Aplikasi Ruangguru : Belajar Mudah Dalam Genggaman - Ulihape.com

Aplikasi Ruangguru : Belajar Mudah Dalam Genggaman

Bingung mau les dimana?
Bingung try outnya dari tahun ke tahun itu melulu?
Bahkan kamu bingung mau melanjutkan ke sekolah mana ?
Atau kamu belum menemukan guru favoritmu ?

Well, perkembangan teknologi semakin menjadi-jadi, dunia pendidikanpun tak mau kalah jaman aku dulu kalau ujian soalnya dikertas dan jawabnya dikertas, gak efisien banget karena selain bisa nyontek maka selalu ada keraguan disana, butuh waktu yang lama untuk mengoreksinya karena kudu kumpulin kertas jawaban dulu guys! Nah sekarang dunia pendidikan mulai melirik sistem test online pakai komputer, jawab and then score mu bisa langsung ketahuan, aha ini mirip ketika aku test menjadi agen asuransi kemarin, meski jawaban masih bisa kita ubah namun karena komputerisasi maka waktu buat nyontek jadi ga ada loh...

Aku mau sharing nih tentang inovasi keren untuk belajar online which is pertama kalinya ada di Indonesia. Yang membuat aku lebih bangga adalah orang dibalik kekerenan ini semua! Dia adalah Muhammad Iman Usman, pria berusia masih sangat muda ya 24 tahun tapi dengan segudang prestasi, kok tau ? Ya tau ada di wikipedia.com hehehehe. Lulusan Fisip UI dan pernah menyandang predikat mahasiswa terbaik tak lantas membuatnya sombong, prinsipnya adalah belajar, dapatkan dan lalu kembalikan kepada lingkungan sekitar agar bermanfaat 'Learn, Earn and Return". Pada usia 10 tahun Iman sudah mempunyai kepedulian sosial, dimana dia melihat orang-orang mampu namun tak mempunyai kegemaran terhadap buku sementara banyak yang tak mampu haus akan ilmu, karenanya Iman menyediakan rak buku di teras rumah agar anak-anak dilingkungannya bisa dengan mudah mendapatkan buku untuk dibaca. Dan kini pemuda keren ini sudah lulus dari studynya di Universitas Columbia dibidang International Education Development.


Lalu apakah yang dikerjakan Iman saat ini? sehingga kebingungan diatas bisa menemukan solusinya? Yup Iman bersama temannya Adamas Belva Syah Deva dalam waktu dekat akan segera melaunching aplikasi Ruangguru di playstore android  dan apple. Saat ini aplikasi ini masih dalam bentuk Beta dan sudah bisa kita pasang dari playstore android. Lalu apa sih Ruangguru itu? Ruangguru adalah aplikasi online untuk belajar mudah dan praktis, saat ini masih dalam tahap trial and so its free guys! Kedepannya akan berbayar (premium) so anak-anak kita les dari rumah saja dipandu oleh guru online, jadi kalaupun berbayar tentu akan lebih murah ya... nah lo bakalan ada demo lagi nanti dari bimbingan belajar konvensional :LOL:


Sebelumnya Iman dan Adamasterlebih dahulu merilis situs Ruangguru.com pada April 2014 dan Ruangguru.com merupakan startup penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi dan mereka fokus menjadi penyedia jasa guru privat berkualitas baik secara online maupun offline selain itu mereka mempunyai materi lainnya seperti konten persiapan ujian dan sistem belajar terpadu. Jujur bagi saya mengetahui Ruangguru.com tidak lebih dari 2 bulan lalu dan kemarin saya baru mengetahui bahwa ini adalah hasil anak bangsa yang telah mendapat penghargaan pada tahun lalau Bubu Award sebagai Situs Pendidikan Terbaik di Indonesia dan pada tahun ini dari KAIZEN di Dubai, hebat yaaaa... dan saat ini tau gak??? ada 27.000 guru online yang melayani murid-murid diseluruh indonesia, ada yang part time dan beberapa sudah menjadi fulltime di Ruangguru.com.
Emak-Emak Ketje

Situs Ruangguru.com selamanya akan FREE , murid-murid bisa mengakses ribuan bank soal secara gratis dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian semester, nasional bahkan masuk universitas. Dan ini bisa kita akses melalui tes.ruangguru.com, hanya itu saja? eitss tunggu dulu, kenapa sampai mendapat penghargaan tentu ada lebihnya kan ? Yup! Ruangguru.com menyediakan analisis data sehingga dari record data murid yang belajar lewat situs ini nantinya murid bisa mengetahui kekuatan dirinya sehingga bisa lebih efisien dan fokus dalam menguasai pelajarannya.

Dan aku baru tahu juga ternyata Ujian Nasional kini sudah berbasis komputer, tahun lalu hanya ada sekitar 600 ribu siswa yang memilih metode ujian online dan target tahun ini akan ada 3 juta siswa yang mengikuti Ujian Nasional dengan komputer. Dan ternyata di Papua lebih banyak sekolah yang memilih ujian berbasis komputer sedangkan di Jakarta hanya da 3 sekolah , 1 SMP dan 2 SMA. Untuk itulah Ruangguru.com hadir, Iman melihat ada peluang disini dimana selama belajar siswa menggunakan kertas sedangkan ujian nanti menggunakan komputer, karenanya Ruangguru ingin membiasakan siswa belajar online sehingga disaat ujian nanti sudah terbiasa dengan soal-soal online. Iman dan Ruangguru.com menggandeng pemerintah pusat dan daerah untuk pengembangan aplikasinya, dimana ternyata ujian guru-guru juga sudah menggunakan platform Ruangguru.com

Jadi adanya keterbatasan murid untuk melakukan bimbingan belajar diluar rumah (terbatas uang, waktu atau bahkan tempat) kemudian biasanya kalau ada soal yang susah anak-anak ingin cepat mendapatkan solusi, terkadang orang yang bisa membantu tak mudah dijangkaunya dan alasan lainnya susahnya mendapatkan guru yang baik dan bagus. Karena berbagai alasan tersebut dan untuk memudahkan urusan belajar online maka sekarang diplaystore sudah tersedia aplikasi Ruangguru dan sementara ini masih versi Beta, dan masih tahap pengembangan. Dan sayapun mencoba memasang aplikasi ini digadget saya (Android Jellybean) dan memang terlihat sangat user friendly, cukup install dan akan ada konfirmasi seperti register lainnya, kemudian kita sign ini dan mulailah belajar. Saat ini hanya da 4 (empat) mata pelajaran yaitu : Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika. 

Cara mudah belajar dengan aplikasi Ruang Guru :
  1. Sign
  2. Pilih jenjang pendidikanmu
  3. Pilih mata pelajaran
  4. Download soal (poto dulu soalnya)
  5. Lalu akan terhubung dengan guru yang sesuai kualifaksi yang kamu butuhkan, lama menunggu ada 3 menit namun kemarin saya dalam 1 menit sudah bisa terhubung
  6. Guru akan menyapa dan kamu bisa mulai belajar
Awalnya menyediakan layanan video call namun karena banyak siswa yang merasa maul akhirnya saat ini hanya tersedia layanan telpon jadi kalau kamu mau latihan conversation jelas bisa ya. 
Potonya dari PP Twitternya Co-Founder dan CEO Ruang Guru

Lalu bagaimana cara pembayarannya ? Saat ini tersedia secara pembayaran umumnya, dan yang kita bayar adalah kuota yang dihitung dalam hitungan jam dan selama kamu memiliki kuota akan tetap bisa belajar ya, gimana kalau sedang belajar kehabisan kuota? Belajarnya tetap lanjut dan akan ada pemotongan biaya saat kamu membeli paket lagi. Sistem pembayaran kedepannya akan dirancang bisa memotong dari pulsa. Saat ini satu akun hanya melayani 1 anak namun kedepannya akan dirancang akun family sehingga seperti saya dua anak saya akan mempunyai satu akaun dan satu pembayaran.

Bagaimana kita tahu guru itu baik dan berkualitas? Mirip-mirip ojek online? Akan ada profile lengkapnya dan rating guru juga akan tampak, dan ada verifid button yang menunjuukan bahwa team Ruang Guru telah melakukan pengecekan terhadap background guru yang bersangkutan. Lalu gurunya diberi pelataihan tidak ? Tentu dalam merekrut juga dilakukan test, dilakukan pengecekan data, dan yang diterima akan diberikan training dan mikro teaching.

Lalu andai kata kita sudah mebeli paket belajar, kemudian setelah 3x pertemuan merasa tidak cocok dengan guru maupun sistemnya bagaimana? RuangGuru akan mengembalikan 100% biaya yang sudah dibayarkan, namun andai dari 7 jam paket yang dibeli sudah terpakai 5 jam maka yang dikembalikan hanya sisa paket dan dipotong administrasi. Sampai kemarin belum ada nominal yang disebut untuk aplikasi premium ruang guru. Oh iya akan ada juga referal code loh, jadi kalo teman-teman memakai referal code seseorang maka teman dan  anda akan mendapatkan bonus paket belajar sebanyak 30 menit, wow semakin banyak yang pakai referral code kita maka akan banyak bonus kuota yang ujung-ujungnya gak bayar donk ya hehehe...tuhkaann aplikasi online meudahkan dan murah ya !

Berminat mencoba ? Download Aplikasinya ya Ruangguru (Versi Beta) dan pelajari fitur-fiturnya. Selamat Mencoba !




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.