Lahan Perkebunan Sawit Terbakar Bukan Perkebunan Sawit Membakar Lahan - Ulihape.com

Lahan Perkebunan Sawit Terbakar Bukan Perkebunan Sawit Membakar Lahan

Yup! judul tulisan ini adalah faktanya bahwa sebagai sebuah perusahaan maka kami sangat merasa dirugikan dengan statement-statement yang digelontorkan oleh orang-orang yang berusaha menenggelamkan bisnis sawit di Indonesia.



Yang benar adalah lahan perkebunan sawit terbakar dan perusahaan kebun sawit bukanlah biang kerok kebakaran hutan saat ini. Pada satu kesempatan saya pernah hadir disebuah diskusi dengan tema selamatkan bumi. Seorang narasumber memberikan materi dan menyebut bahwa perkebunan sawit adalah salah satu penyebab kerusakan lahan dimuka bumi ini.

Aku jelas keberatan dengan statement beliau, sebagai seorang karyawan yang sudah bekerja lebih dari 15 tahun di perkebunan kelapa sawit maka spontan aku berdiri untuk memberikan statement. Contoh kasus Ibu sudah kuno, sejak lima tahun terakhir pemerintah bekerja keras untuk mewujudkan industri kelapa sawit yang berkelanjutan dan jangan lagi sebut perkebunan sawit membuka lahan denagn membakar hutan , itu cara yang sudah sangat kuno dan melanggar hukum! Semua peserta menatapku, si pemateri akhirnya menyatakan maaf dan memberi informasi sebenarnya bahwa saat ini sudah ada ISPO sebagai mandatori yang harus dijalankan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) adalah suatu kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia dan ikut berpartisipasi dalam rangka memenuhi komitmen Presiden Republik Indonesia untuk mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan.

Peraturan ISPO ini tertuang di dalam Peraturan Menteri Pertanian No 11 Tahun 2015, belum lagi ada peraturan dari Kementerian Lingkungan Hidup, jadi jelas dengan adanya peraturan ini maka dipastikan para pengusaha enggak akan ada yang berani membakar lahan, tapi lahan kami terbakar itu adalah fakta.

Ok tahan dulu tentang ISPO karena nanti akan aku bahas di artikel selanjutnya. Kali ini aku hanya ingin kalian memahami bahwa sawit itu baik, sure! karena enggak kenal aja maka tak sayang hehe. Bicara kebakaran lahan pasti ada asap, dan beberapa tahun lalu asap adala bencana tahunan. Pekanbaru, Jambi, Sumatera Selatan dan Kalimantan merupakan provinsi yang sangat sering mengalami bencana Asap. Bahkan Pekanbaru seminggu terakhir kemarin ISPU (Index Standar Pencemar Udara) sudah mencapai tahap TIDAK SEHAT sampai BERBAHAYA, normalnya adalah 150 Psi namun sekarang sudah mencapai 300-400 Psi. Aktifitas masyarakat menjadi terganggu, anak sekolah sampai diliburkan dan bahkan ancaman penyakitpun tak terelakkan lagi.

Aku saat di site
Sebagai salah satu orang yang pernah bekerja di Perkebunan Kelapa aku ingin berbagi pengalaman dan kita berdiskusi untuk keadaan yang lebih baik kedepannya. 

Dahulu tahun 1990an memang banyak perusahaan yang melakukan pembukaan lahan dengan cara menebang dan menumpuk pohon lalu membakarnya dan kegiatan ini tergolong murah untuk memangkas anggaran pembukaan lahan, namun sejak pemerintah mengeluarkan aturan yang cukup keras tentang resiko pembukaan lahan dengan membakar (kalau tidak salah sejak tahun 2001 sudah ada Peraturan Pemerintah) dimana level Direktur bisa dipenjarakan dan harus bertanggung jawab atas kebakaran hutan dan sejak itu pula pengusaha sawit sudah mengalihkan teknik pembukaan lahan menjadi zero burning, yang artinya tidak boleh lagi membuka lahan dengan membakar, teknik pembukaan lahan harus secara mekanik, menggunakan alat berat (bulldozer dan excavator) untuk menumbang pohon-pohon pada lahan ijin pengusaha.

Aku bekerja di Perkebunan Kelapa Sawit sejak tahun 2004 sampai sekarang. Selama aku bekerja di 6 peruasahaan perkebunan kelapa sawit maka semua kontraktor melakukan pembukaan lahan dengan teknik zero . Perusahan memiliki SOP KEBAKARAN LAHAN, juga memiliki REGU PEMADAM KEBAKARAN sendiri, bahkan kami melakukan kerjasama berupa latihan pemadamam kebakaran lahan dan siaga API dengan Pemadam Kebakaran Daerah setempat. Lalu yang terjadi adalah bukan kami yang membakar tetapi "LAHAN PERKEBUNAN KAMI TERBAKAR".
Salah satu contoh pemadaman kebakaran di kebun kami
Nah, gimana? Jadi mari bicara sawit dengan baik, industri sawit di Indonesia mengatasi 20% kemiskinan di Indonesia tentunya kami terus bekerja sesuai arahan pemerintah menciptakan industri sawit yang berkelanjutan.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.