Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Whatsapp Grup - Ulihape.com

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Whatsapp Grup

Akhirnya sampai juga di challenge terakhir ODOP ISB dan selama 14 hari bisa juga memaksakan diri buat menulis organik, kenapa bisa ya kalau ditantangin orang lain hehe.

Tema terakhir ini cukup menarik, mengenai etika di dalam sebuah Whatsapp Grup atau sering disingkat WAG, what ada etika nya ? Iyes ada, kalau aku sih termasuk orang yang asyik-asyik saja karena aku memang susah terlibat terlalu dalam untuk hal apapun.

Hal yang paling aku benci dalam sebuah WAG adanya kebiasaan orang-orang dalam grup yang ngebahas seseorang dalam grup, dan asemnya lagi mereka sampai create a new group just for it!


Well, sepanjang pengalaman punya grup whatsapp maka kali ini ulihape.com mau sharing gimana supaya kalian bisa nyaman di dalam sebuah WAG dan catatan ini tak menyinggung WAG manapun yang aku jadi member didalamnya.





  1. JANGAN BERISIK, pernah ga sih kalian terganggu dengan member grup yang berisiknya minta ampun hanya karena dua orang member ? Nah sebaiknya kalian kalau memang ada yang mau dibahas intens plis jangan ngebahas di grup, langsung saja chat personal. Kadang mau menegur enggak enak karena aku bukan admin pula, tapi suka bete kalau yang ngobrol cuman dia lagi dia lagi.
  2. JANGAN KELUAR GRUP TANPA PAMIT, etika tuh memang harus dijaga baik online ataupun offline. Sama seperti kata pepatah datang tampak muka pulang tampak punggung. Sebaiknya sampaikan salam pamit dan supaya tidak ada salah sangka alangkah baiknya sampaikan alasannya sehingga tidak menimbulkan dugaan yang macam-macam.
  3. JANGAN DIAM BAE, kalau pas jadi admin grup aku agak bete sama member yang cuman baca doang, sesekali ikut dong nimbrung biar yang lain merasa enak. Kalau cuman diam bae kan gak asyik, berikan opini sesekali karena grup diciptakan untuk semua member bukan buat beberapa orang, trus kalau diam bae lu ngapain masuk grup ?
  4. JANGAN EMBER, kadang di grup ada hak-hal rahasia namun ada saja selalu reminder dari admin kalau ada member yang ngebocorin hal yang hanya dibahas di grup. Karenanya plis jangan sampe membocorkan hal-hal khusus ya..
  5. JANGAN LANGGAR ATURAN ADMIN, nah karena aku blogger untungnya di beberapa WAG dibuatkan aturannya. Namun demikian ada aja loh yang melanggar aturan, kamu jangan begitu ya ..
Banyak banget etika dalam menjalin komunikasi di sebuah ruang chatting, tapi 5 poin diatas kalau kalian patuhi inshaallah bikin betah di grup, dan menurutku WAG itu akan asyik kalau semua membernya bisa saling berinteraksi dan usahakan juga ada kopdarnya sehingga WAG jadi lebih nyata. Kalian punya tips apa nih supaya WAG nya asyik ?

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.