-->

Pengalaman Terapi di Klinik Tumbuh Kembang Hermina Bitung

Disleksia Gangguan Belajar

Dokter Spesialis Anak di RS Mitra Keluarga merujuk kami ke Dokter Tumbuh Kembang Anak RS Hermina Bitung, pertimbangannya karena area terdekat dengan kami yang memiliki Klinik Tumbuh Kembang Anak adalah RS Hermina Bitung dan saat bertemu dengan dr. Rasmita Ulina Ginting anak kami langsung di skrining, ini adalah pengalaman pertama kalinya untuk skrining tumbuh kembang anak. Saat itu anakku memang masih ragu dengan mana kiri dan kanan, lalu mengucapkan huruf R masih sangat L, diminta mengulangi kalimat panjang tidak bisa, lalu diminta menulis dia melakukan seperti kebiasaannnya menuliskan huruf atau angka dari bawah ke atas dan saat diminta menuliskan 1-5 dia tulis tidak berurut namun ketika ditanya warna dia tahu semua, angka juga tahu tapi ketika bertemu alphabet maka dia membisu.




Anakku didiagnosa  dr. Rasmita mengalami disleksia gangguan belajar, kenapa hanya dengan huruf? Angka bisa, iqro' bisa? Karena memang bentuknya berbeda dengan alphabet. Kok bisa nggak kenal huruf ya dok? Apakah metode belajar tidak tepat? Ternyata tidak juga, karena memang disleksia adalah gangguan belajar pada anak dengan tingkat kecerdasan normal artinya sekalipun seorang anak memiliki IQ tinggi maka bisa mengalami disleksia.

Setelah didiagnosa disleksia apa yang harus kami lakukan? Dokter memberikan rekomendasi untuk melakukan 2 kali terapi wicara dan 1 kali terapi okupasi setiap minggunya. Terapi ini dilakukan di Klinik Tumbuh Kembang (KTK) RS Hermina Bitung, dan hari itu pertemuan selsai dengan membawa diganosa disleksia namun aku merasa sangat lega karena menemukan permasalahan selama ini yang membuat aku bertanya kenapa Kayama nggak bisa mengenal huruf.

Klinik Tumbuh Kembang (KTK) RS Hermina Bitung

KTK di RS Hermina Bitung sangat nyaman tempatnya luas dan bersih. Sebenarnya aku punya kesempatan untuk membawa anak terapi disalah satu rumah sakit swasta yang punya nama dan menerima pasien BPJS Kesehatan juga namun setelah berkunjung ke sana aku memutuskan untuk tetap melakukan terapi di KTK Hermina Bitung dengan alasan berikut :
  1. Lokasi, dari lokasi rumah kami maka RS Hermina Bitung adalah RS terdekat rujukan BPJS Kesehatan yang memiliki Klinik Tumbuh Kembang Anak setiap ke sana kami menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 30 menit one way dan menurutku sih biasa saja ya nggak jauh-jauh amat.
  2. Pelayanan Ramah, pertama kali datang aku disambut pak satpam dan karena baru pertama kali ke sini pak satpam mengarahkan aku untuk mengisi formulir dan menginformasikan persyaratan yang harus aku siapkan. Begitupun ketika aku ke KTK Hermina Bitung alhamdulillah perawat di sana semuanya ramah nggak ada yang muka jutek meski kami adalah pasien BPJS Kesehatan. Pasien dilayani berdasarkan urutan kedatangan.
  3. Ruangan Terapi Banyak, ada 3 ruangan terapi telewicara, 2 terapi okupasi dan ada ruangan terapi lainnya dan ternyata ada juga ruangan terapi untuk orang dewasa.
  4. Ruang Tunggu Nyaman, nah buat pendamping pasien bisa menunggu di dalam KTK dan nyaman banget karena besar serta ber AC dijamin anti gerah hehe, lalu ada televisi juga yang sering memutar film anak.
  5. Terapisnya Baik Banget, paling tidak kami sudah dilayani oleh dua orang terapis dan keduanya sangat baik dan ramah. Tidak hanya baik tapi terapis juga sangat komunikatif dan sepanjang pengamatanku pasien lainnya juga merasakan apa yang kami rasakan bahwa terapis KTK Hermina Bitung super keren dan bikin kami orang tua semangat mendapingi anak-anak menjalani terapi
  6. Jadwal Terapi Fleksibel, jadwal terapi dari jam 8 pagi sampai 8 malam dan yang bikin senang tuh kalau pas ada jam kosong maka terapis akan menghubungi kami apakah bersedia mengambil slot yang ada.
  7. Terapi Tanpa Antri, karena jadwal terapi sudah dikomunikasikan lewat WA maka kita tinggal datang saja sesuai jam yang ditentukan. Begitu tiba di KTK Hermina Bitung kami hanya menaruh berkas persyaratan kemudian tunggu jam tiba dan terapis segera memanggil pasien.
  8. Konsultasi Setelah Terapi, setelah terapi maka terapis akan menjelaskan perkembangan anak kita, lalu kita juga diberi saran untuk menstimulasi anak di rumah. Kalau kita ingin tanya-tanya terapis akan menjawab selama jadwal terapi berikutnya belum tiba.
Klinik Tumbuh Kembang RS Hermina Bitung selain Terapi Wicara dan Okupasi juga melayani :
 
- Klinik Psikolog
- Fisioterapi Pediatrik 
- Sensori Integrasi 
- Snoezleen dan
- Klinik Gangguan Makan 

Rekomendasi KTK Hermina Bitung : 9/10, area parkirnya masih dalam perbaikan semoga saja segera jadi biar nggak becek kalau pas hujan.

Terima kasih untuk Ibu Jeje dan Kholish yang sudah mendampingi Kayama anak kami menjalani terapi dan alhamdulillah setelah hampir satu bulan terapi kini anak kami Kayama sudah mulai ngeh dengan huruf, dia udah paham bahwa kata yang dia ucapkan terdiri dari rangkaian huruf.

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

1 comment:

afmiwulandari said...

Bun pengen tau kisaran tarifnya berapa yah?