-->

Tentang Anak Gandeng Danone Luncurkan Program BACA di Hari Buku Sedunia

23 April adalah Hari Buku Sedunia, bertepatan hari ini Danone bersama Tentang Anak meluncurkan Program BACA kebetulan banget aku menyaksikannya secara langsung lewat webinar. Nah penasaran nggak seperti apa sih Program BACA? Lantas apa ya alasan Danone ikutan mendukung kegiatan ini?

Program BACA Danone
Peluncuran Program BACA Danone dan Tentang Anak

Pada webinar kali ini Bapak Arif Mujahidin Selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mendukung anak-anak Indonesia supaya memiliki minat baca sejak dini. Apalagi ternyata angka aktivitas literasi anak-anak Indonesia masih rendah banget yaitu hanya sekitar 37% hal ini dijelaskan beliau saat webinar kemarin dengan tema “Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua yang Baik”. Danone kali ini akan memberikan 1000 Buku Serial Sikap Baik dan buku tentang lingkungan berjudul "Sampahku Tanggung Jawabku serta flipcart panduan isi piringku" diharapkan lewat buku-buku ini anak-anak akan menjaga lingkungan sejak dini dan paham konsep bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi. 

Sementara itu hadir juga CEO Tentang Anak sekaligus seorang Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo, senada dengan Danone maka Tentang Anak saat ini menggalang donasi untuk pengadaan 5000 buku serial Sikap Baik. Dokter Mesty menghadirkan buku serial “Sikap Baik” sebagai teman anak-anak dalam tumbuh kembang dan harapanya bisa meningkatkan minat baca anak. Lewat tayangan di youtube aku melihat buku serial Sikap Baik ini dibuat cukup menarik bagi anak-anak dengan ilustrasi yang ceria. Buku serial Sikap Baik ini bisa jadi pegangan orang tua untuk mengenalkan sikap dasar yang harus dimiliki anak sejak dini sebagai makhluk sosial. Apalagi saat ini Ramadan dan kita hanya di rumah aja salah satu kegiatan yang mengasyikkan adalah membaca so buku serial Sikap Baik ini akan membantu anak-anak untuk berbuat baik terhadap lingkungan sekitarnya. Dokter Mesty juga mengajak siapa saja yang ingin berdonasi bisa langsung ke Wecare.id. Nantinya buku-buku ini akan diberikan kepada anak-anak yang ada di rumah sakit, panti asuhan, taman posyandu dan anak-anak sekolah.

program baca danone
Nara Sumber Webinar Program BACA


Manfaat Membaca Buku

Pada webinar kali ini hadir juga seorang psikolog anak dari Tigagenerasi beliau adalah Fathya Artha Utami, beliau mengatakan membaca adalah salah satu jenis aktivitas yang baik dalam melewati ibadah puasa. Pandemi membatasi gerak kita jadi jangan sampai anak merasa bosan dan bisa memicu stres yang berujung kepada emosional anak yang tak stabil. Kegiatan anak harus bervariasi dan jangan juga online melulu makanya membaca bisa dijadikan alternatif kegiatan saat di rumah.

program baca tentang anak
Manfaat Membaca

Kegiatan membaca memang harus dimulai sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan anak sudah bisa diajak membaca. Ada yang bilang buku adalah jendela dunia dan menurutku itu benar adanya, bahkan untuk menumbuhkan minat baca pada anak sangat susah. Karenanya Bapak Arif Mujahidin berharap dengan adanya Program BACA maka literasi anak-anak Indonesia akan semakin baik, karenanya 1000 buku serial Sikap Baik akan disalurkan pada bulan Ramadan ini.

Inilah manfaat membaca menurut Fathya Artha Utami :

  1. Mengasah kemampuan anak untuk mengendalikan emosinya
  2. Meningkatkan kosa kata anak dan kemampuan membaca
  3. Sebagai alternatif kegiatan jadi jangan hanya online melulu disaat pandemi 
  4. Mengaktifkan bagian otak yang berfungsi dalam pengembangan bahasa
  5. Menumbuhkan empati
Selain membahas tentang peluncuran Program BACA webinar juga membahas tentang nutrisi anak saat berpuasa, Dokter Mesty mengingatkan untuk menjaga asupan cairan tubuh anak dan kamipun diajarkan cara menghitung kebutuhan air sesuai usia anak. Selain itu menjaga asupan saat berbuka puasa dan sahur juga menjadi bagian penting jangan karena puasa semua makanan disantap. 
cara menghitung kebutuhan cairan pada anak
Kebutuhan cairan anak

Well, semoga Program BACA bisa berjalan sehingga angka literasi Indonesia merangkak naik aamiin!


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: