-->

Menjadi Generasi Pancasila Itu Bukan Dosa

Beberapa waktu lalu Kanda belajar tematik tema 4 dan salah satu materinya adalah Pancasila, senang juga melihat anakku bisa menghapalkan sila-sila Pancasila lengkap dengan simbol-simbolnya. Ada rasa haru juga ternyata Pancasila itu masih ada di sekolahan zaman now.

Saat pembagian raport aku pernah menanyakan kepada Guru kelas anakku, mengapa ridak ada pelajaran PMP lagi? Eh kalian tahukan PMP? Pendidikan Moral Pancasila Itu adalah salah satu mata pelajaran di sekolah sejak tingkat dasar sampai aku kuliah masih mendpaatkan pelajaran itu. Dan aku bisa rasakan generasi ku dulu sangat menjunjung keberagaman. Kami tak pernah risih ketika salah satu kami yang berbeda keyakinan saling merasakan kebahagiaan yang lain. Kami enggak pernah meributkan sesuatu yang berbeda karena PMP memberikan nilai-nilai Pancasila dalam semua aspek kehidupan kami.

Pancasila Dasar Negara



Dan ternyata saat ini mata pelajaran PMP tak lagi dipelajari sedetail masa lampau, mungkin yang dibahas hanya tentang sila-sila pancasila, sementara nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam setiap sila tak pernah diketahui generasi zaman now. Dulu Bu Guru sampai menjelaskan bagaimana bersikap bila tetangga kita kemalangan namun tak sesuai keimanan kita, bagaimana bersikap ketika teman merayakan hari besar agamanya. Jadi enggak heran kalau tahun 90an sampai dua ribuan tak pernah tersiar kabar kalau ada mayat yang tak disholatkan, ada larangab mengucapkan hari raya teman yang berbeda bahkan saat ini sangat biasa kita mengusir orang lain beribadah.

pancasila mulai tergerus, jangankan berbeda keyakinan, dalam satu keyakinan saja banyak banget perbedaan yang diributkan, bahkan seseorang yang mengaku pancasila bisa dicap kafir saat ini. Padahal sila-sila pancasila itu dirumuskan para pahlawan yang muslim. Sila pertama ketuhanan yang maha esa, jelas islam mengakui tuhan yang satu. Lalu sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab juga sejalan dengan anjuran agama islam 'hablumminannaas' makanya akunheran kalau ada yang bilang pancasila itu sebuah usaha menyesatkan.

So tetaplah Pancasila jangan sampai perkembangan zaman membuat kita jauh dari nilai-nilai Pancasila, lantas bagaimana dong menerapkan nilai-nilai pancasila ?

Selalu berbuat baik, biasanya kalau kita baik orang enggak akan nanyain agama kita apa. Dengan berbuat baik maka kita bisa menjalankan nilai-nilai pancasila sila kedua.

Hargai Privasi Orang Lain, dalam agamaku jelas ada disebutkan didalam Alquran bahwa bagimu agama mu, bagiku agamaku so jelas banget kita enggak usah nyampuri urusan ibadah orang lain. Selama dia gak mengganggu maka biarkan mereka dengan privasinya, jadilah manusia yang menghargai keberadaan orang lain.

Utamakan Persatuan Bangsa, kiranya kita bisa melihat betapa nestapanya bangsa-bangsa yang sedang konflik. Melihat anak-anak dengan derai air mata, melihat orang dewasa harus kehilangan segalanya karena tak mampu menjaga persatuan. Irak sering berteriak bahwa mereka sudah kehilangan persatuan, dan persatuan saat ini adalah kekuatan bangsa kita.

So anak muda menjadi Pancasila bukanlah dosa!


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.