20180724

Serunya Kirab Api Obor Asian Games 2018 di Kota Solo

Selain euforia menyemangati para atlit melalui semua akun sosial media ku dimana aku ingin memberi semangat pada semua atlit Indonesia supaya jadi mandiri di negeri sendiri sehingga paling tidak kita bisa mengulang sejarah 56 tahun lalu berada di runner up. Hal lain yang selalu aku ikutin beritanya di media yaitu Kirab Api Obor Asian Games 2018. Perjalanan Api Obor Asian Games 2018 akan menempuh jarak 18.000 KM sebelum akhirnya akan berlabuh di Gelora Bung Karno pada 18 Agustu 2018 sekaligus Opening Ceremony Asian Games ke 18. Nah untuk itu sebelum sampai di GBK maka obor akan dibawa berkeliling nusantara, akan ada 54 kota yang disinggahi dalam 18 Provinsi.

Sumber Poto : www.kemenkopmk.go.id

Api Obor Asian Games ke- 18 Tahun 2018 

Setelah 15 Juli 2018 api abadi yang berasal dari India diambil dengan menangkap sinar matahari langsung kemudian api itu dimasukkan ke dalam sebuah tabung berbentuk lentera dengan bahan bakar gas, alat ini disebut dengan "Tinder Box". Kemudian api obor ini diterbangkan menuju Indonesia, selama puluhan jam berada di udara api nya tak pernah padam karena memang ada orang yang bertanggungjawab untuk memastikan obor tetap menyala. Di dalam Tinder Box ada gas yang sekali pengisian bisa bertahan untuk 10 jam, dan Tinder Box juga tidak hanya satu melainkan ada cadangannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Akhirnya pada 17 Juli 2018 Api Obor Asian Games 2018 tiba di Yogyakarta, obor diinapkan dulu di Yogyakarta untuk diarak sehingga semua warga bisa merasakan semangat Asian Games 2018. Setelah sampai di Yogya api obor abadi dari India akan dipadukan dengan api abadi asal Indonesia, tepatnya api yang bersumber dari sebuah obyek wisata di Mrapen, Grobogan Jawa Barat. Penggabungan kedua api abadi itu dilakukan di Candi Prambanan pada tanggal 18 Juli 2018 oleh Wakil Presiden kita Bapak Yusuf Kalla. Setelah itu api obor kembali melakukan perjalanan menuju kota Solo. Kirab api obor di kota Solo dilakukan pada tanggal 19- 20 Juli 2018.


Kemeriahan Kirab Api Obor di Kota Solo

Sejak pagi hari jalanan di kota Solo sudah tampak ramai, semua orang bersiap untuk menyaksikan kirab obor Asian Games 2018. Yah kapan lagi coba kita bisa merasakannya ? Asian Games diadakan setiap empat tahun sekali dan butuh 56 tahun lamanya kita menunggu sebagai tuan rumah. Karena itu semua orang harus menjadi saksi sejarah perhelatan olahraga yang diikuti 45 negara ini. Api Obor dibawa oleh para atlit maupun pejabat daerah secara estafet. Meski sempat tidak sesuai jadwal namun antusiasme masyarakat kota Solo tak surut, mereka tetap mennanti obor Asian Games tiba, akhirnya pada pukul 131.00 Wib rombongan pembawa api obor tiba di lokasi Gapuro Mahkuto Karang Asem dan obor diserahkan kepada Walikota Solo Bapak FX. Hadi Rudyatmo selanjutnya upacara seremonial pun dilangsungkan dan setelahnya secara estafet api diarak dari Kapolrestas Surakarta menuju titik kedua yaitu di gedung DPRD dan uniknya para pengikut pembawa obor ini diikuti banyak komunitas salah satunya komunitas sepeda ontel kota Solo. See ? Betapa semangat Asian Games 2018 memang didapati pada semua orang. Sampai akhirnya obor tiba dititik ke empat belas disana sudah ada pertunjukan seni tradisional reog, tarian gambyong, senam kolaborasi dan diakhir dengan do'a bersama. Pada tanggal 20 Juli 2018 api obor akan diserahkan lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi. Nah sudah cek belum apakah kirab obor akan mampir ke kota kalian ? bersiaplah menyambutnya ya prens !

Api Obor Asian Games Tiba di Solo



Bank Mandiri Meriahkan Kirab Obor Api Asian Games

Salah satu Bank yang menjadi Official Prestige Partners Asian Games 2018 adalah Bank Mandiri, bahkan salah satu titik yang dilalui kirab api obor Asian Games 2018 adalah kantor Bank Mandiri Area Solo yang berada di jalan Brigjend Slamet Riyadi. Dan untuk memeriahkan suasana bahkan Bank Mandiri mengundang Marching Band dari Universitas Negeri Solo (UNS) sepanjang menanti kirab api obor marching band menghibur warga dengan lantunan lagu-lagu semangat, bahkan 100 orang pegawai Bank Mandiri hari itu juga ikut memberi semangat dan dukungan untuk suksesnya Asian Games 2018.

100 Karyawan Bank Mandiri Memberikan Semangat

Asian Games 2018 adalah milik semua elemen, tak terkecuali Bank Mandiri sebagai salah satu Ofiicial Prestige Partner juga memberikan promo-promo menarik selama Asian Games berlangsung so kalian yang menjadi nasabah Bank Mandiri pantengin terus akun sosial medianya karena akan banyak promo menarik yang bisa kalian manfaatkan selama Asian Games berlangsung.

Komunitas Ontel Ikut Memeriahakn Kirab Api Obor




2 comments:

  1. seru ya mbak..torch relay ini bisa memeperlihatkan antusiasme masyarakat se Indonesia

    ReplyDelete
  2. aku cek kuota tiketnya utk bulu tangkis udah ludes mba, aih keren Asian Games di Indonesia ^^

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita