-->

Ngeblog Sekedar Mengejar Uang ?

Kalau ditanya apa sih tujuan ngeblog? Jujur aku susah mendeskripsikannya, berawal dari suka curhat lalu terbiasa memberi opini, lalu belajar mereview dan kini ngeblog bukan sekedar bicara "karena aku suka nulis". 



Sejak blog bisa menghasilkan maka aku selalu mencatat penghasilan yang aku terima dari ngeblog, penghasilan ngeblog kebanyakan digunakan untuk keperluan sehari-hari, mau dikata lebih besar pasak daripada tiang gak papa yang penting kami bisa melewatinya dengan baik tanpa menyusahkan keluarga maupun teman.

Setiap tahun aku gak pernah membuat resolusi untuk diri sendiri, nah apalagi untuk urusan ngeblog. Aku orangnya mengalir apa adanya namun untuk menjalaninya harus berusaha bukan duduk manis. Mungkin itu kenapa ya aku gini-gini aja hehe, kalau kata orang gak maju-maju. Namun demikian yang namanya punya keinginan ya pasti ada, nah sayangnya karena ngeblog sudah identik dengan menghasilkan maka indikator aku memang uang.
Bila tahun lalu dari blog aku bisa menghasilkan let's say 60 juta maka harapanku ya tahun berikutnya juga segitu, gak ngoyo juga nyusun target biar penghasilannya meningkat hehe. Kalau bicara target jangka pendek biasanya aku mematok jumlah posting artikel dalam satu bulan, misal Juli 2019 aku bisa menulis 25 artikel maka harapanku Juli 2020 minimal samalah tapi nyatanya? Juli 2020 aku hanya bisa menulis 12 artikel, gagalkah? Gak juga sih karena bukan target namun  hanya harapan, yah kalau gak tercapai it's ok hehe.

Urusan blog jangka panjang gimana? Niatnya sih ya tetap akan nulis dan sampai hari ini aku masih semangat mengisi google form yang beredar dimana-mana dan mana yang sesuai biasanya aku isi. Menulis mungkin adalaha cara termudah bagiku untuk mendapatkan tambahan penghasilan, ngeblog bisa aku lakukan sambil bekerja dan segini aja udah bikin aku bahagia sih.

Niat gak mau jadi full time blogger? Dulu sempat terpikir tapi saat ini belum ada sosok full time blogger yang bisa kasih inspirasi untuk diikuti jejaknya. Ada beberapa orang yang aku tahu memang dikenal dari tulisannya tapi kemudian berkembang karirnya sehingga gak bisa lagi disebut blogger. Rasanya di Indonesia akan susah sih blogger dianggap sebagai pekerjaan, saingannya soalnya awak media. Belum lagi soal pendapatan ngeblog sangat bervariasi di Indonesia, ada yang dibayar kemurahan ada pula yang dibayar kemahalan dan hal ini sungguh membuat aku gak berani menjadi full time blogger.

So target jangka panjangku ya gak ada, nulis aja selama masih pengen menulis dan so far meski aku menulis demi rupiah tapi untungnya aku memang suka menulis jadi gak pernah juga membebaniku, ditambah pula job juga gak berlimpah, tapi selalu ada tiap bulannya. 

Gimana dengan biaya domain? Setahun gak nyampe 200 ribu jadi inshaalah ya kebayarlah dari berbagai kegiatan ngeblog, dan akan terus aku bayar selama aku masih akan menulis. Membayangkan tagihan domain tiap tahun menjadi sebuah semangat untuk terus bisa menghasilkan dari blog karena harus bayar domain hehe.

Salut dengan blogger yang bisa berkembang karirnya dan ada banyak blogger yang aku kenal juga sangat disiplin dalam membuat resolusi khusus blognya. Ada yang mengganti tampilan blog setiap tahun, ada yang mengupgrade hosting atau bahka udah ngelist tema yang mau ditulis dalam satu bulan.

Apapun target kalian pastikan bahwa kalia melakukannya dengan happy, karena ada banyak kisah orang sukses yang tak bahagia karena terlalu tertekan dengan berbagai tuntutan orang lain. 


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: