Mengenal Pahlawan Cilik Bijak Air : Inisiatif Terbaru dari Danone Indonesia

Mengenal Pahlawan Cilik Bijak Air : Inisiatif Terbaru dari Danone Indonesia

Hi readers!

Inisiatif Terbaru dari Danone Indonesia

Artikel kali ini akan mengulas sebuah kegiatan yang diadakan oleh Danone Indonesia pada awal Oktober kemarin, tepatnya 2 Oktober 2023. Danone Indonesia, dalam kemitraan dengan Program Studi Teknik Lingkungan, Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, serta Sekolah.mu, telah berkomitmen untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian sumber daya air. Komitmen ini diwujudkan dengan meluncurkan sebuah program edukasi yang ditujukan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dengan tema "Pahlawan Cilik Bijak Air". Acara ini dibuka dengan dua siswa yang melakukan dialog mengenai bijak menggunakan air lalu dibuka oleh Ibu Vera Galuh Sugijanto selakuVP General Secretary Danone Indonesia, Ibu Vera juga mengajak kedua siswa berbincang di depan booth interaktif Modul Edukasi Air.

Launching Modul Edukasi Air
Launching Modul Edukasi Air Danone Indonesia

Launching Modul Edukasi Air

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang air serta mendorong tindakan perubahan sejak dini pada anak-anak. Kegiatan ini melibatkan sosialisasi program "Pahlawan Cilik Bijak Air" dan pelatihan guru melalui Training of Trainers (ToT) yang diadakan, kegiatan ini diselenggarakan pada 2 Oktober 2023 di Restoran Kaum Jakarta Selatan.

Pada kesempatan ini hadir Bapak Karyanto Wibowo selaku Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, menurut beliau program ini merupakan salah satu langkah dalam strategi keberlanjutan perusahaan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan di Indonesia. Danone Indonesia dalam hal ini bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Sekolah.mu untuk mengembangkan program edukasi air.

Modul Edukasi Air
Andien, Najeel Shihab, Vera Galuh, Dr. Cindy dan Karyanto Wibowo Ajak Anak Peduli Air Sejak Dini

Pada kesempatan yang sama Dr. Cindy Rianti Priadi selaku Kepala Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Indonesia (TL UI), menjelaskan bahwa program ini berawal dari kesadaran akan tantangan besar yang dihadapi Indonesia terkait ketersediaan air, kualitas, dan kesinambungan air. Laporan USAID tahun 2021 menunjukkan bahwa permintaan air sudah melebihi pasokan air, terutama di beberapa wilayah seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Krisis air ini tidak hanya memengaruhi kebutuhan air sehari-hari, tapi juga sektor lain seperti pertanian.

Selain itu, pencemaran air juga menjadi masalah serius, dengan 59% badan air di Indonesia sudah tercemar akibat limbah industri dan rumah tangga. Maka dari itu, program "Pahlawan Cilik Bijak Air" berfokus pada pemahaman menyeluruh tentang air, termasuk manfaat air, karakteristik air, permasalahan air, dan solusi atas permasalahan akses air bersih tersebut.

Program ini juga melibatkan guru-guru SD dan anak-anak dalam serangkaian kegiatan edukasi yang berlangsung dari September 2023 hingga Maret 2024 nanti. Selain itu, telah dilakukan uji coba kelas eksperimen sains yang berbasis proyek untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang sumber daya air dan pengelolaannya.

Najelaa Shihab selaku Pendiri Sekolah.mu turut hadir sebagai narasumber dan menjelaskan bahwa program ini dapat diakses secara gratis melalui platform Sekolah.mu. Danone Indonesia beserta mitranya berharap bahwa rangkaian edukasi ini akan membentuk anak-anak yang peduli terhadap masalah lingkungan dan memiliki kompetensi untuk masa depan yang berkelanjutan. Selain itu, program ini juga membantu orang tua untuk menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian air secara menarik dan interaktif kepada anak-anak.

Modul Edukasi Air
Modul Edukasi Air Bisa di Download GRATIS

Dalam gelombang pertama ini juga hadir 34 guru dari 17 provinsi terpilih untuk mengikuti program ToT. PAra Guru nantinya akan menyebarkan praktik baik dari program "Pahlawan Bijak Air" ini di sekolah mereka masing-masing dan diharapakan juga bisa menyebarkan informasi ini ke sekolah di sekitar mereka. Pada kurikulum merdeka ada mata pelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) so nantinya modul edukasi air ini akan disampaikan kepada siswa lewat mapel P5 ini.

Guru ToT Modul Edukasi Air
34 Guru yang Lolos ToT Modul Edukasi Air

Program "Pahlawan Cilik Bijak Air" juga merupakan bagian dari upaya Danone Indonesia dalam menjaga lingkungan dan mendukung kesehatan masyarakat. Selain program ini, Danone Indonesia telah melaksanakan berbagai inisiatif lain dalam kebijakan pengelolaan sumber daya air, termasuk penanaman pohon, pembangunan sumur resapan, edukasi pertanian berkelanjutan, pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati, dan penguatan Forum DAS.

Selain itu, Danone Indonesia juga berfokus pada sirkularitas air dalam sistem produksi dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap air bersih dan sanitasi. Mereka juga telah mendukung pemberian ASI eksklusif kepada karyawan perempuan selama 6 bulan dan 10 hari untuk karyawan laki-laki.

                                           Andien Menjadikan Modul Edukasi Air Cerita Menarik 
                                           yang layak dibacakan untuk anak

Tak kalah menarik kehadiran Andien Aisyah selaku Publik Figur menambah kemeriahan pada launching modul edukasi air ini. Andien menilai kehadiran Modul Edukasi Air lewat buku yang menarik bisa mengajarkan kepada anak untuk l;ebih peduli dalam menggunakan Sumber Daya Air. Tampil dengan warna menarik dan kisah yang akrab dengan keseharian membuat Andien bisa membacakan buku ini seperti buku cerita yang disukai anak-anak. Andien Aisyah juga menunjukkan kepiawaiannya membacakan buku modul edukasi air ini dengan cukup menarik. Andien pun mengungkapkan bahwa contoh terbaik bagi anak-anak adalah perilaku nyata kedua orang tua dan perlu upaya untuk mengajak anak menjadi Pahlawan Cilik Bijak Air, seperti mandi menggunakan shower, tidak sering berendam dan berlama-lama ketika mandi, menggunakan sabun yang berbahan alami supaya tak mencemari air dan tentunya terus mengedukasi anak-anak lewat aktifitas keseharian kita.

Well, aku juga akan sharing beberapa tips untuk parents supaya anak-anak kita bisa menjadi Pahlawan Cilik Bijak Air sejak dini ya !

  1. Jadilah Contoh Teladan, tunjukkan kepada anak bagaimana kita sebagai orang dewasa menggunakan air secara hemat dan bijak di sehari-hari. Berbicaralah tentang pentingnya mematikan keran saat tidak digunakan, memperbaiki keran yang bocor, dan menghindari pemborosan air saat mandi atau mencuci tangan.
  2. Pendidikan tentang Sumber Daya Air, di sekolah pasti anak-anak sudah mendapatkan materi dan tugas kita untuk membantu anak memahaminya dengan mengajarkan anak mengenai asal-usul air, siklus air, dan mengapa air adalah sumber daya yang berharga. Gunakan buku-buku anak-anak atau video pendidikan yang sesuai untuk menjelaskan konsep-konsep ini, makanya kehadiran Modul Edukasi Air yang bisa kita download secara GRATIS ini bagus banget loh!
  3. Memanfaatkan Air Hujan, di halaman depan rumah aku menyediakan tong untuk mengumpulkan air hujan yang kami gunakan dalam kegiatan seperti menyiram tanaman, membersihkan kandang kucing kami atau membersihkan halaman. Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan air dengan bijak.
  4. Mainan Edukatif, Berikan anak mainan atau permainan yang mendidik tentang penggunaan air yang bijak. Ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kadang aku memutarkan beberapa video di youtube dan bisa jadi inovasi kedepannya nih supaya Danone Indonesia menghadirkan visual Modul Edukasi Air hehe
  5. Keterlibatan dalam Penghematan Air, Ajak anak untuk berpartisipasi dalam program penghematan air di rumah, sekolah dan dimana saja. 
                                                                Buku Modul Edukasi Air

Kelima tips ini juga nggak bisa dibicarakan sekali melainkan harus terus kita ulang dalam diskusi dengan anak-anak, semoga saja Modul Edukasi Air ini bisa menjadi langkah memmudahkan kita untuk mengajak anak melindungi Sumber Daya Air dan menjaga bumi supaya terus sehat ya sahabat!

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir