-->

Berbagai Ucapan Terima Kasih Dalam Drama Korea

Drama Korea a.k.a drakor kembali ramai dibincangkan saat pandemi, akibat banyak yang stay at home kali ya jadilah butuh tontonan untuk mengisi hari. Aku salah satunya (mungkin) hehe kembali melakukan hobi lama untuk menikmati berbagai kisah drakor. Sebenarnya ceritanya ya gitu-gitu aja sih samalah kek suara hati istri intinya tetap begitu namun tetap we di tonton hehe.

Ucapan Terima Kasih di Korea

Ucapan terima kasih adalah kata yang paling sering aku dengarkan dalam setiap drakor, dan meski translatenya "terima kasih" tapi ternyata beda-beda bila diucapkan dalam bahsa korea atleast yang aku tonton di drakor ya gengs, kalau secara ahli tata bahasa aku gak paham.

Jadi artikel ini gak berdasarkan riset so kalau ada informasi boleh banget ditambahkan dan dikoreksi di kolom komentar ya gengs. Ucapan terima kasih di Korea menurutku sangat beragam, cara mengucapkannya sepertinya tergantung beberapa poin, yaitu :

  1. Situasi formal atau informal
  2. Usia
  3. Hubungan
Sama seperti kita sih kalau lagi situasi formal tentu kita mengucapkan dengan EYD dan baku, misal "baik pak, terima kasih" atau "baik pak, terima kasih banyak atas bantuannya". Kalau usia mungkin dalam beberapa bahsa daerah kita juga sangat mempengaruhi pemilihan kata yang digunakan, tapi kalau di Batak mirip orang bule sih bahwa usia ini ngak mempengaruhi pemilihan kata, contoh untuk menyebut Ibu bisa saja dengan You, dan di batak "hamu atau ho". Nah ternyata di korea usia merupakan faktor yang digunakan dalam pemilihan kata juga.

Hubungan yang dimaksud ini seberapa akrab kamu dengan lawan bicara. Mirip dengan kita juga kalau akrab bisa gunakan bahasa prokem ya kan? Kalau gak akrab bisa memilih kata yang ringan, gak formal.

Nah ini dia beberapa ucapan terima kasih dalam drakor yang pernah aku dengar selama ini, sekali lagi ini hanya berdasarkan pengamatan drakor ya gengs hehe.

1. Gamsa, Gomawo, Kamsa dan Gomapta

Dalam drakor keempat kata ini sering digunakan pada saat mengucapkan terima kasih kepada rekan sebaya, seseorang yang kita akrabi dan dalam situasi tak formal. Kalau diterjemahkan ini mirip dengan "makasih" bukan terima kasih. Nah aku biasanya kalau bilang "makasih" biasanya buat orang yang lebih muda , kalau akrab aku biasanya akan nambahin "makasih ya". Penambahan Ya ini dalam korea juga ada, yaitu "YO" so kalau mau bilang makasih ya "gomawoyo". Penambahan ya ini memang akan lebih menimbulkan kesan positif bukan?

2. Kamsahamida, Gamsahabnida, dan Gomapseumnida

Sewaktu aku ke Korea maka setiap habis berbelanja yang diucapkan penjaga toko adalah "Kamsahamida" dan aku gak menemukan kata lainnya sih. Tapi kalau di drakor ketiga kata terima kasih ini sering muncul dalam situasi formal dan diucapkan untuk ke orang yang lebih tua atau kita hormati. Bisa diartikan dengan Terima kasih, dan kalau mau nambahin Terima kasih ya maka tinggal tambahkan "Yo" saja.

3. Jeong - Mal

Kadang kita akan sampe berulang-ulang mengucapkan terima kasih saking merasa ketolong banget, "makasih banyak, terima kasih banyak, benar-benar makasih ya". Nah kata ini dalam drama Korea diucapkan jeong-mal so ini ucapan terima kasih yang mendalam. Jeong-mal biasanya disertai kata lain seperti jeong-mal gomaweyo pokoknya ini makasih banget dah!

Nah itu dia ucapan terima kasih yang sering aku dapati dalam drama korea, kalau ada yang lain berarti aku ngedrakornya kurang jauh, atau kalau salah berarti aku ngedrakornya pakai skip-skip haha.


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: