Mendadak Blogger - Ulihape.com

Mendadak Blogger

Sejak kecil memang suka menulis, pernah ikut lomba mengarang tentang mau jadi apa ketika dewasa nanti. Diari adalah tempat aku mencurahkan segala rasa, entah itu lagi kesal ama orang tua, lagi senang, lagi jatuh cinta bahkan khayalan tingkat dewa bisa kutuliskan dalam buku diari, lalu aku stop menyentuhkan goresan pena ke dalam buku diari dikarenakan suatu saat Mamak mendapati diari dan membacanya dengan perasaaan sedih.

Rupanya rasaku tak se-rasa dengan mamak. Sudut pandang kami berbeda, Mamak tak berniat demikian, sementara aku menyambut kejadian dengan tulisan berbumbu, alhasil komunikasi tak sinkron. Sejak saat itu aku berhenti menuliskan rasaku, semuanya hanya kusimpan dalam angan dan ceritakan langsung kepada teman.


Tahun 2009, seorang teman di facebook menyarankan agar aku menulis lagi, akhirnya disebuah website keroyokan aku membuat akun dan memulai lagi aktifitas menulis. Biasalah tulisan ala anak gadis yang gak laku-laku saat itu. Menulis itu memang harus dilatih, semakin sering menulis maka kita akan semakin menemukan gaya tulisan kita. Setelah bergabung di kompasiana, teman-teman semakin banyak dan pada akhirnya aku menemukan istilah "blogger", yup i'm blogger now !

Sejak suka menulis, tak pernah tahu bahwa kita bisa menghasilkan uang dari hobi ini. Bergabung dengan beberapa komunitas blogger pun masih membuatku tak berpikir demikian. Hanya mempunyai kesenangan tersendiri disaat bisa menjalani aktifitas menulis bersama, hadir ke sebuah event dikasih goodiebag, makan gratis, syukur-syukur acaranya di tempat yang keren. Bahkan pada awalnya goodiebag yang diberikanpun tak mampu mengembalikan ongkos yang dikeluarkan menuju TKP hehehe paling hanya dapat ole-ole berupa ATK (Alat Tulis Kantor), paling keren dapat kaos, segitu aja senangnya bukan main #semuadipotoin.


Dalam perjalanan, ternyata blogger mulai dilirik, banyak produk yang butuh diiklankan dengan gaya blogger. Akhirnya beberapa teman menjadikan blogger sebagai salah satu cara untuk menambah penghasilan #sahsaja. Bahkan untuk menaikkan rating pemasaran maka blogger ditantang untuk menuliskan dengan cara yang sangat lengkap, caranya? melakukan lomba terhadap tulisan para blogger, maka blogger akan memberikan tulisan terbaik dan tentunya dengan kompensasi hadiah yang menarik. Ada blogger yang tak merasa tertarik dan ada pula blogger langganan juara dalam lomba nge-blog.


Aku sendiri menjuluki diriku sebagai blogger gado-gado. Nulis gratis ya mau, nulis review produk OK saja, nulis kunjungan suka , pokoknya apa saja yang bisa menambah wawasan. Sedangkan mengikuti lomba adalah caraku untuk semakin melatih ketrampilan menulis. Dalam lomba kita dituntut detail sehingga aku suka mengikuti lomba blog. Dan meski aku blogger gado-gado aku masih belum bisa melawan hatiku. Maksudnya begini, aku hanya mau mengikuti lomba yang sesuai dengan apa yang aku miliki, apa yang aku pernah rasakan. Seperti sebulan lalu aku hadir disebuah acara launching produk baru sebuah gadget, hadir disana aku mau karena merupakan me time ku diluar rutinitas sebagai ibu dan istri. Tapi ketika harus menuliskan lomba maka aku angkat tangan, karena aku memang bukan pengguna gadget tersebut, selama ini aku hanya mengikuti lomba untuk hal-hal yang aku memang pernah miliki dan rasakan. 


Kini, blogger ini jadi banyak jenisnya dan menurutku itu sah-sah saja. Kita mempunyai pilihan sendiri, dan jangan jadikan pilihan orang lain sebagai alasan kita untuk saling mengejek. Ahh dia mah blogger yang ngejar goodiebag doank, itu blogger yang ngejar uang aja, si anu ahlinya review produk, itu blogger bla-bla. Toh kita tak pernah tau niat seseorang untuk menulis itu apa?, kompensasi yang diterima atas tulisannya merupakan usahanya, merupakan karyanya, lu gak suka ? ya sudah jangan menjelekkan, jangan ikutin. Banyak komunitas, banyak event, banyak pilihan jadikan perbedaan sebagai keragaman dalam tulisan.






So ?






When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.