-->

Ngeblog Buat Investasi Atau Investasi Buat Blog ?

Investasi adalah salah satu istilah ekonomi, sering kita artikan sebagai 'nanam modal' dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan pada suatu masa. Keuntungan bisa kita peroleh pada jangka pendek atau jangka panjang tergantung investasi yang dipilih.

Blog

Lalu di dunia blogging menurut kalian apakah sudah pantas kita sebut investasi? Kalaulah blog kita anggap sebagai investasi maka otomatis harus ada bicara keuntungan, eits sebelum ngobrolin keuntungan maka cek dulu apa saja sih modal yang harus kita keluarkan untuk sebuah blog?

Tapi sejujurnya saat ini apa yang aku lakukan di dunia blogging belum bisa aku katakan sebagai investasi, aku ngeblog karena memang suka menulis, aku ngeblog karena memang ada peluang ekonomi disana dan kalau kalian tanya modal yang aku keluarkan untuk blog ini masihlah minim dalam rupiah per tahun aku hanya membayar 164 ribu rupiah untuk domain ulihape.com dan modal terbesar saat ini adalah membuat konten inipun gak ada strateginya karena aku belum menulis SEO Friendly cuman nulis apa yang ada di kepala tanpa formula.

Tapi nya lagi kalau mau mengabaikan hasil yang aku peroleh dari ngeblog ya gak bisa juga meski penghasilan ngeblog sebagian besar belum bisa untuk investasi melainkan baru menopang keberlangsungan kebutuhan tersier saja. 

Tapi gengs itu karena aku boros hehe andai tidak ya bisa dijadikan tabungan mengingat pendapatan dari ngeblog ini gak pernah dibawah 60 juta per tahun, lumayan kan kalo dibanding modal yang dikekuarkan untuk domainnya hehe.

So apa saja sih investasi atau modal yang harus kita keluarkan untuk ngeblog ?

  1. Konten, menghadirkan konten adalah modal utamanya. Blog tanpa konten bukanlah blog, konten itu gak usah dipusingkan mau organik atau sponsor post ya itu konten. Yang berbahaya adalah kalian mensontek alias menyalin ulang tulisan orang nah ini jangan anggap konten ya, dosa tauk! Selama ini aku selalu mengusahakan minimal ada 10 artikel per bulan untuk sebuah blog. Nah kewalahanku aku punya 2 blog dan 2 platform menulis artinya paling tidak 40 artikel dalam satu bulan. Target ini sering tak tercapai lebih karena aku masih bekerja, gak keuber tapi semua tema selalu aku catat sebulan ada 40 judul.
  2. Beli Domain, nah kalau memang mau punya blog menurutku jangan pelit belilah domain karena biayanya pertahun gak sampai juga 200 ribu dan ini worthied banget loh aku jamin lah pasti balik modal dan pasti bisa bayar lagi buat tahun selanjutnya. Ah tapi gratisan saja bisa kok, oh tentu bisa tapi kamu menutup peluang yang lebih luas untuk berbagai dan mendapatkan peluang pendapatan yang lebih.
  3. Update Ilmu, nah artikel itu bisa kita atur supaya bisa di klik banyak orang so baiknya alokasikan biaya untuk update ilmu seperti kursus SEO Friendly, ini juga banyak banget yang murah. Buatku pribadi bukan tidak tertarik melainkan karena aku merasa gak punya waktu. Dengan belajar SEO menurutku kita bisa memaksimalkan blog untuk mendapatkan penghasilan lebih lewat adsense blog.
  4. Penampilan, investasi lain yang gak kalah penting adalah memoles penampilan. Bukan hanya blog yang perlu di design cantik tapi penampilan bloggernya juga perlu, karena saat ini banyak tawaran dari agency yang menghadirkan blogger nya dalam event dan gak rugilah toh kita juga senang kalau bisa tampil cantik ya kan..
Itu dia empat jenis investasi dalam ngeblog menurut pengalaman pribadi ku. Lantas kalau sudah berinvestasi kita dapat apa? Well, aku hanya akan tulis apa yang aku tahu, apa yang sudah aku dapatkan jadi ini bukan tolak ukur tapi bisa kalian bisa jadikan sebuah insight (mungkin) hehe.

Sejak berinvestasi untuk blog ini maka secara ekonomi aku banyak mendapatkan keuntungan, kalau patokannya modal maka jujur modal ku hanya domain yang enggak sampai 200 ribu setahun, selebihnya investasi adalah kekuatan otak dan semangat hehe yang kalau di rupiahkan yah susah hehe.

  1. Adsense Blog, setelah nyaris 4 tahun mengisi konten di blog ulihape.com akhirnya April nanti aku akan panen adsense (inshaallah) ini bikin happy karena aku akan mengalokasikan nya untuk tabungan katakan 1 juta per bulan artinya aku bisa menabung 8 juta dari adsense untuk tahun 2020 aamiin.
  2. Job Ngeblog, karena blognya update alhamdulillah sampai hari ini ada saja tawaran menulis review dan bayarannya bervariasi dari Free sampai 1 juta yap itu rate blog ku. Dan aku akan ambil kesempatan yang  diberikan meski tak berbayar yakinlah itu sebuah pintu rizki. Dalam setahun rata-rata selama 4 tahun ngeblog aku sudah mendapatkan penghasilan 3 jutaan per bulan nah kalo dibilang balik modal ya banyak banget kan hehe
  3. Kesempatan Jalan-Jalan, hal lain yang diperoleh dari ngeblog adalah kesemoatan jalan-jalan. Beberapa kali ada liputan ke luar kota, atau bisa masuk gratis ke beberapa wahana bermain yang kalau mau modal sendiri juga lumayan. Kalau bukan karena blogger ya susah terealisasi hehe.
  4. Menjadi Narasumber, beberapa blogger malah sudah bisa jadi pembicara pada berbagai kesempatan dan tentu ini juga sebuah peluang mendapatkan penghasilan tambahan yang kalau di kelola dengan baik pasti bisa dijadikan investasi.
So? Menurut kalian gimana setuju kah blog dijadikan investasi? Kalau aku sih iyes, semakin besar investasi kalian maka akan semakin banyak pula hasilnya. Kalau aku investasinya masih dikit jadi ya wajar dapatnya lumayan, so sudah siap berinvestasi dalam blog? Jangan kebanyakan mikir ya !

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.