-->

5 Biaya Tak Terduga Selama Work From Home

Work From Home masih tetap berlanjut gengs, so ada yang sudah mengeluh tentang biaya yang mendadak bengkak padahal kerjanya dari rumah?

Work from home ternyata membuat biaya bengkak
Work From Home & Biaya

Aku pribadi merasa tak bisa berhemat padahal kalau dipikir-pikir kan enggak berangkat ngantor? Seharusnya bisa dong berhemat? Tapi nyatanya bukannya hemat malah ada banyak biaya tak terduga yang harus naik gara-gara Work From Home? Apa saja?


  1. Biaya Pulsa, sebagian teman mengeluh biaya pulsa naik nyaris tiga kali lipat selama menjalankan WFH. Beruntung aku selama ini sudah menggunakan internet di rumah jadi WFH tak berpengaruh banyak terhadap pemakaian pulsa. Zoom meeting cukup memaksa beberapa teman mengeluarkan biaya pulsa lebih banyak dari hari normal karena zoom meeting lumayan banyak memakan kuota apalagi kalau video dan audio harus on selama satu jam. Nah kalian bisa menghematnya dengan menonaktifkan video atau meminta host untuk memanggil kita hadir ke zoom meeting saat diperlukan saja.
  2. Biaya Transportasi, loh katanya WFH kok masih ngongkos? Kebetulan kantorku ada ketentuan untuk piket. Setiap karyawan wajib hadir satu kali dalam seminggu dan karena saat ini status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dampaknya transportasi menjadi terbatas serta ada ketakutan untuk menggunakan kendaraan umum. Buat aku yang menggunakan mobil online menuju kantor maka meski datang hanya sekali seminggu tapi ongkos PP nyaris setengah juta haha. Buat teman lain mereka terpaksa menggunakan mobil pribadi dengan biaya yang signifikan dibanding menggunakan transportasi publik.
  3. Biaya Camilan, selama WFH dan gak bisa kemana-mana membuat aku dan keluarga ingin jajan melulu akhirnya kebobolan bagian camilan haha. Camilan ini juga penting menjaga mood anak-anak sehingga meski biaya tak terduga tapi cukup menyenangkan karena perut kenyang haha
  4. Biaya Listrik, selama ini pemakaian listrik harian kami sangat sedikit hal ini karena seharian aku dan suami di kantor sementara anak-anak di daycare. Namun selama WFH mau gak mau kami harus stay at home dan otomatis pemakaian listrik meningkat dua kali lipatnya. Ya sudahlah ya beb selama hidup juga baru kali ini kita WFH haha
  5. Biaya Belanja Online, gara-gara WFH aku jadi sering buka e-commerce. Sebelum WFH aku jarang banget belanja online tapi sejak covid19 dan segala kegalauan untuk mengunjungi publik area akhirnya belanja online jadi pilihan dan gaknsadar klik klak bikin bengkak pengeluaran.

Nah itu dia 5 biaya tak terduga selama WFH, sebaliknya ada juga biaya yang bisa aku hemat karena kondisi saat ini seperti biaya ngemal, biaya nonton dan biaya makan di luar.

Semoga kondisi ini segera berlalu supaya kita hidup normal lagi ya gengs..aamiin

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.