Jangan Pelit Berbagi Ilmu

Pernah gak sih kalian merasakan bahwa seseorang pelit ngasih ilmu, atau ada yang gak pelit tapi ngasih tahunya setengah hati, bahkan gak sedikit juga yang ngasih tahu tapi caranya gak bener?

berbagai ilmu itu penting
Jangan Pelit Berbagi Ilmu

Aku pernah ngerasain semuanya, namun karena kita dikasih akal maka kita juga tahu apakah seseorang itu memang ikhlas atau gak saat dia berbagi ilmu. Pernahloh aku minta resep kue, teman ini gak jualan dan saat itu kita buatnya juga bareng, nah aku minta resepnya dan dia kasih semua trik and tips juga udah dipelajari bareng. Namun ada bahan yang aku tahu seharusnya ada namun menurut dia gak perlu. Ok aku masih berbaik sangka dan tibalah saat aku mengeksekusi resep dan taraaaa hasilnya gak sama seperti semula, benar saja memang ada bahan yang harus ditambahkan dan nextnya aku coba membuat lagi, baru deh sesuai ekspektasi.

Apa tujuan si teman tadi? Menjebak? Nope! karena dia gak akan hepi juga kalau adonan kue ku gak jadi, hanya saja tampak lebih pintar dibanding yang lainnya itu selalu menggoda. Tapi apakah dengan pelit berbagi ilmu akan membuatmu tampak pintar? Ehm, i dont think so guys!

Ada lagi teman yang tiap aku tanya, jawabannya selalu "gak tahu", "udah lupa" nah biasanya orang yang begini selalu ingin tampil sendiri, namun ada kok orang yang selalu memberikan ilmunya bahkan lebih dari yang dia ketahui, dia udah ajarin kita eh masih ditambah lagi "kalau si anu ngitungnya gini" dan ini membuat kita jadi tahu banyak.

Lalu aku orang yang bagaimana? Aku bisa katakan bahwa aku orang yang tak mau menyimpan beban apapun di kepalaku. Makanya kalau ada yang bertanya pasti aku jawabkan, meski kadang pertanyaannya aku juga gak tahu jawabannya namun pasti aku carikan. Kok mau repot? Itu karena aku beranggapan bahwa siapapun yang bertanya kepadaku, itu karena dia percaya dan menganggap aku mampu. Paling anti aku menjawab "cari aja di gugel" hehe.

Saat ini ilmu yang kumiliki seputar blogging dan beberapa aplikasi editing, dan karena aku mulainya dari kompasiana entah mengapa banyak aja yang menghubungi untuk sekedar bertanya bagaimana sih membuat akun kompasiana? Dan menurutku ini bisa disebut ilmu karena gak semua orang juga kan bisa paham. Dengan seringnya aku dihubungi orang-orang yang gak aku kenal, otomatis setiap pertanyaan mereka juga menjadi sumber pengetahuan baru untukku. Karena untuk menjawabnya aku kan harus nanya dulu ke admin, ntar admin menjawab baru aku sampaikan.

Beberapa teman sekolah juga menghubungi sekedar nanyain "Li gimana sih pakai aplikasi ini?" aku akan jelasin detail apapun yang aku ketahui dan bila tak tahu aku akan jawab "wah aku belum coba yang itu, nanti ya kalau aku tahu aku infoin". 

Kalau urusan pekerjaan juga sama saja, menurutku berbagi ilmu meringankan kita, kapan aku gak masuk kantor aku bisa dengan santai minta tolong teman seruangan karena dia sudah aku infoin juga gimana kerjaanku, lalu apa sih yang membuat aku gak pelit berbagi?

Aku suka banget quote :

"Memudahkan urusan orang lain itu artinya kita sedang membangun jalan tol untuk diri sendiri"

Kadang mamak ku suka heran dengan kondisi ku, yang terlihat mudah-mudah saja. Padahal kalau dihitung di atas kertas penghasilanku dan suami itu kurang untuk mendapatkan kemudahan saat ini. Namun aku percaya itu karena aku gak pernah pelit berbagi, baik ilmu atau yang lainnya. Dan kalian yang pernah bertanya pada ku inshaallah akan bilang "iya" bahwa aku gak pernah menyembunyikan apapun yang aku ketahui.

So, jangan pelit berbagi ilmu, karena pengetahuan itu gak ada batasnya, so kalau kalian membatasinya maka hanya seperti itulah yang kalian dapatkan. 

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: