20180508

Festival Ibu dan Buah Hati Tahun 2018 Persembahan Komunitas Cerita Ibu Cerdas

Festival Ibu dan Buah Hati untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Komunitas Cerita Ibu Cerdas (CIC) pada tahun ini, sementara itu Komunitas CIC sendiri sudah terbentuk sejak tahun 2017. Buat saya acaara ini sangat bagus, karena bukan hanya menyediakan kebutuhan Ibu dan Buah Hati tetapi para Ibu juga diberi banyak ilmu lewat talkshow yang diadakan.

Bekerjasama dengan Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Komunitas CIC mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kaum perempuan dan bisa mengurangi tindakan kekerasan pada anak. Acara berlangsung selama dua hari yaitu 5 dan 6 Mei 2018 berlokasi di Intermark BSD Tangerang Selatan.



Saya berkesempatan mengunjungi Festival Ibu dan Buah Hati pada hari kedua (6 Mei 2018) dan diluar dugaan saya ternyata tempatnya sangat nyaman dan ramah anak. Banyak area playground yang bisa dinikmati oleh anak, sehingga meski saya mngajak kedua buah hati saya namun terasa sangat enjoy karena mereka asyik bermain di playground. Di dalam lokasi acara ada banyak booth untuk kebutuhan Ibu dan Anak seperti Pure Baby, Happy Diapers, Milna dan beberapa stand milik artis yang melelang barang-barang mereka untuk keperluan donasi bagi Yayasan anak-anak penderita penyakit langka.

Mbak Iloet (Fairus Faisal) selaku ketua dari Komunitas CIC merasa terpanggil untuk mengajak masyarakat lebih memperhatikan kaum perempuan dimana saat ini isu kaum perempuan cukup tinggi dan terlihat banyak kepedulian banyak pihak, selain itu isu kekerasan pada anak juga masih cukup tinggi sehingga mbak Iloet ingin mengajak seluruh masyarakat agar untuk bersama-sama menggalakkan campaign "stop kekerasan pada anak".



Acara dikemas cukup menarik, hal ini terlihat dari booth-booth yang ada di Festival Ibu dan Buah Hati, ada pemeriksaan kesehatan dari RS. Muhammadiayah, kemudian PURE Baby sebagai brand produk bayi yang terkenal alami dan Free SLS sehingga merupakan produk yang aman untuk bayi dan ramah lingkungan, ada pula booth Milna pelopor makanan bayi di Indonesia, bahkan Happy Diapers brand lokal untuk popok sekali pakai (pospak) juga membuka booth nya. Selain bisa menikmati semua itu para Ibu juga diajak mengikuti Talk Show yang diadakan oleh Komunitas CIC dan semuanya free loh !


Talkshow Bersama Nakita.id

Di hari kedua kebetulan suasana masih pagi ketika saya tiba di lokasi, kebetulan saat itu sedang berlangsung Talk show bersama Nakita.id. Ehm ternyata ini adalah pengembangan dari Tabloid Nakita, mengikuti perkembangan zaman Nakita kini bertransformasi menjadi tabloid digital, so para Ibu bisa mengakses banyak hal dari Nakita.id. Dalam kesempatan ini hadir Glory Oyong sebagai Ambassador dari Nakita.id. Beliau sendiri sudah memiliki anak berusia 5 bulan. Dalam merwat anak ternyata mbak Glory senang berdiskusi dengan Ibu-ibu muda lainnya sehingga terbentuklah grup whatsapp Nakita. Pesan mbak Glory bahwa sebagai Ibu kita enggak boleh melupakan diri kita, tetap jalankan hobi yang membuat kita bahagia. karena Ibu bahagia adalah sumber keberhasilan keluarga yang bahagia.

Talkshow Bersama Prodia Women's Healt Care Center

Talk show kedua adalah bersama ibu Rini Budiyati Brand Manager dari Prodia women's Helath Care Center, sebuah tempat yang berusaha untuk selalu dekat semua permasalahan perempuan. Prodia WHCC ini fokus kepada tiga hal yang terkait langsung dengan perempuan seperti penyakit kanker yang menyerang perempuan, Kelainan pada bayi dan kesuburan wanita. Pada kali ini beliau mengajak para kaum perempuan untuk semakin peduli dengan kesehatan oragn reproduksi. Karena faktanya cukup mengejutkan bahwa di Indonesia setiap 2 jam 1 perempuan terkena Kanker Servicks atau setiap 1 detik 1 perempuan secara dunia.

Kanker Servicks adalah kanker yang masih bisa disembuhkan dan bisa di cegah karenanya kita harus rutin melakukan papsmear untuk mendeteksi penyakit ini memang masih belum harga terjangkau. Akan tetapi di puskesmas disediakan pemeriksaan gratis melalui IVA (Inspeksi Vagina melalui asam asetat). Sejauh ini penyebab kanker servicks ini adalah virus HPV yang terkontaminasi melalui hubungan seksual, tak harus intim secara oral pun bisa menularkannya. Bagi pria virus HPV ini tak menyebabkan kanker, that's why kita harus berhati-hati. Ada kemungkinan bisa terkena kanker servick karena jeleknya sanitasi tetapi hal ini masih sedikit sekali. Untuk perempuan yang sudah menikah maka setiap tahun dianjurkan melakukan papsmear dan bila hasilnya normal maka lanjutkan dengan vaksin. Sedangkan bagi remaja usia 11 tahun bisa mendapatkan vaksin sejak awal sehingga akan lebih terlindungi dari bahaya kanker servicks. Pada acara ini Prodia WHCC juga memberikan dua voucher papsmear gratis and lucky me menjadi salah  satu pemenangnya, alhamdulillah.


Talkshow Bersama Pure Baby

Semakin siang situasi Festival Ibu dan Buah hati semakin ramai, setelah melaksanakan sholat zuhur saya dan beberapa teman mengikuti talkshow yang diadakan oleh Pure Baby, dimana kali ini membahas tentang Bayi sehat Bebas Dermatitis. Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Riesa Broto Asmoro selain berprofesi sebagai dokter beliau juga seorang selebriti, selain itu hadir pula Dokter Patria Vittarini Sp.A. Kedua narasumber sepakat bahwa kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan keadaan lingkungan bisa menyebabkan perubahan pada imunitas bayi. Yang paling sepele adalah dari perlengkapan perawatan bayi. Seperti kebanyakan kita memcuci bayi menggunakan detergent yangs ama dengan orang dewasa akhirnya kulit bayi menjadi iritasi. Detergent pada umumunya mengandung SLS, yaitu zat yang membuat sesuatu menjadi lebih berbusa sementara hal itu tidak baik untuk bayi. Karenanya sebaiknya gunakanlah produk perawatan khusus bayi dan Pure Baby adalah produk bayi yang Free SLS, nah selanjutnya aku akan bahas beberapa product perawatan bayi Pure Baby

Pure Baby Produk Perawatan Bayi Free SLS

Ketika berkunjung ke booth Pure Baby sedang banyak promo buy 1 get 1 dan pastinya harganya juga lebih murah dari yang biasa. Sewaktu anak-anak masih bayi aku juga menggunakan produk Pure Baby, alasan utama aku adalah produknya Free SLS. Apa sih SLS ? Jadi pas SMA aku pernah membuat shampoo dan salah satu bahan kimia nya adalah SLS yaitu "Sodium Lauryl Sulphate", zat ini berfungsi untuk membuat busa di produk perawatan. Dan ternyata beberapa tahun terakhir banyak artikel yang membahas betapa SLS ini berbahaya bagi kulit, apalagi kalau kulit sensitif. Nah anak baru lahir pasti kulitnya masih sensistif karenanya aku menghindari pemakaian produk bayi yang mengandung busa/detergen. Dan untung lah ada Pure Baby yang menghadirkan produk perawatan bayi Free SLS.

Beberapa Produk Pure Baby yang kami gunakan adalah :


  • Sabun dan Shampoo : kulit memang tidak kesat karena memang tidak ada SLS nya namun dijamin rambut dan kulit bayi kita jauh lebih sehat loh dan ruam-ruam di kulit juga jarang terjadi selama menggunakan produk ini.Untuk shampoo wanginya juga wangi buah begitu lembut di rambut anak-anak.
  • Soothing Moisturizer Cream, nah sekarang kan pada lagi booming tuh soothing gel. Pure Baby sudah lama mengeluarkan produk ini dan ampuh banget untuk mengatasi ruam dan kulit yang kering pada bayi.
  • Inhalant Decongestant Oil, produk yang satu ini seperti produk handalan ku sampai saat ini. Kalau anak batuk flu udah deh si kecil pinguin ini ampuh banget membuat anak-anak bernafas lega. Kalau Kanda Kayama sedang flu dan hidungnya mampet aku cukup teteskan oil ini ke baju mereka maka mereka pun bisa bernafas dengan nyaman. Menjelang tidur aku cukup tetes kan di sarung bantal nya maka dijamin sepanjang malam anak tidur tetap pulas.

Happy Diapers

Salah satu booth yang ramai di kunjungi adalah Happy Diapers, meski aku sudah tidak punya anak yang menggunakan popok namun bertandang ke booth ini membuat aku ingin beli diapers lagi hihihi. Gimana enggak coba ? Motif nya keren banget dan gak monoton, warna-warna pastel nya juga membuat bahagia. Happy Diapers adalah produk lokal dimana penelitiannya dilakukan di Amerika wow! Termasuk pospak kelas premium dan bisa digunakan tanpa ganti selama delapan jam. Happy Diapers memang menarget pasar untuk para ibu zaman now yang suka melakukan travelling bersama buah hati. Saat ini Happy Diapers hanya tersedia secara online dan satu harga loh yaitu Rp. 89.000 untuk Sz S, M, L dan XL semakin gede ukurannya maka jumlahnya juga sedikit ya. Apakah ada untuk New born ? Belum ada gaes tapi tunggu saja kabarnya diakhir tahun karena bakalan ada kejutan dari Happy Diapers.

Festival Ibu dan Buah Hati ini cukup bagus namun menurut pandangan mataku sepi dari pemeberitaan sehingga pengunjung tidak mebludak, padahal disaat bersamaan Dinas Kependudukan Tangsel  juga ikut membuka booth untuk pembuatan Kartu Identitas Anak. Kebayangkan kalau event ini sampai terdengar sepenjur kota pasti bakalan datang untuk mengurus KIA hehe karena kalau urus sendiri sudah lama belum tentu gratis, tapi di Festival Ibu dan Buah Hati semuanya free.

Semoga Mbak Iloet masih akan mengadakan acara serupa di tahun depan ya, dan pasti makin seru acaranya, buat kalian yang merasa tertarik pantau terus infonya bersama Komunitas Cerita Ibu Cerdas !

No comments:

Post a Comment

Komentar mu Informasi untuk Kita