Journaling Online di Facebook

Journaling Online di Facebook

Journaling adalah kegiatan menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan, menulis diary termasuk journaling. Apakah journaling harus menulis secara langsung? Menurutku sih nggak ya, apalagi saat ini teknologi berkembang dengan baik sehingga banyak juga orang yang melakukan journaling secara online.

Tips Journaling bagi pemula
Journaling for Happiness

Namun akhir-akhir ini kegiatan journaling booming kembali dengan menulis secara langsung di buku jurnal dan ada banyak jenis buku jurnal menarik untuk melakukan journaling. Dengan menulis secara langsung diyakini bisa mengurangi stres, kitapun di tuntut kreatif karena biasanya buku jurnal kita hias dengan pernak pernik, ada yang menggunakan stiker, jenis kertas warna warni dengan berbagai motif dan tentu saja menulis secara langsung bisa membuat kita tak mudah lupa akan sesuatu. Kalian nonton drakor 2521? Pemeran utamanya Na Hee Do seorang atlit anggar melakukan journaling, dia mencatat apa saja latihan dan kesalahannya, dia mencatat gerakan lawannya dengan journaling dia berhasil mengevaluasi kelemahan diri dan lawannya.

Ngeblog juga merupakan kegiatan menuangkan isi pikiran, dengan ngeblog kita bisa menulis apa saja yang kita rasa dan lakukan, journaling juga nggak sebatas menulis loh, bisa juga lewat gambar. Aku pribadi suka menulis secara langsung maupun online. Dan journaling yang rutin aku lakukan adalah mencatat pemasukan blog setiap tahunnya, dengan journaling aku bisa membandingkan pencapaian blog tahun ke tahun. Aku bisa tahu juga faktor-faktor penyebab bila ada penurunan ataupun peningkatan pendapatan dari blog, nah itulah salah satu manfaat journaling kita bisa menjadi bahan evaluasi untuk diri kita.

Pembeda journaling manual menurutku isinya lebih jujur bila dibanding menulis jurnal secara online. Journaling bisa membuat kita menjadi pribadi yang ramah, dengan menulis biasanya kita akan bisa menyalurkan emosi dengan benar, karena kita bisa menulis dengan jujur apa, mengapa, siapa dan kenapa kita melakukan sesuatu sehingga journaling membuat kita jadi lebih positif.

Facebook bagiku adalah media journaling online terasyik karena bisa membuat folder album foto, aku mengupload Poto per tema, misal tumbuh kembang kedua anakku, cerita mudik setiap tahun, pencapain blog tahun ke tahun dan semua bisa dengan mudah aku pantau di Facebook, apalagi Facebook memiliki fitur menampilkan memori dari tahun ke tahun. Terkadang takjub mendapati beberapa peristiwa yang sama padahal waktunya berbeda, semuanya bisa aku lihat karena aku melakukan journaling online di Facebook.

Journaling Online
Ngejurnal di Facebook

Dalam buku jurnal kalian bisa menulis apa saja dan bisa juga dibuat tema, mirip seperti channel YouTube misal setiap hari Senin kalian menulis quote Drakor, Rabunya menulis rasa hari kemarin, atau jurnalnya mau menulis seseorang yang kalian benci atau suka juga bisa banget, pokoknya journaling nggak ada batasan tema. 

Journaling yang jujur akan membawa dampak positif bagi jiwa, bisa dijadikan evaluasi untuk pencapaian kita, nah kalau kalian ingin memulai journaling ada baiknya kalian persiapkan tema apa yang ingin kalian tulis, sedangkan untuk buku jurnal banyak dijual sudah jadi atau kalau mau kreasi sendiri juga bisa , ide nya banyak di online misalnya di pinterest, canva mereka punya template journaling yang menarik. 

So kalau kamu sudah ngejurnal apa nih? 

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir