P-Project Bukan Sekedar Melawak Lewat Musik

P-Project Bukan Sekedar Melawak Lewat Musik

Ketika SMP ada grup musik liriknya membuat kita ketawa, banyak lagu barat diplesetin alias dibikin parodi, meski plesetan namun makna lagunya bisa menyindir kita yup musisi P-Project namanya. P merupakan kepanjangan dari Padhayangan.

P-Project Bukan Sekedar Melawak

Padhyangan sendiri merupkan grup musisi anak kampus terdiri dari dua kampus yaitu Padjajaran dan Parahyangan genre yang dipilih adalah Komedi Musikal karena mereka kerap tampil antar kampu membawakan kabaret diiringi musik.

Padhyangan kemudian terkenal di Bandung lalu untuk lebih serius mengembangkan bakat mereka mengubah nama menjadi P(adhyangan)-Project, banyak lagu barat yang diparodikan, lirik nan lucu namun menyentil. Ingat betul ada lagu judulnya Andaikan Perawat nah ini parodia dari lagu I'll never break your heart punya Backstreet Boys, lirik kocaknya tahun ini mengangkat bahwa perempuan sudah sedikit yang mau jadi perawat. Bisa jadi ya hal ini karena pendidikan sekolah perwat memang kurang diminati kala itu bahkan sekolah perawat yang aku tahupun pada tahun 95-an juga tutup. 

Dari P-Project ini berkembang menjadi Project-Pop which is mereka junior dari P-Project dan ini mungkin kalian pasti kenal personilnya karena sering mengisi acara entertaint di televisi. Project-Pop ini terdiri dari Tika Panggabean, Oon, Gugum, Odie, Udjo, Yosi dan Hilman. Tahun 2000 personilnya hanya tinggal berenam karena Hilman hengkang. Sering juga sih senior dan junior bertemu misalnya Kang Deni dan Izsur Muchtar. Project Pop hadir dengan musik jenaka juga dan polah mereka yang komedi selalu membuat lagu-lagunya laku di pasaran kala itu.

Project Pop
Personil Project pop
Sebagai perempuan bermarga Batak maka kekagumanku terhadap Project Pop ada plusnya karena keberadaan Tika Panggabean, bahkan ketika aku kuliah di Bogor salah satu keinginanku adalah bertemu Tika Panggabean and it happened hehe.

Project-Pop sama dengan kakak senior mereka genre musik komedi melekat kepada mereka, dan dalam beberapa acara entah nge MC dan main film mereka juga berakting komedi. Dangdut is the music of my country juga sukses di pasaran dan rerata video klip musik dibuat dengan jenaka.

Selain Project-Pop ada juga musisi negara tetangga Malaysia yang suara dan senandung lagunya hadir disetiap film yang dia bintangi beliau adalah P.Ramlee di Indonesia pun demikian Raja Dangdut dan Ratu Dangdut Rhoma Irama dan Elvie Sukaeshi juga bermain film dengan lagu mereka sebagai pelengkap jalan cerita.

Makanya kalau blogger sekarang juga dituntut bisa membuat video, bisa punya follower banyak mungkin begitulah hidup ya tak hanya mengandalkan satu kebisaan saja untuk bisa survive seperti para musisi yang aku kisahkan ini dari musik berkembang ke acting dan pekerjaan seni lainnya.


0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir