Blogger ? Nyantai aja kaliii...

Well, beberapa hari ini nemu share tulisan yang membahas tentang blogger, entah itu menanyakan kamu blogger tipe apa, yang membahas blogger pamer, mengkaji blogger yang suka hadir dievent ini itu, atau blogger penggila lomba. Kenyataannya blogger itu di Indonesia masih sedikit, buktinya apa? Dulu awal sosial media pahamnya cuman friendster, lalu mengenal Multiply (MP, sudah almarhum) disinilah awalnya aku suak menulis, bahkan sekedar pamer, atau cuman menulis lirik lagu yang cocok dengan suasana hati. Tahun 2008 mengenal facebook, menulis malah menjadi malas karena bisa pamer keadaan melalui fasilitas update status di facebook. Tahun 2009 berkenalan dengan kompasiana kembali aku memiliki semangat untuk menulis, kesamaannya hanya satu yaitu apapun tulisanmu, dimanapun menulisnya ketemu temannya itu-itu saja hahahha, so? blogger itu cuman dikit, lu lagi lu lagi jadi dilarang bete donk ya hahahha.

Kompasiana adalah media menulis yang mengenalkan aku pada berbagai banyak jenis orang, bahkan bisa bertemu dengan banyak tokoh bangsa ini juga lewat kompasiana. Lewat kompasiana juga aku mengenal berbagai komunitas, bahkan beberapa komunitas terbentuk karena kompasiana. Kompasiana yang membuat aku keranjingan untuk hadir dievantnya, dijaman itu boro-boro ada KCC bernilai rupiah, dapat name tag aja senangnya bukan kepalang, name tagnya digantung dikamar kos. Tahun berganti dari berbagai komunitas semakin banyak kegiatan yang melibatkan blogger, aku suka dan sudah lebih menggembirakan kala itu bisa dapat tas gudibeg isinya kaos, notes dan pulpen eh jadilah dikoleksi. Zaman itu mengenalkan padaku bahwa blogger itu menyenangkan dan diberi julukan goodie bag hunter hahahha. Saat itu pun belum dikenal istilah buzzer, tulisan berbayar atau apalah yang membayar blogger, paling cari uang kalopun bisa dikatana blogger menghasilkan ya hanya sekedar dari ikutan lomba.

Kini..hampir semua brand butuh Blogger, karena apa? Oh karena gaya bahasanya lebih mengena ke segmen pasar, oh karena blogger itu punya cara tersendiri buat menghalo-halokan something new, gitu? Alhasil beberapa brand memberi imbal balik entah berupa produk, berupa fee tulisan atau hanya sekedar pengganti transport. Trus sebagai blogger kamu gimana? terserah lu aja guys, gak usah pusing dengan opini blogger lain, apalagi yang kasih kritik bukan blogger, abaikan 100% !. ingat kesempatan itu gak datang dua kali, jadi kalau memang lu pikir ini adalah kesempatan maka grab it fast!. Semua ada waktunya guys! Ingatkan dulu kita bisa datang ke event tanpa ngarapin bayaran, nah kalau sekarang dibayar maka zamannya yang sudah berubah bukan elu nya !

Buat ku sendiri apa artinya ? Let me tell you, menulis bagiku adalah sebuah keasyikan tersendiri, gak mesti lihat kamus sih untuk cari tahu apa itu artinya blog, pokoknya yang punyablog orangnya disebut blogger itu aja cukup.
  • Aku menulis tentang apa saja, selama aku memang menggunakannya, pernah memakai kemudian gak lagi, atau aku tidak memakai sama sekali tetapi aku penasaran dan ingin tahu maka aku akan melangkah kan kaki ke acara itu.
  • Aku juga karyawan jadi ngeblog itu sudah pasti bukan profesi utama, disaat kantor menjenuhkan maka menulis adalah pilihan menyalurkan energi, bila kebetulan si boss menjengkelkan terus ada info event blogger temanya pas maka aku akan datang, dibayar ataupun tidak.
  • Disetiap acara ada selalu ada live tweet, akupun akan berpartisipasi tanpa berharap menang, twitter aku jadikan sebagai buku catatan untuk bahan menulis nantinya.
  • Lu gak takut dicap blogger murahan? ENGGAK!, siapa yang memberi cap? wong ini hobby kok ada pontennya?
  • Peduli sama ranking atau score apapun? ENGGAK, nulis ya nulis aja, dibaca syukur enggak juga its OK, wong aku nulis karena aku mau kok. 
  • Pernah mikirin bakalan tekor atau untung kalao datang keberbagai event? ENGGAK, namanya hobby ya gak pakai hitung-hitunglah, prinsipnya aku senang.
  • Pernah punya target menulis? misal sebulan harus sekian tulisan, one day one post? ENGGAK, aku nulis kapan aku mau dan sesuai deadline event yang diikuti. Kalo sudah dirumah ya no gadget , walau nemu ide ya ditulis pas ngantor lagi, atau kalo pengen banget tetap ditulis ya tunggu anak tidur, alhamdulillah sih gak pernah ngabaikan keluarga untuk urusan tulis menulis ini
  • Punya follower banyak? ENGGAK, sekarang aja punya 800 follower setelah 8 tahun punya akun twitter, di follow ya folback, kemarin aja tuh saling add biar bisa jadi buzzer hehehe, nah kalo begini ya ayok bareng-bareng tapi kalo khusus mantengin twitter untuk nambah follower ya enggaklah.
  • Cari uang dari ngeblog untuk kebutuhan hidup? ENGGAK, malah uang dari ngeblog ini seperti uang panas bagiku, easy come easy go
  • Hepi gak jadi blogger? IYA, bahagia bisa ketemu banyak orang, bisa ketemu banyak ide untuk menulis, bisa membahagiakan mamak papa, tetiba bisa ngirim sejumlah uang, mamak akan bilang "udah jangan lah simpan aja, jawabku "Mak cuman dari hadiah bloglah aku bisa ngasih mamak selebihnya gak bisa mak!
  • Merasakan keuntungan dari ngeblog?IYA, banyak banget bisa dapet macam-macam tas goodiebag

udah segitu aja, intinya gini kita saling 'care" saja, gak usah saling menilai, menulislah apa maumu dengan berbagai gayamu, jangan jadikan persaingan, jangan menjudge tulisan orang, intinya just having fun with your blog! Zamannya yang berubah, kita blogger mah ngikutin saja, ya kan..ya kan ?

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

23 comments:

Ekonom, Blogger dan pemerhati pasar modal said...

beradaptasilah dengan sikon ya, mbak Uli? Karena sudah nyebur, eh suka yaa nikmati saja, hahahhaah

Ulihape said...

Iya bu lakukan dengan senang hati aja

Witri prasetyo aji said...

Ggpernah ikutan event blogger, wong rumahnya ajah di daerah yg ggpernah ada eventnya.. kl ada harus keluar kota. Sebenernya juga pengen ikutan.. hikss

Ulihape said...

Sabar,semua ada waktunya..menulislah terus

dewi apriani said...

Mbak, gmn klo ada yg bilang buat apa cape nulis, ngeblog endebla endeble klo gak menghasilkan? Buang2 waktu, tenaga, sm uang aja. 😂

Tarry KittyHolic said...

Saya ngeblog juga have fun aja, meskipun belum pernah dapat cring2 tapi tetep aja nulis (kalau sempat) :)

Jiah said...

Saya senang jd blogger, bisa ketemu org2 baru. Ambil baiknya, buang jeleknya

Alaika said...

Setiap orang pasti punya alasan sendiri kenapa dia ngeblog. Kalo aq sih, untuk nyalurkan hobby menulis yang sudah kebangetan dan butuh disalurkan. :D
Jika kemudian bisa menghasilkan cring2, jelas itu bonus. Happy donk. Tapi tetap ga mau terpaku pada harus begini dan begitu. Blogging with heart and have fun with it, masih jadi moto utama.

So, yuk kita ngeblog asyik, Mba Uli.... :)

Unknown said...

Saya ngeblog jg masih campur sari..hehehe.. krn ngikutin ide dan suasana hati juga..
Blm lg waktu yg suka tidak mendukung :D Bersyukur klo dpt bonus2 :D ngga jg gpp..

Semangat menulis!

Unknown said...

Saya ngeblog jg masih campur sari..hehehe.. krn ngikutin ide dan suasana hati juga..
Blm lg waktu yg suka tidak mendukung :D Bersyukur klo dpt bonus2 :D ngga jg gpp..

Semangat menulis!

Ulihape said...

berarti doi ngeblog buat dapur ngebul, santaiii, nulis aja terus pasti ada manfaatnya meski ituhanya utk kegundahanmu hehehe

Ulihape said...

yup...ada masanya...nulis jangan dipaksa ya hehe

Ulihape said...

setujuuu

Ulihape said...

iya betul, dengerin hati lu ya kan

Ulihape said...

benar sekali, kalo cocok embaat hehehe

Ulihape said...

Sabar,semua ada waktunya..menulislah terus

Khoirur Rohmah said...

Nge blognya dbikn santai mbk. Yg pnting nulis truss.
krna blog juga aku bnyak knal be2rapa tman blog juga hh3ee

Ulihape said...

siipp...semangat menulis

ninda said...

hallo mbak uli salam kenal...
saya juga ngeblog seseneng2 saya aja
masalah rezeki ngapain repot sudah ada yang ngatur kok hihi ;)

Ulihape said...

Nah ituuu betull, make it easy and fun kan ya

Sri wahyuni said...

Iya ni mbak. Kalau ngeblog kebanyakan mikir malah jadi beban. Mending nulis apa yg kita suka dan post tulisan kapan kita bisa. Tapi ya jgn sampe blog nya jd sarang laba-laba jg. Hehe

Ulihape said...

yup keep writing sis

Ulihape said...

heheheh begitulaahhh