Networking Itu Perlu, Tapi Memiliki Skill Jauh Lebih Penting!

Background ku sekolah sampai jenjang SMA adalah di Sumatera Utara, jadi plis jangan marah kalau di kepalaku menyimpan kenangan 'asal ada orang dalam ya bakal aman'.

Tapi kalau masalah rezeki memang urusan Allah, namun dalam fase hidup ada masa-masa dimana rasanya keberadaan tuhan tuh dikit banget peranannya. Nah itu aku rasakan sejak sekolah. Untungnya selalu dibutuhkan orang pintar supaya tetap ada keseimbangan yang tak pernah seimbang.

Jadi begini, selama aku bersekolah maka asal dia anak orang kaya, bapaknya rajin nyumbang, punya saudara guru, dekat dengan guru maka biasanya prestasi si anak akan terjamin. Kejadian seperti ini orang medan bilang 'iyalah dia punya beking jadi maju', sementara nasib orang yang rata-rata gak akan menonjol, dan yang pintar tetap menonjol demi penyeimbang.

So pentingkah networking? Jawabanku 'absolutely' tapi selain itu yang paling penting adalah kalian punya skill alias keahlian supaya ketika networking mu mengalami lockdown maka kalian bisa tetap eksis.

Networking perlu banget kita bangun dan pelihara, caranya bisa macem-macem tapi dengan menjadi orang yang punya skill maka networking akan mudah dibangun. Selama bekerja hampir 18 tahun di dunia perkebunan maka selama 8 kali bekerja di perusahaan yang berbeda tak sekalipun aku mengalami tes rekrutmen, melainkan aku di hire dari satu bos ke bos lain, kok bisa?

Jawabannya karena aku punya skill, dan itu diakui bahwa aku mampu bekerja dengan baik. Maka selama 18 tahun di perkebunan tak ada satupun lamaran pekerjaan yang aku kirim, semuanya hanya by phone 'Uli kapan kamu mau bekerja di perusahaan saya?'.

Skill sangat penting dimiliki dan usahakan memang hanya anda yang memiliki sehingga kita punya nilai jual dan keberadaan networking bisa membantu kita mendapatkan posisi dan pendapatan yang baik.

Tapi kalau kalian hanya mengandalkan networking tanpa skill percaya deh semua akan berakhir cepat. Ketika networking kalian mengalami lockdown maka orang pertama yang akan disingkirkan adalah diri kalian. Banyak banget kejadian, temanku bisa duduk di sebuah posisi karena mengenal salah satu direksi namun saat direksi tersebut di cut off maka tak lama kemudian temanku kena tekanan yang membuat dia memilih mundur.

Saat ini aku berada di sebuah perusahaan yang awalnya aku bisa masuk karena aku mengenal baik salah satu direksi karena itu aku gak pungkiri networking itu penting. Namun tahun 2013 direksi tersebut berhenti dan hari ini aku masih disana tentu karena memang skill yang ku miliki diakui memberikan kontribusi.

Networking ku sekarang bukan lagi mantan bos saja tapi sudah bertambah dengan orang-orang baru di perusahaan saat ini. So memiliki networking itu perlu tapi lebih penting memiliki Skill.

Kalau skill ada maka percaya deh dimana saja kalian berada akan nyaman baik ada networking ataupun tidak. Di dunia blogger juga sama, katanya content is a king but dont forget enggaement is a queen. Engagement bisa kita raih bila kita ounya networking, baik personal maupun lewat komunitas.


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.