Rahasia Meningkatkan Nafsu Makan Anak dengan Morinaga Morigro

Rahasia Meningkatkan Nafsu Makan Anak dengan Morinaga Morigro

Mengatasi Tantangan Makan Si Kecil

Sebagai seorang ibu pekerja, saat memiliki anak pertama saya merasa sukses karena berhasil memberikan nutrisi terbaik mulai ASI hingga MPASI hal ini dibuktikan oleh berat dan tinggi badan anak pertama sesuai buku perkembangan yang diberikan dokter. Pada saat anak kedua lahir tak ada perasaan cemas apapun karena biasanya demikian masalah muncul pada saat pertama kali bukan?

Susu Morinaga Morigro
Booster Nafsu Makan Anak dengan Morinaga Morigro

Namun aku salah, justru pada saat anak kedua menuju usia 3 tahun aku menyadari bahwa pertambahan berat dan tinggi badannya tidak sebagaimana indikator di buku panduan tumbuh kembang anak. Firasatku mengatakan ada yang salah, akupun menyadari bahwa pola makan anak keduaku tak seperti anak pertama. Si bungsu picky eater, melepeh sesuatu yang terasa kasar, menolak makanan tekstur kasar sehingga aku terlena sampai usianya dua tahun makanannya masih seperti bubur, aku mencari alternatif penambah nafsu makan anak baik dari internet maupun bertanya dengan dokter namun hasilnya tak signifikan.

Tanpa membuang waktu aku segera menemu ahli dan kisahnya sudah aku tulis di sini, ternyata tantangan anak yang sulit makan itu aku alami justru pada anak kedua, hal ini yang membuat aku kurang menerima, kok bisa sih Li?. Aku paham kebutuhan gizi dan nutrisi yang cukup sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Namun, anak yang kurang selera makan membuat aku khawatir tentang kesehatan dan tumbuh kembang anakku.

Meski anakku telah berusia delapan tahun, namun belum terjadi perubahan yang signifikan terhadap nafsu makannya, dia masih pilih-pilih makanan dan beruntung beberapa waktu lalu bak menemukan secercah harapan akhirnya aku menemukan rahasia untuk meningkatkan selera makan anak dan aku sudah buktikan selama kurang dari 12 hari mengonsumsi susu Morinaga Morigro sudah terlihat nafsu makannya membaik, semula hanya mau 6-7 sendok makan, sejak minum susu Morigro sudah bisa diatas 10 sendok makan, Alhamdulillah! Nah penasaran dengan Morinaga Morigro? Simak ya tulisanku ini dan temukan manfaat susu bagi pertumbuhan anak.

Mengapa Anak Mengalami Masalah Makan?

Masalah makan dikenal dengan istilah Feeding Difficulties, namun untuk menentukan apakah anak mengalami masalah makan juga bukan hal mudah. Butuh evaluasi dan ada gejala yang ditunjukkan seperti anak selalu menolak makanan yang diberikan lebih dari 3 minggu, anak menangis tantrum di jam makan, ASI yang melewati batasan usia atau seperti anakku tidak mengalami kemajuan tekstur makan. 

Susu Morinaga Morigro
Feeding Difficulties

Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli ini Morinaga mengadakan Media Gathering dan membahas Penyebab dan Dampak Masalah Makan Terhadap Tumbuh Kembang Optimal which is ini sesuai banget dengan kondisi anak keduaku dan tentunya semua orang tua yang pusing menghadapi kendala makan pada anak pasti senang mendapatkan informasi dari para ahlinya. Tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah "Anak Terlindungi Indonesia Maju" dan ini harus dimulai dari memberikan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang optimal anak, makanya kalau anak sudah susah makan bagaimana bisa kita wujudkan generasi emas pada 2045 nanti? 

Media Gathering diadakan dua sesi, sesi pertama para mom's blogger diberi ilmu dari para ahli yaitu Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D selaku Pakar Gastrohepatologi Universitas IndonesiaIbu dr. Bernie Endyarni Medise, Sp. A(K) MPH selaku Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM dan Ibu Vera Itabiliana S. Psi selaku Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia. Paduan ilmu dari ketiga narasumber memberi insight baru bagiku dan agak kaget dengan fakta yang disampaikan oleh Prof. Hegar bahwa saat ini ternyata masalah makan pada anak usia 3-6 tahun ada pada angka 63% dan 70% di usia pra sekolah, wow! ternyata aku nggak sendirian dan semakin sedih mengetahuinya karena masalah susah makan ini dampaknya luas bagi tumbuh kembang anak prevelansi masalah makan mencapai 63 persen pada usia 3-6 tahun dan 70 persen pada usia prasekolah.

Susu Morinaga Morigro
Media Gathering : Penyebab dan Dampak Masalah Makan Terhadap Tumbuh Kembang Optimal

Pengalamanku dengan anak kedua yang susah makan senada dengan penjelasan Prof. Hegar, berat dan tinggi badannya berbeda dengan anak seusianya, udah jelas ini karena anakku kekurangan asupan nutrisi bahkan dari graik tumbuh kembang sudah berada di garis merah dan secara emosi aku juga merasa gagal, kadang muncul ingin marah namun menyadari ada yang salah sampai akhirnya aku mengajak anakku bertemu dokter spesialis metabolik hanya untuk mencari apa penyebab anakku bisa gagal tumbuh optimal.

Ibu Vera Itabiliana selaku Psikolog juga memahami bahwa ketika anak susah makan maka bukan hanya anak yang tergerus emosinya namun orang tua juga. Menurut beliau kebiasaan anak makan itu adalah cerminan interaksi anak pada makanan pada awal kehidupannya. Memberi makan adalah interaksi antara Ibu dan anak atau pengasuh which is bisa siapa saja. Ada anak yang susah makan karena konsep makan itu adalah reward and punishment jadi bukan sebuah kebutuhan nutrisi, ada pula trauma pada anak karena diberi makan dengan ancaman atau ekspresi yang menakutkan.

Variasi makan anak juga sangat tergantung pada menu keluarga, karenanya peranan orang tua dalam membiasakan makan anak memang sangat penting, bagaimana orang tua mengatur menu supaya anak tetap mau makan dan interaksi saat memberi makan juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan seperti memberi dengan cara yang menyenangkan, tidak terburu-buru karena kebiasaan makan anak cenderung meniru orang tuanya.

Sementara itu dr. Bernie menjelaskan bahwa memberi makan anak adalah bagian dari stimulasi tumbuh kembang anak dan tak bisa instant, harus diusahakan secara berulang. Untuk tumbuh optimal anak membutuhkan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Bila anak susah makan maka maka anak akan kurang nutrisi, tak memiliki energi sehingga akan susah untuk memberikan stimulasi saat bermain. Susah makan pada anak bahkan memiliki akibat yang fatal bila terjadi gangguan pada perkembangan otak, dan seketika aku mengaminkan apa yang diucapkan oleh dr. Bernie bahwa anak kedua ku dengan diagnosa disleksia salah satu faktor penyebabnya adalah susah makan. dr. Bernie menyarankan bila anak susah makan dalam jangka lama (satu bulan) segera bawa konsultasi untuk diatasi sebelum terlambat.

Prof. Hegar dan dr. Bernie seirama dengan pengalamanku ketika anak susah makan memeng tidak menyukai padat, makanya sewaktu pengobatan untuk mengoptimalkan nutrisi anakku diberi makanan cair namun tidak dalam jangka lama hanya sampai anak mampu mengejar atau mempertahankan indikator tumbuh yang sehat.

Nah! lantas apa rahasia yang dapat meningkatkan selera makan anak? Media Gathering sesi kedua kupas tuntas solusi ajak anak makan lahap serta apakah ada manfaat susu bagi pertumbuhan anak secara langsung?

KALBE Nutritionals Hadirkan Morinaga Morigro Solusi Ajak Anak Makan Lahap

Sesi kedua Media Gathering sudah ku nantikan, jelas aku penasaran apa sih rahasia penambah nafsu makan anak dari Morinaga? Dan akhirnya penasaran ku terjawab ketika Ibu Junita selaku Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals memperlihatkan Morinaga varian terbaru yaitu Morinaga Morigro.

Susu Morinaga Morigro
KALBE Nutritionals Luncurkan Morinaga Morigro

PT. Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) menyadari fakta dari hasil survei Ibu di Jabodetabek dan Medan bahwa 55% orang tua di Indonesia punya masalah dalam mengatasi nafsu makan anak yang rendah pada usia 1-6 tahun, dan untuk menjawab permasalahan para orang tua yang kesulitan menghadapi anak susah makan. Ibu Julia menegaskan bahwa masalah anak susah makan tak hanya mengganggu kesehatan secara fisik lebih luas bisa merambat ke psikis. Karena itu Morinaga Morigro hadir untuk menjadi solusi bagi anak-anak yang punya masalah makan dan dijadikan sebagai susu penambah berat badan anak 1 3 tahun yang mampu memperbaiki nafsu makan anak.

Pada sesi kedua ini hadir Bapak Dr. Muliaman Mansyur selaku Kepala Divisi Medis KALBE Nutritionals beliau menjelaskan bahwa kesulitan dalam mengatur pola makan memiliki beragam bentuk, jenis, dan gejala. Sebagai contoh, terdapat situasi di mana anak-anak kehilangan selera makan atau mengalami penurunan nafsu makan, ada juga anak-anak yang selektif dalam memilih jenis makanan yang ingin mereka konsumsi, dan terdapat pula anak-anak yang hanya mau makan jenis makanan tertentu sering kita sebut dengan istilah picky eaters. Selain itu, terdapat anak-anak yang menolak makanan sepenuhnya atau hanya makan dalam jumlah kecil, serta anak-anak yang mengalami kesulitan menelan makanan karena berbagai alasan. Penting untuk diingat bahwa penyebab dari kesulitan makan ini sering kali terkait dengan faktor psikologis, gaya asuh, dan jenis makanan yang diberikan kepada anak. Penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda peringatan (red flags) seperti gangguan kesehatan organik, seperti demam, pembengkakan gusi, kesulitan menelan, mual, muntah, dan masalah pada saluran pencernaan. Dalam menangani masalah ini, diperlukan pendekatan yang melibatkan aspek organik, psikologis, dan nutrisi guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal.

Namun hari ini satu kecemasanku memudar, Morinaga Morigro memberi jawaban atas penantianku. Morinaga Morigro adalah susu pertumbuhan anak 1 tahun dan diformulasikan untuk anak mulai usia 1 sampai 12 tahun. Susu ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang, yang sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam fase pertumbuhan emas (Golden Age).

Morinaga Morigro GROMAX Bantu Optimalkan, Nutrisi Anak

Dampak yang signifikan dari feeding difficulties telah mendorong Morinaga Morigro, susu formula khusus untuk anak usia 1 tahun ke atas, untuk hadir sebagai solusi. Morinaga Morigro tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama masa pertumbuhan, tetapi juga bertekad mengatasi akar permasalahan picky eating. Dengan menggunakan formula GROMAX yang mengandung minyak ikan, Probiotik BB536, serta serat FOS, Morinaga Morigro mengoptimalkan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Minyak ikan dalam GROMAX memiliki peran ganda, tidak hanya mendukung pertumbuhan berat dan tinggi badan yang ideal, tetapi juga merangsang nafsu makan yang sehat. Kandungan Probiotik BB536 dan Prebiotik serat FOS dipadukan dengan tingginya kandungan vitamin A, C, E, dan Zinc, untuk menjaga sistem imun anak. Dalam upaya untuk mendukung perkembangan yang optimal, Morinaga Morigro juga memberikan kontribusi besar melalui kandungan kalsium, Vitamin D, 14 jenis vitamin lainnya, dan 9 mineral penting. Keseluruhan ini membuktikan komitmen Morinaga Morigro dalam membantu anak makan dengan lahap dan tumbuh secara maksimal.

Susu Morinaga Morigro
Keunggulan Morigro

Ibu Junita menjelaskan Susu Morinaga Morigro diproduksi dengan bahan berkualitas terpilih sebagai dasar produksinya, dirancang khusus untuk menghadapi tantangan yang seringkali menjadi perjuangan bagi orang tua sejak lama. Tantangan tersebut mencakup kesulitan mendorong anak agar memiliki nafsu makan yang sehat serta mengatasi kesulitan memastikan nutrisi yang cukup saat anak mengalami fase sulit makan di Indonesia. Dengan keunggulann ini diharapkan Morinaga Morigro hadir sebagai solusi yang tangguh bagi para orang tua untuk mengatasi kendala anak yang sulit makan.

Pengalaman Setelah Minum Susu Morinaga Morigro, Anakku Bilang "Mami Aku Lapar"

Akhirnya setelah sekian lama merasa bingung mau memberi apa kepada anakku yang susah makan, akhirnya aku mau mencoba Morinaga Morigro untuk memperbaiki nafsu makannya. Sayang susu Morigro belum masuk ke toko susu langganan dekat rumah, alhasil beli online dan sudah 10 hari anakku mengonsumsi susu Morinaga Morigro. Morinaga Morigro kesukaannya adalah rasa Vanila dan anakku suka. Ketika menyajikannya juga mudah larut, berbeda dengan susu protein tinggi yang pernah kami coba agak butuh perjuangan melarutkannya. Hari ketiga minum susu Morigro aku melihat makan anakku membaik, semula hanya mau 6 suap namun setelah minum susu penambah nafsu makan Morigro dia bisa makan sampai 8 suap dan semakin hari makin membaik bahkan kini anakku sudah bisa teriak "Mami aaku lapar" sebuah kalimat yang aku nantikan selama ini, rasanya senang bisa menemukan solusi anak makan lahap dengan Morinaga Morigro. Aku juga sudah merekomendasikan Morinaga Morigro kepada teman-teman dan salsah satu teman berkomentar susu Morigro bisa buat ketiga anaknya sekaligus, which is usia anaknya 6, 8 dan 10 tahun yang sama-sama mengalami susah makan. Repurchase? Yes!

Susu Morinaga Morigro
Pengalaman Pribadiku

3 Keunggulan Susu Morinaga Morigro

1. Menaikkan Berat Badan & Booster Nafsu Makan

Ketika anak susah makan maka yang perlu kita perbaiki adalah nafsu makannya, dengan membaiknya nafsu makan diharapkan kita bisa mengejar Berat dan Tinggi badan ideal anak. Morinaga Morigro mengandung Minyak Ikan which is sudah terbukti dapat memperbaiki nafsu makan anak. Dan keunggulan Morigro kandungan minyak ikannya diproses dari ikan tuna yang berasal dari Samudra Pasifik Barat dengan kandungan Omega 3 dan komposisi lemak yang lebih baik. Minyak ikan mempunyai khasiat mengurangi kembung pada perut anak sehingga bisa meningkatkan nafsu makan dan Omega-3 dan merupakan zat yang diperlukan anak dalam banyak sebagai sumber energi dalam tumbuh kembangnya. Dengan keunggulan ini Morigro bisa dijadikan solusi sebagai booster nafsu makan dan ini sudah aku lihat sendiri pada anakku.

Susu Morinaga Morigro
GROMAXimal dengan Susu Morinaga Morigro


2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Morinaga Morigro mengandung Bifidobacterium Longum BB536 dan Serat FOS yang berfungsi sebagai Probiotik, yaitu mikroorganisme baik yang secara alami terdapat dalam tubuh. Kandungan Bifidobacterium Longum BB536 berkontribusi dalam mengeliminasi bakteri berbahaya dan mengembalikan keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Kandungan probiotik dalam Susu Morinaga Morigro membantu menjaga keseimbangan flora usus anak. Dengan begitu, pencernaan anak lebih baik dan penyerapan nutrisi lebih optimal. Selain itu, Bifidobacterium Longum BB536 juga berperan dalam menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan sistem kekebalan dan mengatur respons peradangan. Bakteri baik Bifidobacterium Longum BB536 bisa kita temukan pada berbagai sayuran dan buah, khususnya buah dan sayuran yang ada kandungan karbohidrat kompleks. Sementara itu, Serat FOS (Frukto Oligosakarida) berfungsi sebagai prebiotik oligosakarida yang kerap ditambahkan pada susu formula untuk meniru komposisi ASI. ASI memiliki kandungan alami prebiotik oligosakarida, dan dalam Morigro juga terdapat kandungan tinggi Vitamin A,C,E & Zinc membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Dengan demikian, anak lebih tahan terhadap berbagai penyakit sehingga anak tumbuh optimal.

3. Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Morinaga Morigro mengandung Kalsium dan Vitamin D yang tinggi, seperti yang kita ketahui, Kalsium adalah mineral yang memiliki peran sangat penting dalam fungsi tubuh. Kalsium memiliki peran utama dalam mineralisasi tulang serta berbagai fungsi vital lainnya yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia (sumber: Peacock 2010). Proses penyerapan kalsium pada manusia paling efektif terjadi pada masa kanak-kanak, dan mencapai puncaknya saat masa remaja. Pemenuhan kebutuhan kalsium yang tepat pada fase ini, telah terbukti memberikan dampak positif pada masa tulang dan mendukung pembentukan tulang (Peacock 2010; Matkovic 2005). Ada 14 jenis Vitamin yang dianggap senyawa organik esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai reaksi metabolisme, serta terdapat 9 jenis Mineral yang merupakan unsur anorganik yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai unsur hara penting untuk menjalankan berbagai fungsi penting dalam kehidupan. Kebanyakan mineral dalam makanan manusia diperoleh dari sumber-sumber seperti bahan makanan hewani, bahan makanan nabati, dan air minum. Susu Morinaga Morigro juga mengandung DHA, AA, taurin, zat besi, dan zink yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan sistem saraf anak. Kandungan ini membantu anak tumbuh menjadi cerdas dan aktif.

Susu Morinaga Morigro
Cara Konsumsi Morigro


Nah itu dia 3 keunggulan Morinaga Morigro, Morigro tersedia dengan dua  pilihan rasa yaitu Morigro Vanila dan Morigro Madu. Varian rasa ini menambah variasi dan keunikannya dalam memberikan pilihan bagi selera anak. Morigro tersedia dalam kemasan kotak berukuran 200 dan 400 gram, kemasan kaleng 800 gram. Penyajiannya larutkan 5 sendok takar susu Morinaga Morigro GROMAX dengan 180 ml air hangat aduk sampai larut dan siap dikonsumsi anak, hanya saja untuk yang baru menggunakannya maka campur susu Morigro dengan susu lama anak sesuai panduan pada saran penyajian ya.

Tips bagi Ibu Pekerja dalam Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Sebagai seorang ibu pekerja, menjalankan peran ganda sebagai seorang profesional dan ibu bisa menjadi tantangan tersendiri. Mengatasi anak yang sulit makan memerlukan kesabaran dan strategi yang tepat. Sekedar berbagi tips untuk semua orang tua pejuang nafsu makan anak, begini yang aku lakukan selama ini :

  1. Jadwalkan Makan dengan Teratur : Tetapkan jadwal makan yang teratur dan disiplin. Pastikan anak makan pada waktu yang sama setiap hari, sehingga anak terbiasa dengan ritme makan yang sehat. Dulu sebelum konsultasi dokter aku mengikuti kemauan anakku dan ternyata ini salah, menurut dokter paling lama waktu makan anak adalah 30 menit saja.
  2. Buat Makanan Menarik : Kreatif dalam menyajikan makanan dapat menarik minat anak untuk makan. Ciptakan makanan dengan bentuk dan tampilan menarik, serta variasi warna yang menarik. Butuh usaha namun cara ini untuk beberapa anak emang berhasil.
  3. Libatkan Anak dalam Proses Memasak : Ajak anak berpartisipasi dalam proses memasak. Dengan melibatkan anak, mereka akan merasa senang dan bangga dengan makanan yang mereka buat sendiri. 
  4. Hindari Tekanan Berlebihan : Tekan-tekanan berlebihan pada anak untuk makan dapat membuat mereka lebih enggan untuk makan. Biarkan anak makan dengan penuh kegembiraan dan tidak merasa terpaksa. Seperti nasihat Ibu Vera juga ya bahwa momen makan adalah interaksi bonding yang harus kita jaga, so usahakan memberikan perasaan tenang dan nyaman.
  5. Gunakan Morinaga Morigro sebagai Pilihan Nutrisi : Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, Susu Morinaga Morigro adalah pilihan yang baik untuk membantu memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya, bye susah makan selamat datang era #AnakLahapGROMAXIMAL !

 

Susu Morinaga Morigro
Varian Rasa dan Kemasan Morigro

Well parents! untuk selalu update informasi seputar parenting dan nutrisi lainnya silahkan follow akun instagram Morinaga Morigro dan kunjungi website nya https://www.morigro.id

 

 


22 Komentar

  1. peer emang ya kalau anak susah maem mba sama di sini jugaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. nguras emosi ca, makanya aku bersyukur ada susu yang bermanfaat untuk pertumbuhan

      Hapus
  2. Emang paling gregetan banget kalau anak udah susah makan ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen nangis, eh anaknya dah nangis duluan hehe

      Hapus
  3. Tantangan seorang ibu memang macam-macam ya mbak, apalagi tantangan menghadapi anak yang susah makan. Anakku pun juga konsumsi susu Morinaga Morigro, alhamdulillah suka dan jadi tambah lahap makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama ya mbak, terasa manfaat susu Morigro ini ya, aku dah beli yang kaleng nih bismillah ikhtiar

      Hapus
  4. Biasanya susu buat anak itu mengganti asupan makanan kalau anak tiba tiba ngga doyan makan etapi ini Morinaga Morigro malah bisa meningkatkan nafsu makan anak. Kece banget dong ya, apalagi kandungan gizinya super lengkap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak aku udah buktkan sih, jadi aku skip duluu vitamin2 mau habiskan Morigro dulu

      Hapus
  5. Seneng banget ya kalau anak bilang aku laper, berbinar hati ini, jadi gak khawatir sakit. Mantap lah sudah ada Morigro ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, apalagi aku maslaah makan ini kejadian sama anak kedua makanya jadi penasaran aja bawaannya

      Hapus
  6. Morinaga Morigro bs jd solusi terbaik untuk meningkatkan nafsu makan anak ya Mi. Anakku aja suka dengan rasa vanilanya yg enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAyama suka banget sama yang madu enak katanya gak manis banget

      Hapus
  7. Susu bernutrisi baik ini biar tumbuh kembang anak tetap optimal ya kak. Apalagi bisa bantu biar nafsu makannya lebih baik jadi gak pilih² makan lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah menemukan solusi anak lahap makan

      Hapus
  8. Jadi ingat masa2 anakku susah makan duh mama sampe stress saling khwatirnya takut bngt ganggu tumbuh kembang anak alhamdulilah sekarang sudah ada solusi yang tepat yaitu susu morinaga morigro susu yang membantu asupan nutrisi anak susah makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya baru ini mbak, aku baru nyoba

      Hapus
  9. Lumayan tinggi juga ya kasus susah makan ini. Bahaya, untung ada Morinaga Morigro. Moga bisa mengganti nutrisi dan nambah nafsu makan anak. Mom bisa lebih lega

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun, tiap ada solusi mau dibuktikan langsung

      Hapus
  10. Jika anak memiliki gangguan makan, susu Morinaga Morigro bisa jadi opsi untuk menambah nafsu makan anak dan mencukupi nutrisinya yang tak didapati di makanannya. Sekaligus bisa jadi sumber energi dalam tumbuh kembangnya karna terdapat zat yang diperlukan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaatnya untuk optimalkan tumbuh kembang anak

      Hapus
  11. Ponakanku sampe di rawat di rumah sakit nih,karena gak mau makan,baru taju kalau susu ini bisa menambah nafsu makan,terimakasih informasinya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mbak rekomendasikan susu Morinaga Morigro

      Hapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir