-->

Tools Planner Penting Gak Sih?

Tools Planner bisa diartikan sebagai alat yang kita gunakan untuk menuliskan semua agenda kegiatan kita baik harian, mingguan, bulanan atau bahkan dalam satu tahun.Tujuannya tentu saja supaya semua pekerjaan bisa tercatat dan to do list kita bisa on schedule.

Ulihape.com
Pentingkah Memiliki Tools Planner ?

Aku mulai bekerja tahun 2002 artinya sudah 18 tahun aku bekerja sebagai karyawan, kalau di evaluasi sebagai karyawan aku selalu on schedule jarang banget punya kerjaan yang tertunda, atasan selalu yakin pekerjaan yang diberi kepadaku akan selesai dalam waktunya. Ritme kerja yang monoton juga membuat aku sudah hapal apa saja yang menjadi tanggung jawabku, misal setiap tanggal 10 aku akan membuat laporan bulanan, tanggal 25 membuat SPK. Variasi pekerjaan sedikit, agenda rapat juga tak pernah terjadwal dan dengan alasan itu rasanya selama 18 tahun bisa dibilang aku enggak punya tools planner sama sekali.

Kalaupun mau dipaksakan paling hanya ada buku tulis tanpa planner sekedar buat catatan dikala ada diskusi. Lalu setelah menjadi blogger memang sempat berpikir ingin mempunyai tools planner, maklum selain faktor umur, ternyata job ngeblog juga banyak variasinya sehingga aku butuh mencatat secara khusus supaya semua kewajiban bisa dilaksanakan.

Tapi sekali lagi buku tulis adalah alat yang aku gunakan untuk mencatat urusan ngeblog, sempat mau menggunakan Google Calender tapi akhirnya terbengkalai karena merasa ribet haha. So tools planner itu penting gak sih? Jawabannya tergantung kebutuhan kalian, dan biasanya namanya alat 

So menurutku tools planner akan menjadi tidak penting bila :
  1. Variasi pekerjaan sedikit, sepertu aku jelaskan tadi tanpa tools planner pun aku sudah hafal apa saja tugasku, ibaratnya tanpa alarm pun aku sudah bangun kok
  2. Tidak ada target pekerjaan, aku bekerja di perkebunan kelapa sawit jadi apa yang dikerjakan semua adalah ilmu pasti dan nyata, sehingga gak ada target yang harus di rencanakan detail setiap saat. Situasi seperti ini tools planner tak akan penting karena apa yang akan dikerjakan sudah ada jadwal dan standard pastinya.
  3. Selalu on schedule, laporan yang aku buat sudah ada tanggal pastinya setiap bulan sehingga tak butuh tools planner kalau hanya untuk membuat laporan atau sekedar mengingatkan.
Sebaliknya tools planner itu akan menjadi penting bila pekerjaan kalian banyak variasinya, punya target seperti marketer yang harus punya target pencapaian setiap hari dan ini persis adikku kalau aku cek google calendernya wow..isinya udah full macem-macem bahkan sudah sampai awal tahun 2021.

Kalau di googling sih ada banyak jenis tools planner dan yang paling mudah menurutku adalah google calender karena sudah pasti ada di semua smartphone, bisa menandai hari dan ada remindernya kekurangannya mungkin membuat catatan gak begitu leluasa, kalau hanya sekedar membuat pengingat maka google calender sudah cukup.

Ada juga Evernote, mirip dengan google calender tapi ini bisa membuat catatan lumayan banyak dan bisa set lokasi juga, sehingga ini mirip buku agenda kerja digital dan dilengkapi dengan berbagai jenis font dan stiker lucu juga.

Ada banyak tools plannaer lain yang bisa diunduh dari playstore dari yang gratis sampai berbayar,  so gimana bebs! Kalau kamu punya tools planner apa? dan penting gak sih menurut kalian?

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.