-->

5 Tools Gratisan Buat Blogger Pemula

Akutu suka menulis sudah sejak SD dan kalau ada yang nanya ngikuti mamak atau papa kah hobiku ini? Aku sendiri baru tahu kalau kegemaranku dalam menulis adalah keturunan dari mamak.

Edited By Me, Canva

Mamak diwaktu mudanya memang suka menulis, terutama dalam mengajukan protes haha. Pantas saja aku juga sangat berernergi bila menulis komplain haha.

Banyak eh ada beberapa yang selalu menghubungi ku sekedar bertanya 'apa yang harus aku lakukan bila ingin jadi blogger?' Atau 'apa aja yang harus aku miliki untuk menjadi seorang blogger?'.

Aku bukan ahli, bukan juga blogger femes, jadi apa yang aku tuliskan murni hanya bersumber dari pengalamanku. Karena menurutku aku adalah blogger dengan modal apa adanya, dan selebihnya adalah faktor nasib.


So, menurut pengalamanku kalau kalian ingin jadi blogger pemula maka mikirnya ngak usah ribet, jangan jadikan faktor pembatas sebagai alasan tidak memulai menulis. 'Aku ngak punya kamera DSLR, Aku ngak mampu beli aplikasi premium, Aku ngak punya modal buat beli domain, atau Aku gak tau mau nulis apa?'

Semua alasan itu singkirkan dulu lalu tanya diri 'apakah tujuan kalian ingin menjadi blogger?' Kalau sekedar mencari uang maka itu juga sebuah alasan bagus untuk memulai jadi blogger, tapi alasan terbaik menurutku adalah 'karena aku suka bercerita'.

Waktu kecil aku gemar mengikuti lomba mengarang, lalu aku sering berdebat dengan mamak ku dan rasanya aku hanya bisa menang ketika aku melampiaskan amarahku kedalam buku diari. Ada banyak amarah ketika aku menulis, terkadang aku harus berkali-kali menyeka mata supaya aku bisa melihat jelas apa yang aku tulis dan sejak itu aku memahami bahwa dengan menulis aku bisa menekan emosiku.

Alasan kedua kenapa aku suka menulis adalah karena aku senang bercerita, jadi terkadang ngak semua hal bisa aku ceritakan, contoh ketika aku ABG rasanya takut kalau mau cerita sama mamak kalau aku habis bergandengan tangan dengan pacarku, dan supaya perasaan bahagia itu bisa keluar dari diriku maka aku menuliskannya hingga menyerupai cerita fiksi haha.

Well, ketika sudah menemukan niat menulis, langkah selanjutnya adalah 'tuliskanlah' , ngak usah terbebani dengan EYD, justru blog diciptakan untuk bebas menulis sesuai masing-masing gaya kita. Tapi kalau kalian punya kemampuan menulis bak Penulis ya monggo.

TOOLS GRATIS BUAT BLOGGER PEMULA


Nah lantas tools gratisan apa saja yang harus kalian miliki sebagai blogger pemula? Cekidot beb's!

  1. Email, kalian bisa buat secara gratis mau yahoo or gmail? Aku sarankan better gunakan gmail karena blogspot itu punya google dan buatlah alamat email sesuai nama asli kalian supaya memudahkan berbagai urusan perblog-an kedepannya.
  2. Website, kalian harus punya media blog. Ada banyak platform gratisan yang bisa kalian manfaatkan seperti kompasiana, kumparan, blogspot atau wordpress. Ngak usah mikirin domain berbayar, temukan dulu keasyikan menulis, perbanyak tulisan sampai kalian menemukan sebuah keseriusan 'gue pengen lebih' maka melangkah ke website personal, go! Aku memulai justru dengan menulis di platform gratisan, lalu karena aku tahu ada kebih banyak peluang bagi blogger yang memiliki web pribadi akhirnya aku baru membuat Ulihape.com dengan tekad aku harus bisa balik modal haha. Nah untuk user name usahakan menggunakan nama asli kalian ya atau nama blog juga sebaiknya dari awal sudah menggunakan nama asli dan kalau bisa sesuaikan dengan alamat email biar klop aja hehe. Tapi kalau dari awal mau serius ngeblog maka mulailah dengan memiliki blog dengan domain berbayar.
  3. Social Media, wajib banget kalian miliki karena kita butuh tempat mempromosikan dan social media adalah tempatnya. Saat ini aku memiliki Facebook, Instagram, Linkedin, dan Twitter dan semuanya Gratis! Nah akun sosial media kalian juga usahakan senama dengan email dan blog kalian, ini yang disebut branding diri.
  4. Aplikasi Edit Poto, di smartphone ku ada Canva, Snapseed dan Picsart yang gratisan So far sudah bisa memenuhi kebutuhanku dalam menunjang tulisanku. Edit poto bagiku penting karena aku ngak jago motret jadi dengan aplikasi edit photo ini aku bisa memperbaiki kualitas photo yang aku ambil dengan smarthphone. 12 tahun menulis modalku hanya kamera hp haha. Snapseed sering aku gunakan untuk memperbaiki cahaya photo dan meluruskan photo yang ngak proporsional. Pics art sering aku gunakan untuk penyesuaian warna, fitur yang sering aku gunakan adalah change colour. Dengan fitur ini aku bisa mengubah warna baju sesuai ketentuan klien haha. Kalau Canva aku gunakan untuk membuat ilustrasi photo artikel. 
    Poto ini diedit menggunakan Picsart
    baju yang dikenakan adalah sama, poto kiri
    campaign produk A, poto kanan campaign produk B. Dengan fitur change colour aku bisa
    mengubah warnanya sehingga 2 campaign
    bisa langsung jalan satu kali kostum hehe
  5. Aplikasi Video, pilihanku adalah VivaVideo karena cukup mudah menggunakannya. Kenapa butuh aplikasi edit video? Karena tulisan akan makin real ketika kalian bisa menambahkan penunjang berupa video yang bisa kalian post di sosial media atau ditambahkan kedalam tulisan dalam blog. Versi gratis hanya bisa mengedit video dengan durasi 5 menit dan hasil edit mempunyai watermark. But it's OK bagi blogger pemula.

Modal awal sebagai blogger cukup miliki dari poin 1 sampai 5, ke lima tools ini bisa kalian miliki secara GRATIS dan tersedia juga dalam versi berbayar. Aku pribadi baru no 2 dan 5 yang berbayar dan itupun masih sangat terjangkau. 

Setiap tahun aku membayar 160 ribu untuk perpanjangan domain, dan VivaVideo awal sekali aku cuman membayar 49ribu untuk menjadi VIP member yang bertujuan menghilangkan watermark dan bisa edit video diatas lima menit dan itu aku hanya membayar 1x saja sampai hari ini. Namun sekarang untuk menjadi member premium kalian harus berlangganan bulanan atau tahunan.

OK itu dulu bahasan kali ini dan segera mulai saja tanpa memikirkan faktor pembatas yang kalian miliki. Menulislah tanpa memikirkan jumlah pembaca karena percayalah setiap tulisan akan menemukan pembacanya sendiri.

Happy blogging genks!

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.