Berbuat Baik Itu Memang Menolong Diri Sendiri

Bicara tentang berbuat baik katanya gak rugi karena kita sedang menolong diri sendiri, aku pribadi setuju dengan pendapat tersebut.

Kalo mamak bilang 'di dunia ini hukum tabur tuai itu nyata' kalo lu berbuat baik maka hasilnya baik, sebaliknya kalau berbuat jahat ya hasilnya juga ada.

Namun ada kok pas kita baik hasilnya ga baik? Itu menurut kita padahal kalau bisa mengambil hikmah maka apapun yang terjadi sampai saat ini adalah yang terbaik versinya sang maha pencipta.

Baik menurut kita belum tentu baik dimata Allah, sebaliknya keburukan dimata kita belum tentu buruk dihadapan Allah.

Berbuat baik itu gak mudah meski gampang, kadang ada saja godaan menunda berbuat baik yang berujung penyesalan. Aku pernah berniat berbuat baik tapi entah mengapa aku pikir nanti sajalah. Dan saat aku sanggup ternyata sudah tak memberi manfaat.

Jadi selain mempunyai niat sebaiknya kita juga menyegerakan niat tersebut. Dan tentang berbuat baik sebaiknya ikhlas supaya kita tak berharap imbal balik dari orang yang kita bantu. Karena suatu ketika bila seseorang yang pernah kita beri kebaikan mengecewakan kita maka akan timbul rasa sesal yang bisa mengikis pahala kebaikan.

Karena itu ketika berbuat baik maka jangan berharap balasan. Apalagi kadang buah kebaikan itu bukan pula kita yang merasakannya. Misal aku suka membantu menyeberangkan seseorang lalu balasannya gak otomatis kita yang rasakan, mamak sering bilang kalau kerap dibantu orang lain ketika ingin menyeberang, mendengarnya aku merasa bahwa kebaikan itu sudah dibalas tapi bukan aku yang merasakannya.

Selain gak usah mengharap balasan maka yang penting lagi jangan pernah menghitung jumlah kebaikan yang dibuat, karena kata mamak 'sedangkan sudah berbuat baik masih ada saja orang yang tak bisa menerima' karena itu usahakanlah semua perbuatan kita adalah hal baik.

Tantangan berbuat baik itu menurutku adalah diri sendiri, pernah nih aku pengen banget bgasih boneka hasil endorsean eh tapi gak jadi dong haha hanya karena aku mikirin nih teman yang mau aku kasih kok selama ini pelit banget sih haha. Padahal bonekanya juga gak aku pakai tapi aku merasa rugi aja gitu kalau ngasih ke dia lagi. Melawan diri sendiri itu berat dan kadang suka nyesal tapi sudah terlambat.

Kebaikan yang paling mudah menurutku adalah memudahkan urusan orang lain, hal sederhana banget, misal kalau lagi di dalam bis sabar aja beri jalan yang ingin duluan, atau kalau di kantor gelas kotor antar ke pantry hal-hal sederhana gini asal ikhlas bisa banget jadi penyelamat

Kebaikan itu juga bukan hanya sekedar di dunia jadi sabar aja kalau merasa sudah berbuat baik tapi belun merasakan bakasan maka mungkin nanti jadi penyelamat di hari akhir.

Berbuat baik ibarat bumerang, bakalan mental lagi ke kita. Kita ini dalam arti yang luas bisa diri sendiri, saudara, pasangan, anak, orang tua dan orang-orang yang kita sayangi.

Nah sudah berbuat baik apa saa hari ini? Jangan lupa untuk share kebaikan, abaikan yang bilang pamer, karena kadang orang gak kepikiran melakukan hal sederhana jadi dengan cerita-cerita kita bisa jadi banyak orang yang terinspirasi.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.