Toge Panyabungan Minuman Unik Indonesia

Toge Panyabungan Minuman Unik Indonesia

Minuman Unik

Indonesia sangat kaya raya akan budaya, budaya juga erat kaitannya dengan aneka makanan dan minuman. Kali ini challenge ODOP ISB adalah minuman unik yang dirindukan. Nah! kalau urusan kangen maka yang ku rindukan hanya ada dua minuman, pertama adalah Toge Panyabungan. Hah? Toge kok minuman bukannya sayur? Aha! inilah uniknya di Panyabungan sebuah daerah di Tapanuli Selatan bagian dari Sumatera Utara, di sana toge bukanlah sayur melainkan minuman. Lalu minuman kedua yang ku rindu adalah Es Tebak, Es Tebak ini minuman asal Sumatera Barat namun aku mengenalnya ketika menetap di Padang Sidempuan. Yuk bahas satu per satu minuman unik ini dan temukan alasan mengapa sampai hari ini masih menjadi minuman yang ku rindu.

Minuman Unik Indonesia, by Ulihape

Toge Panyabungan

Kebetulan aku lahir di Panyabungan Tapanuli Selatan, minuman Toge ini ada disetiap hari bukan minuman khas bulan tertentu seperti Ramadhan. Pada tahun 2017 Kemendikbud juga sudah menetapkan Toge Panyabungan sebagai warisana budaya tak benda, minuman toge ini juga bisa ditemui dibeberapa daerah yang ada di Sumatera Utara. Namun demikian Toge Panyabungan yang dirindu tentu saja yang asalnya dari Panyabungan. Panyabungan dulu adalah Kabupaten Tapanuli Selatan, kini sudah menjadi Mandailing Natal atau dikenal dengan Madina. 

Toge Taing Tumpat

Di daerah asalnya toge ini dijual dibeberapa lokasi, yang paling dikenal adalah toge yang dijual oleh Taing Tumpat, kini sudah diteruskan oleh keluarganya karena sejak tahun 40-an toge ini sudah dijajakan oleh Ibu Taing yang kerap disapa Butet. Toge Panyabungan semakin terkenal ketika anaknya Ibu Taing yang meneruskannya anaknya inilah yang dipanggil Taing Tumpat. Ibu Taing Tumpat atau etek Fatihah sudah meninggal pada tahun 2019 namun toge panyabungan masih ada dan diminati dan kalao ke pasar tanya saja mana toge Taing Tumpat.

Toge Panyabungan (Sumber : kliknusae.com)

Seperti apa sih minuman khas Panyabungan ini? Toge Panyabungan disajikan di dalam mangkok mirip es campur namun isi dan rasanya berbeda. Minuman Toge ini terdiri dari cendol, ketan putih, tape ketan hitam, candi dan lupis kecil which is semua terbuat dari tepung ketan atau pulut. Kelima bahan ini diberi gula merah dan santan. Rasanya manis dan segar gimana ya menyebutnya? pokoknya enak dan aku lebih senang menikmatnya tanpa es, namun banyak juga yang suka diminum dingin.

Seporsi minuman toge ini hanya 10.000, ehm menulisnya saja membawa aku kepada aroma khas minuman toge ini. Pernah aku cari di layanan makanan online namun rasanya tak sesuai ekspektasi. Setiap mudik kami sekeluarga menyempatkan untuk mampir di Panyabungan khusus untuk menikmati toge Taing Tumpat.

Es Tebak

Bukan tebak melainkan tebak ucapkan ala anak Medan ya woi! Kalau di daerah asalnya Sumatera Barat penyajiannya cukup bermacam-macam mirip es campur. Namun es tebak Padang Sidimpuan hanya berisi sirup merah saja jadi beneran segar. Tebak ini sendiri adalah olahan tepung beras dan sagu berwarna putih, dicetak seperti cendol tapi lebih halus. Tebak ini diberi es dan sirum merah jadi warnanya seperti bendera bangsa kita merah putih. Versi lainnya ada yang dicampur cincau, diberi gula merah dan santan atau susu. 

Es Tebak (Sumber : merahputih.com)

Menikmati es tebak Padang Sidimpuan paling sedap adalah bersama sate lontong dijamin nikmat kali bah! Well itu dia minuman unik yang selalu aku rindu dan dipastikan setiap ada perjalanan pulang kampung maka dua minuman ini wajib dikunjungi.

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir