-->

Bulan Ayu dan Dyslexia Genius Hadirkan Terapi Edukasi Berkelanjutan Untuk Anak Dyslexia

Hi Parents

Kalian tentu masih ingat perjuangan anakku untuk mengenal huruf setelah dia divonis dyslexia, saat itu aku lega banget karena merasa menemukan masalah yang dihadapi anakku selama ini. Dyslexia yang aku pahami adalah masalah gangguan belajar pada anak dan ini ternyata ada banyak jenisnya. Akhirnya aku bisa mengetahui dengan rinci berbagai jenis dyslexia lewat sebuah acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Bulan Ayu, aku dan teman-teman blogger jadi paham apa itu dyslexia dan bagaimana cara penanganan dyslexia. Lantas mengapa Yayasan Bulan Ayu Dyslexia yang berada di Malaysia mengadakan acara ini bersama blogger Indonesia? 

Dyslexia dan Cara Penangananya

Bulan Ayu adalah perempuan Indonesia, ketika kecil Bulan Ayu juga mengalami kesulitan dalam belajar namun pengetahuan orang tua dan keterbatasan informasi saat itu membuat Bulan Ayu harus berjuang dalam belajar supaya tak dianggap bodoh oleh orang sekitar. Bulan Ayu merasa bingung memenuhi tuntutan Guru dan orang tua, Bulan Ayu merasa sudah berusaha maksimal untuk bisa mengikuti pelajaran namun Bulan Ayu merasa kesusahan.

Perjalanan waktu bersama suaminya Jaldeen Mohd. Ali akhirnya membuka wawasan bagi Bulan Ayu, Jaldeen memberitahu bahwa beberapa ciri khas dyslexia ada pada dirinya dan Bulan Ayu akhirnya paham mengapa dulu dia merasa kesusahan saat belajar, itulah alasan mengapa dia tak bisa mengikuti pelajaran dengan baik kala itu. Bulan Ayu pun berkomitmen ingin mengedukasi orang tua, Guru dan masyarakat umum mengenai dyslexia. Aku sendiripun sebelum anakku divonis dyslexia menganggap ketakmampuan anakku dalam mengenal huruf karena si anak "malas" dan beruntungnya karena sudah banyak informasi aku pun mencurigai jangan-jangan anakku mengalami permasalahan dalam tumbuh kembangnya dan alhamdulillah dengan mengetahui anakku dyslexia maka aku bisa memahami bahwa anakku bukan tak bisa namun ada masalah yang harus aku perbaiki supaya dia bisa mengikuti pelajaran. 

Bulan Ayu dan Dyslexia Genius Sdn Bhd Malaysia

Bulan Ayu adalah seorang Program Director di Dyslexia Genius Kuala Lumpur, Dyslexia Genius merupakan sebuah pusat terapi edukasi yang diperuntukkan bagi anak-anak spesialis dyslexia. Bulan Ayu semakin mendalami mengenai dyslexia sejak menikah dengan dengan suaminya Jaldeen Mohd. Ali. Jaldeen sendiri sudah menggeluti bidang ini sejak lama bahkan saat berkenalan dengan Bulan Ayu, Jaldeen sudah menciptakan Assesment Tools bagi dyslexia dan bisa dibilang keluarga besar mertua Bulan Ayu merupakan Profesional Bidang Dyslexia dan mereka aktif dalam mensosialisasikan dyslexia tak heran Ibu Mertua Bulan Ayu "Puan Sariah Amirin" diberi gelar Ibu Dyslexia di negara asalnya Malaysia.

Dyslexia Genius

Bulan Ayu saat webinar juga mengisahkan bagaimana  dia memulai karir sebagai guru pengajar di Dyslexia Genius pada tahun 2010. Bulan Ayu mulai mendampingi anak-anak dyslexia dan dia harus memperhatikan mood anak-anak supaya bisa handle mereka untuk belajar. Bulan Ayu seperti melihat masa kecilnya, anak-anak dyslexia adalah anak genius hanya saja mereka perlu dilatih supaya bisa memahami pelajaran. Dyslexia Genius memiliki program pembelajaran yang sudah diakui oleh Kementeria Pendidikan di Malaysia. Bulan Ayu melihat bahwa masih banyak Guru yang nggak paham kalau anak didik bisa saja adalah seorang dyslexia namun karena tak paham akhirnya merasa anak tak mampu mengikuti pembelajaran. Bulan Ayu mulai melakukan training bagi Guru-Guru di Malaysia dan bersama suami serta mertua melakukan sosialisasai kepada orang banyak mengenai dyslexia di Malaysia.

Mengenal Dyslexia 

Dari penjelasan Bulan Ayu saya baru mengetahui ciri-ciri anak dyslexia bisa banyak, ada anak yang tak mengenal huruf atau angka bahkan keduanya, ada anak yang nggak bisa menghafal, anak yang susah bicara dan ini adalah ciri anak dyslexia mereka akan kesulitan dalam menerima pembelajaran. Sementara itu dyslexia juga ada berbagai jenis dyslexia, anak pertama Bulan Ayu pun adalah anak dyslexia jenis Dyscalculia yaitu mengalami kesulitan dalam mengenal angka, berhitung dan persoalan matematika pada umumnya. Berbekal pengetahuan tentang Dyslexia Bulan Ayu tak khawatir, Bulan Ayu melakukan terapi rutin kepada anaknya sehingga bisa bersekolah di sekolah umum. Jenis dyslexia berikutnya adalah Dysphasia yaitu anak yang mengalami kesulitan dalam bahasa atau berbicara so kalau ada anak yang sulit merangkai kata bukan berarti bodoh namun dia mengalami kesulitan dan ini bisa kita latih dengan mengikuti terapi edukasi di Dyslexia Genius, lalu ada juga Dysgraphia dimana anak-anak sulit untuk menulis rapi dan aku melihat ciri ini pada anak pertamaku, tulisannya segede gaban dan saat ini sedang menjalani terapi juga supaya bisa lebih baik dalam menulis. Kemudian Dyspraxia adalah gangguan pergerakan dan koordinasi ini bisa kita lihat pada anak yang jalan tiba-tiba jatuh atau tersandung dan biasanya kita cap anaknya nggak hati-hati, nggak fokus, Visual in Perception adalah kemampuan otak untuk memahami apa yang dilihat, serta kemampuan mengingat atau fokus ketika dalam proses belajar.

Dyslexia Genius Sdn Bhd Malaysia

Dyslexia Genius melihat pentingnya menangani anak-anak dyslexia sejak dini, bahwa benar semua anak terlahir genius dan kalaupun kini belum genius mungkin saja anak kita mengalami salah satu dari gangguan pembelajaran. Dyslexia Genius hadir untuk mengatasi anak-anak dyslexia, mereka akan menjalani terapi edukasi berkelanjutan sehingga mereka akan bisa belajar di sekolah pada umumnya.

Bulan Ayu

Dyslexia Genius merupakan pusat terapi edukasi spesialis dyslexia dan memiliki kurikulum SPTBid (Sariah Program dan Teknik Bimbingan Intensif Dyslexia) dan sudah mendapatkan pengakuan dari dari Kementerian Pendidikan Malaysia. Bulan Ayu sendiri akhirnya mendirikan Dyslexia Genius pada tahun 2016 dan cabang pertama dibuka di Titiwangsa Kuala Lumpur. Bulan Ayu banyak mengadakan kegiatan berkaitan dengan dyslexia, hal ini terus dilakukan Bulan Ayu untuk bisa menyebarluaskan mengenai dyslexia dan anak-anak dyslexia bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Bulan Ayu tak ingin berhenti sampai disini, kabar baiknya Bulan Ayu akan segera membuka cabang terapi edukasi Genius Dyslexia di Indonesia dan ini merupakan harapan bagi anak kami juga karena terapi basic di Rumah Sakit sudah dinyatakan lulus dan aku nggak tahu harus kemana melakukan terapi lanjutannya. Dyslexia Genius bisa menjadi salah satu tempat yang akan kami tuju untuk melakukan terapi edukasi berkelanjutan sehingga anak kami nantinya bisa beradaptasi dengan baik ketika berada di dalam kelas untuk menerima pembelajaran.

www.bulanyau-dyslexia.com

Bulan Oktober diperingati sebagai bulan dyslexia dunia untuk itu selama Oktober Bulan Ayu melakukan serangkai kegiatan dalam memperingati hari dyslexia, nah buat parents yang ingin tahu lebih banyak lagi terkait dyslexia boleh join webinar yang akan diadakan Bulan Ayu Dyslexia pada 23 Oktober 202.

Informasi lainnya bisa diakses di website Bulan Ayu Dyslexia :

Website

www.bulanayu-dyslexia.com 

https://www.dyslexiageniusmalaysia.com 

Instagram :

https://instagram.com/bulanayu_dyslexia  


 


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: