Cerita Sebuah Perjalanan

Cerita Sebuah Perjalanan

Makna Perjalanan

Apa yang terlintas dengan kata perjalanan? Liburan? atau hanya tentang kehidupan? Bagiku perjalanan itu bisa merupakan apa saja, bukankah hidup dunia ini adalah sebuah perjalanan? Bahkan perjalanan ada sebuah upaya untuk bertahan hidup bagi makhluk purba, perjalanan menjadi sebuah wisata dan kini healing juga bisa dimaknai sebagai perjalanan menghibur diri.

Makna sebuah perjalanan
Makna Sebuah Perjalanan

Pindah Tugas

Papaku kerap berpindah tugas dan ini merupakan perjalanan melelahkan dalam hidupku, lelah karena dalam usia belia berpindah sekolah. Aku membenci hari pertama sekolah karena harus memperkenalkan diri di depan kelas, harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Kalau dihitung lebih dari 30 kali berpindah-pindah tempat, kalau buatku melelahkan bagaimana dengan Mamak? Mamak selalu melakukannya dengan senang hati dengan dalil "kemana suami pergi seorang istri wajib mendampingi". Ketika dalam perjalanan menuju kota baru ada banyak kenangan yang ku tinggalkan di kota sebelumnya, mengingat kembali teman-teman yang kutinggalkan sembari menerka teman seperti apa yang akan ku jumpai. 

Liburan

Liburan adalah perjalanan yang menyenangkan, ketika melakukan perjalanana saat libur artinya kemerdekaan bagi kami untuk meminta apapun selama perjalanan. Mamak selalu menciptakan momen terindah ketika berlibur, tak ada amarah, senyuum dan mengiyakan apapun yang kami minta. Karenanya perjalanan selama liburan selalu berkesan bagi aku dan adik-adikku, sungguh sebuah perjalanan yang menyenangkan because kami adalah raja hehe.

Perjalanan Dinas

Setelah aku memasuki dunia kerja ada banyak perjalanan dinas yang aku lakukan. Keinginan sewaktu kecil untuk bisa naik pesawat terbang terwujud ketika aku bekerja, nyaris setiap bulan bisa naik pesawat 4-6 kali, hoho bahagia bila mengingat momen dimana aku menanti kapan waktunya aku naik pesawat. Perjalanan di udara terlama aku lakukan adalah ketika aku umroh. Perjalanan religi yang menyadarkanku bahwa sebaik apapun aku mencoba menutupi jati diriku maka dihadapan Allah semua tirai itu akan tersingkap, tak ada guna menjelma jadi orang lain itu adalah makna perjalanan yang aku dapatkan saat melakukan ibadah umroh. Sejak itu aku tak pernah malu untuk mengungkap siapa aku, bagaimana kondisi keluargaku dan ternyata menyenangkan kalau hidup nggak ada rahasia, berjalan tanpa keraguan dalam keramaian karena tak ada yang ditakutkan.

Perjalanan dinas bukan sekedar melepas kewajiban terkadang ada perjalanan lain yang bisa aku lakukan. Mengeksplor kuliner dan wisata di sekitar perjalanan dinas bahkan bersilaturahmi dengan teman yang aku kenal.

Mudik

Mudik adalah perjalanan panjang yang kerap kami lakukan sejak kami berada di Sumatera Selatan, perjalanan ribuan kilometer menuju kampung kedua orang tuaku. Perjalanan mudik memang beda dengan perjalanan lainnya. Perjalanan ini memberi semangat, rindu dan mendatangkan khawatir akankah tahun berikutnya masih bersua atau melakukan perjalanan ke dunia lain? 

Saat mudik kami akan mengunjungi makam, mengunjungi saudara yang sakit dan kekurangan, melepas rindu dengan mereka yang lama tak bersua, Mudik adalah perjalanan yang membawa banyak rasa, belum lagi kalau lewat kota mantan duh ada sebuah keinginan untuk mengenangnya lama-lama haha bukan karena tak move on melainkan kenangan manis itu selalu melekat di hati.

Ada banyak makna dari sebuah perjalanan dan aku yakin kita akan terus melakukan perjalanan sampai akhirnya kita bertemu sang pencipta, mungkin saat itupun kita ingin melakukan perjalanan melihat rumah Tuhan? Ingin berkunjung kepada para Nabi dan Rasul bahkan berlari mencari orang-orang tersayang.



0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir