-->

5 Tips Tetap Waras Bersosial Media ditengah Serangan Covid-19

Sejak akhir tahun lalu perhatianku tak lepas dari berbagai informasi terkait Pandemi Corona Covid19 Virus, sejak evakuasi WNI dari wuhan hingga hari ini bisa dipastikan beberapa rencana menulis tertunda karena aku sibuk membaca semua informasi tentang Covid19.


Lambat laun semua informasi membuat aku bingung, sebentar baca info A eh gak lama kemudian akan ada bantahannya, baca info B pun demikian belum lagi berbagai berita hoaks yang beredar aromanya kental dengan kegaduhan pilpres yang tak kunjung usai. Baik pemenang ataupun yang kalah saling perang statement, kedua kubu mengklaim kubu lawan hanya cari panggung.

Akhirnya aku tersadar semuanya membuat aku kurang produktif, energi habis terkuras hanya karena berita tak penting. Finally aku memutuskan stop baca berita tak penting dan cari sumber valid, lalu lakukan pencegahan sedini mungkin jangan larut dengan berita yang nyaris bikin gila, aaargh!



Selama pandemi Covid19 masuk ke Indonesia, maka aku sangat selektif bersosial media nah gimana caranya supaya kita tetap waras tapi tetap uodate dengan infirmasi Covid19?


  1. Baca Berita dari Sumber Resmi, setiap menerima berita yang beredar maka aku akan melakukan kros cek ke google, atau kalau mau simple kalian bisa unduh aplikasi Hoax Booster Tools. Kalian harus mau melakukannya jangan sampai kita ikutan menyebarkan kebohongan yang semakin membuat resah orang lain ditengah kepanikan corona covid19
  2. Share Berita Baik, kalian bisa sharing tips yang kalian jalani menghadapi pandemi ini. Share hal-hal ringan seperti cara membuat hand sanitizer alami, atau bikin video tutorial menggunakan masker dengan benar bahkan beberapa teman share membuat tips biar gak bosan saat work from home.
  3. Recehkan Timeline, jangan lupa beb hafirkan cerita receh yang bisa bikin ketawa. Ditengah rasa cenas kdang membuat kita lupa tertawa, aku sendiri suka membuat cerita lucu tentang anak-anakku dan alhamdulillah bisa membuat teman-teman tertawa meski mungkin tak mampu menghalau kepanikan tapi paling tidak tertawa sebentar mampu membuat kita tenang.
  4. Saling Memberi Dukungan, siapapapun pemerintahnya pkis mari saling support menghadapi Corona Covid19. Yang sudah bisa work from home supaya bisa menghargai teman-teman yang memang belum diberi kebijakan untuk stay at home. Kalau kita kompak inshaallah badai ini akan cepat berlalu.
  5. Social Distancing, jangan kemana-mana dan kalau mendesaj tolong jaga jarak. Tahan diri untuk tak berpergian, lindungi diri karena takut menularkan bukan sekedar takut tertular.


Aku sendiri sampai hari ini masih harus bekerja seperti biasa, ada rasa cemas tapi harus dihalau. Covid19 adalah sakit yang diakibatkan oleh virus jadi obatnya hanya imunitas kita sendiri, virus akan hilang setelah masa inkubasinya which is saat ini Covid19 adalah 14 hari. Kalaupun kiya dirawat maka yang diobati adalah efej yang ditimbulkannya seperti demam, batuk, flu, diare atau sesak nafasnya. 

Cara terbaik adalah diam di rumah saja, jaga kebersihan sering-sering mencuci tangan dengan sabun, ganti pakaian bila habis dari luar rumah, jangan lupa berjemur selama 30 menit diantara panas matahari jam 8 sampai 11 pagi. Minum multivitamin dan pastikan asupan makanan bergizi.

Semangat! Kita pasti bisa!

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.