Kupas Tuntas Peran penting Migas dalam Masa Depan Indonesia

Kupas Tuntas Peran penting Migas dalam Masa Depan Indonesia

Hi Readers!

Apa yang ada dibenak kalian ketika aku mengucapkan satu kata, Migas? Industri Migas, singkatan dari Minyak dan Gas Bumi (Migas), pembaca bisa jadi sepemikiran denganku Migas itu bahan bakar, Migas itu gas rumah tangga, atau bahkan ada yang bilang Migas itu menyebabkan efek rumah kaca? Namun pernahkah pembaca mengetahui bagaimana peranan Migas bagi perekonomian Indonesia?

CONVENTION AND EXHIBITION MIGAS
Daftarkan diri kalian Gratis! IPA Convex 2023


Peranan Utama Industri Migas Bagi Indonesia

Sumber Pendapatan Negara, Migas merupakan bagian besar bagi pendapatan negara. Penerimaan negara dari sektor Migas meliputi royalti, pajak, dan bagi hasil produksi. Pendapatan ini dapat digunakan untuk membiayai program pembangunan, pelayanan publik, dan infrastruktur.

Ekspor dan Neraca Perdagangan, Minyak dan gas bumi adalah salah satu komoditas utama yang diekspor oleh Indonesia. Ekspor Migas memberikan kontribusi signifikan terhadap penerimaan devisa negara dan membantu menjaga keseimbangan neraca perdagangan.

Pekerjaan dan Kesejahteraan Masyarakat, Industri Migas menciptakan peluang kerja bagi ribuan orang, baik langsung maupun tidak langsung. Industri ini melibatkan berbagai sektor, termasuk eksplorasi, produksi, pengeboran, layanan dukungan, logistik, dan lain-lain. Upah yang diterima pekerja Migas umumnya relatif tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Untuk mengelola kegiatan produksi Migas, Indonesia membangun infrastruktur yang meliputi jaringan pipa, kilang minyak, terminal LNG (Liquid Natural Gas), dan fasilitas pendukung lainnya. Pembangunan infrastruktur ini dapat mempercepat pengembangan wilayah dan meningkatkan konektivitas antar pulau.

Penyediaan Energi, Migas masih menjadi salah satu sumber energi utama di Indonesia. Minyak dan gas bumi digunakan dalam sektor energi termal, transportasi, dan industri. Dalam konteks energi bersih, Indonesia juga mengembangkan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mengurangi ketergantungan pada Migas.

Dan kita semua sudah mendengar target pemerintah menyongong generasi emas pada HUT RI ke 100 tahun 2045 nanti salah satunya adalah Net Zero Emission dengan menghadirkan EBT atau energi bersih, lantas bagaimana nasib Industri Migas? Masihkah Migas punya peranan di masa depan? 

IPA CONVEX 2023
Meets Blogger Diskusi Bareng IPA

Untuk menjawab keingintahuan itu lucky me punya kesempatan menghadiri Meets Blogger bersama IPA (Indonesian Petroleum Association) yang diadakan pada 11 Juli lalu, selain menambah wawasan tentang industri Migas ternyata aku baru tahu medio Juli nanti akan diselenggarakan IPA Convex (Convention and Exhibition) ke 47. Pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber Bapak Nanang Untung selaku Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Integrasi, Koordinasi, dan Interface Migas, Ibu Marjolijn Wajong selaku Direktur Eksekutif Indonesia Petroleum Association (IPA) dan Bapak Krishna Ismaputra selaku Chairperson IPA Convex 2023.

Pada meet blogger ini dibahas bagaimana Migas masih merupakan hal yang dibutuhkan Indonesia, sekalipun target Net Zero Emisi bisa diwujudkan maka kebutuhan akan energi fosil (Migas salah satunya) masih akan dibutuhkan dengan proporsi yang lebih rendah dari total energi yang digunakan.

Menurut Bapak Nanang Untung selaku staf ahli ESDM pada tahun 2050 Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) mencatat peningkatan kebutuhan minyak sebesar 139% dan kebutuhan gas sebesar 298%. Dalam skenario tersebut, kebutuhan energi nasional diperkirakan mencapai sekitar 1.000 MTOE (Million tonnes of oil equivalent), dengan 44% berasal dari minyak dan gas, yang berarti sekitar 440 MTOE harus dipenuhi. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan akan Migas di berbagai sektor yang belum dapat sepenuhnya digantikan oleh Energi Baru Terbarukan (EBT). Seperti kita ketahui Migas memiliki dampak bagi lingkungan, karenanya perlu penangkapan dan penyimpanan emisi karbon yang dihasilkan oleh kegiatan Migas melalui teknologi atau penanaman pohon sebagai penyerap karbon. Tujuannya adalah untuk menjaga keberlanjutan energi dari beragam sumber yang dimiliki Indonesia, seperti batu bara, minyak, gas, dan EBT, serta memenuhi komitmen NZE.

Dan kaget loh mengetahui informasi bahwa saat ini cadangan minyak di Indonesia hanya 0.1% dan sedikit lebih baik cadangan gas 0.7% karenanya sangat butuh untuk mencari sumber potensi energi migas lagi, apalagi sektor transportasi dan petrokima masih membutuhka Migas dan disinilah Bapak Nanang Untung menekankan pemerintah harus mampu menarik investor yang memiliki sumber daya pendanaan dan teknologi untuk mengeksplorasi potensi Migas dalam negeri.

IPA CONVEX 2023
Bapak Nanang Untung

"Kita masih sangat membutuhkan investor. Meskipun kita maksimalkan transisi energi, kita masih memerlukan sumber daya fosil sampai suatu saat teknologi baterai lebih terjangkau, dan kita masih bergantung pada kondisi cuaca. Menurut prediksi semua pihak, fossil fuel tetap memiliki peran hingga tahun 2050” (Nanang Untung – ESDM)

Ibu Marjolijn Wajong yang akrab disapa Ibu Meti menjelaskan bahwa sektor hulu Migas juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penerimaan negara. Menurut data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas), penjualan Migas secara langsung memberikan kontribusi sekitar Rp672 triliun. Jumlah ini terdiri dari penjualan minyak dan gas bumi sebesar Rp583 triliun, alokasi dana bagi hasil Migas sebesar Rp17 triliun yang juga menguntungkan daerah penghasil, serta penerimaan lainnya dari sektor hulu Migas sebesar Rp89 triliun, yang meliputi signature bonus, production bonus, firm commitment, pembayaran PPN, PBB Migas, PDRD, pajak penghasilan Migas, dan pendapatan lainnya.

Ibu Meti juga menjelaskan bahwa Indonesia sebagai produsen Migas besar telah mengalami penurunan produksi minyak dari tahun ke tahun. Produksi yang dahulu mencapai lebih dari 1 juta barel per hari (BPH) pada tahun 70-90an, kini berada di kisaran 600 ribu BPH. Namun, kebutuhan terus meningkat, dengan rata-rata kebutuhan sebesar 1,5 juta BPH. Hal ini memberikan beban keuangan yang signifikan bagi negara karena harus melakukan impor minyak dan bahan bakar minyak. Makanya nih sangat dibutuhkan investor yang memiliki sumber daya finansial karena biaya eksplorasi sangat besar dan resiko besar bila ini dilakukan oleh pemerintah sendiri.

IPA CONVEX 2023
Ibu Meti

“Niat baik untuk menuju energi bersih tentu saja merupakan kebijakan yang tepat dan tren dunia menggunakan energi ramah lingkungan. Namun, perjalanan menuju energi bersih membutuhkan waktu, dan penggunaan kendaraan listrik, terutama mobil listrik, akan membutuhkan waktu puluhan tahun. Selain itu, potensi energi matahari yang besar juga membutuhkan bantuan teknologi baterai, karenanya Insan Indonesia harus peduli dengan energi sesuai kapasitas masing-masing agar energi tersedia” (Marjolijn Wajong – Direktur Executive IPA)

Aku sendiri sependapat dengan narasumber bahwa bagaimanapun dalam mempersiapkan energi bersih Indonesia masih butuh energi fosil, dan tentu saja aka nada potensi kerugian bila industri migas ini tak digali lagi potensinya. Seperti kata Bapak Nanang untung bahwa Industri Migas melibatkan multi player effect jadi kalau sempat habis maka kita kana ketergantungan pada impor energi, ketidakstabilan pasokan energi dan tentu saja kerugian pendapatan dan penerimaan negara serta hilangnya lapangan pekerjaan.

Duh mendadak blogger jadi mumet ya ges haha, nah biar nggak penasaran sebaiknya pembaca bisa berperan nih untuk menghemat energi, seperti kata Bapak Krishna mau beli combro aja naik motor, lah beban subsidinya lebih gede dari harga combronya haha, makjleb! Benar banget ya ges kadang kita tahunya mengeluh padahal kita bisa berkontribusi dengan membantu pemerintah dari hal sederhana. Contoh lain gunakan gas alam daripada tabung gas juga bisa mengurangi beban pemerintah loh!

IPA Convention & Exhibition 2023

Sebagai masyarakat awam aku rekomendasikan kalian untuk bisa hadir pada event IPA Convex 2023, menambah wawasan dan tentu saja menikmati pameran terbesar Industri Migas nih! Semula IPA Convex 2023 akan diadakan pada Mei namun karena kesiapan tempat tak sesuai akhirnya untuk pertama kalinya IPA Convex ke 47 akan diadakan di ICE BSD Tangerang pada 25-27 Juli.

Bapak Krishna Ismaputra mengatakan IPA Convex 2023 Gratis bagi semua pengunjung dengan cara mendaftarkan diri secara online. Harapannya tentu saja terselenggara lebih baik dari tahun sebelumnya dan untuk IPA Convex 2023 IPA Menyusun kertas kerja terfokus kepada dua hal yaitu : Meningkatkan Investasi dan Carbon Capture and Storage (CCS). Nantinya IPA Convex 2023 akan menyediakan Co-working space dengan kapasitas 200 orang secara gratis serta ada Low Carbon Zone dan hasil lomba poto yang diselenggarakan menyambut IPA Convex 2023, tidak hanya itu akan ada area Food Truck so kita bisa juga kulineran! Dan jangan khawatir disediakan shuttle bus gratis dari Jakarta menuju ICE BSD dengan point meeting di ESDM, FX Sudirman, PIM, Cilandak Town Square dan Stasiun Rawa Buntu.

Nah Catat tanggalnya ya! See you there!

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir