5 Langkah Menghadapi Resesi Global

Tahun 1998 aku nyaris diminta pulang karena terancam gak bisa bayar uang kuliah, tahun 1998 terjadi krisis moneter di Indonesia, dollar semula hanya 2500 rupiah melonjak naik nyaris 18 ribu rupiah. Semua harga menjadi gak masuk akal, tapi akhirnya kami selamat karena mamak menyimpan banyak emas kala itu. Simpanan emas mamak menyelamatkan hidup kami hingga kini.

Tips Menghadapi Resesi
Tips Sederhana Menghadapi Resesi
Dalam bahasa sederhananya Resesi berarti bangkrut, aku gak akan bahas kebangkrutan negara tapi dalam skala kecil aja. Pernah gak kepikiran andai keluarga kita mengalami resesi alias bangkrut? Langkah apa yang sudah kalian persiapkan? Meski aku bukan seorang pakar ekonomi tapi belajar dari masa lalu maka paling tidak ada lima langkah yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari kebangkrutan.

5 Tips Menghadapai resesi ala working mom :

  1. Berhemat, mulai dari saat ini meski sudah mengaku berhemat tapi coba lihat lagi pasti masih ada saja hal yang bisa kita hemat. Catat penghematan yang bisa dilakukan dan coba tabung.
  2. Melunasi Hutang, aku punya cicilan KPR dan selalu berusaha untuk mempercepat pelunasannya. Pelunasan berkala bisa kita lakukan sehingga mempercepat masa pinjaman.
  3. Menabung Emas, saat ini meski sedikit tapi aku punya sinpanan emas untuk berjaga-jaga bila hal buruk seperti tahun 1998 terjadi. Emas selalu bisa dihandalkan dalam setiap kisah resesi global.
  4. Ambil Semua Peluang, sebagai blogger saat ini jujur aku sudah gak perhatikan rate card lagi. Peluang yang ada diambil semua, prinsip sedikit kali banyak menjadi alasannya. Menghadai resesi gengsi harus dibuang jauh-jauh, pilih mana bangkrut atau jadi kuli?
  5. Punya Dana Darurat, ini wajib banget ges paling ideal tuh 6 bulan tapi kalo gak bisa minimal punya dana darurat 3 bulan kebutuhan kalian saja sudah bisa aman. Selama ini aku mempersiapkan dana darurat menabung dari hasil ngeblog, sedikit-sedikit sehingga cukup disebut sebagai dana darurat.
Lima langkah ini bisa jadi belum bisa menyelamatkan dari resesi tapi paling tidak saat kebangkrutan diambang pintu kita gak panik, kita bisa memikirkan hal lain selain mau makan apa? Duit dari mana? 

Saat ini Pandemi Covid19 udah membuat beberapa bisnis tampak merosot tajam, mau gak mau banyak yang harus mengalah bahkan Bu Menteri Keuangan memprediksikan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 0% dan resesi benar -benar akan terjadi bila pertumbuhan ekonomi negatif.

Nah sebagai working mom dengan dua anak maka lima langkah diatas mungkin belum bisa menjamin segala aspek kebutuhan kami tapi semangat optimis harus selalu kita miliki.

Percaya kepada pemerintah juga merupakan sebuah kedamaian tersendiri, fokus dan sering update berita ekonomi supaya tak tertinggal informasi karena biasanya yang selamat adalah mereka yang gerak cepat kala mendapat informasi.

Well itu dulu tips dari ulihape.com kali ini dan semoga kita tak pernah merasakan apa itu bangkrut aamiin

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.