga bercerita bahwa produk dari desanya sudah full order sampai lebaran nanti. Hal ini tentu nya merupakan rangkaian program dari Rumah Zakat dimana pada Ramadhan 1439 Hijriah tahun ini sudah mempersiapkan program istimewa sebagai bagian pemberdayaan masyarakat di Desa berdaya. Akan ada 124.000 paket Berbagi Buka puasa, 14.300 Paket Kado Lebaran Yatim, 6.200 Bingkisan Lebaran Keluarga, 8.850 Paket Syiar Qur'an dan 300  penerima manfaat program Janda Berdaya.

SHARINGHAPPINESS.ORG VERSI 3.0

Sejak diluncurkan 3 tahun lalu terjadi kenaikan sebesar 130% untuk penghimpunan dana donasi dan trend hidup menggunakan aplikasi online saat ini sedang digemari masyarakat Indonesia, karena itulah Rumah Zakat meluncurkan fitur kemudahan berbagi melalui SharingHappiness. org Ver. 3.0, harapannya tentu akan semakin banyak orang yang bisa tersentuh oleh aplikasi ini untuk berbagi. Aplikasi SharingHappiness versi 3.0 ini mengalami perbaikan pada semakin banyaknya pilihan program sosial kemanusiaan, lalu tersedia dashboard untuk melihat progres program berjalan, proses donasi bisa dilakukan kapapn saja dan dimana saja, serta dilengkapi dengan fitur wish list yang bisa digunakan user untuk menyimpan daftar program favorit nya. Dan bukan hanya itu saja ke depannya user akan bisa mengcreate juga penggalangan dana untuk hal-hal yang terjadi disekitar lingkungannya. Wah jadi keren ya dan pastinya semangat berbagi di Indonesia saya yakin sangat tinggi namun terkadang kurangnya media sarana membuat banyak orang tak tahu harus mengalokasikan nya ke siapa dan kemana.



Nah itu dia informasi keren menjelang Ramadhan, kalau kalian mau berbagi segera cek program pilihan di website sharinghappiness.org ya...

6 comments:

  1. Senang bgt ada aplikasi Sharing Happiness ini ya mbak.. Memudahkan kita untuk berbagi dan membantu sesama

    ReplyDelete
    Replies
    1. inshaallah enggak ada keraguan kalau download ya

      Delete
  2. Enak sekarang ya, mau donasi atau zakat pun nggak perlu ke mana-mana. Pake hp aja udah bisa ikutan berpahala. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul jadi enggak ada alasan lagi ragu dalam bersedekah karena bisa pantau juga program yang kita support

      Delete
  3. Memudahkan banget untuk berbagi ke seluruh pelosok ini ya

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita