5 Cara Meneruskan Kebaikan Untuk Dia yang Sudah Pergi

5 Cara Meneruskan Kebaikan Untuk Dia yang Sudah Pergi

Kematian adalah hal yang pasti, tentunya sebagai orang beragama kita paham masih ada kehidupan di alam lain, dan untuk mereka yang udah mendahuluikita masih ada yang bisa kita lakukan untuk mereka meski sudah berbeda alam. Dalam islam mereka yang sudah pergi akan tetap mengalir pahala ke atas dirinya lewat amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do dari anak yang sholih. Karenanya bagus kita meninggalkan wasiat untuk menghabiskan sepertiga harta yang kita miliki untuk membangun sekolah, memberikan kehidupan bagi anak yatim dan perbuatan baik lainnya. Kalao doa anak yang sholih kata pak ustads nggak usah ngarepin bangetlah, kadang anak-anak kita tuh udah sibuk sama masalah hidupnya bisa jadi lupa mendoakan kita.

Amalan untuk almarhum
Meneruskan Kebaikan Untuk Dia yang Sudah Pergi

Menyampaikan Kasih Sayang kepada Mereka yang Telah Tiada

Kehilangan seseorang yang dicintai adalah pengalaman yang penuh dengan kesedihan dan kekosongan. Meskipun mereka fisik telah tiada, tetapi kasih sayang kita terhadap mereka dapat tetap hidup melalui cara-cara yang sederhana namun bermakna. Berikut adalah beberapa cara untuk menyampaikan kasih sayang kepada orang yang telah meninggal :

Mengenang Momen Indah Bersama

Kenanglah momen-momen indah yang pernah Anda bagikan bersama orang yang telah meninggal. Dari kenangan tersebut, kita dapat merasakan kehadiran mereka dalam hati dan menghargai warisan positif yang telah mereka tinggalkan. Apalagi saat ini ada bany cara untuk merekam segala kenangan indah, dan nyata adanya bahwa memandang potret sekalipun mampu lepaskan rindu pada mereka yang sudah tiada.

Menulis 

Menyampaikan perasaan Anda melalui kata-kata dapat menjadi terapeutik. Menulis surat atau puisi untuk orang yang telah meninggal memungkinkan Anda mengungkapkan rasa cinta, rindu, atau pesan yang belum sempat disampaikan. Dan aku banyak melihat teman-teman yang kehilangan orang yang dia cinta bisa melepas sakitnya lewat menulis meski harus berurai air mata namun bisa memberikan kelegaan.

Berpartisipasi dalam Kegiatan yang Mereka Cintai

Ada lagi yang melanjutkan cinta pada mereka yang sudah tiada dengan meanjutkan tradisi atau kegiatan yang dicintai oleh orang yang telah meninggal. Misalnya, bila mereka suka membaca, donasikan buku atau terlibat dalam kelompok baca. Ini adalah cara untuk merayakan minat dan kegemaran mereka. Seperti almarhum bosku yang suka kumpul-kumpul maka sesekali kami sengaja berkumpul untuk mengenang kesuakaan almarhum dan kadang kita berziarah dan menyapa "nih pak kami kumpul nih) 

Mendukung Amal atau Proyek yang Mereka Pedulikan

Cara lain juga lewat mewujudkan impian almarhum, kada ya gitu impian baru terwujud justru disaat kita tiada, almarhum bos ku sempat ingin punya masjid dan sekolah, alhamdulillah impiannya tersebut diwujudkan saat ini oleh ayah beliau. Cara ini untuk mengenang almarhum dalam kebaikan tentunya.

Merayakan Hari Spesial Mereka

Selama hari ulang tahun atau hari peringatan kematian, merayakan dengan cara yang istimewa adalah bentuk penghormatan yang baik. Ini bisa melibatkan pertemuan keluarga, kunjungan ke pemakaman, atau kegiatan lain yang dianggap berarti. Meski akan ada air mata cara ini mampu melepas kerinduan pada almarhum/almarhumah rasanya mengenang mereka seolah mereka tak pernah pergi dari kita.

Nah itu dia 5 cara untuk mengenag mereka yang sudah tiada, kita dapat memastikan bahwa kasih sayang kita terhadap orang yang telah meninggal terus hadir dalam kehidupan kita. Meskipun mereka telah pergi, ingatan dan pengaruh positif mereka dapat terus menginspirasi dan memotivasi kita dalam perjalanan hidup.

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir