Mengenali Gejala Pubertas Anak Bersama Klinik Brawijaya - Ulihape.com

Mengenali Gejala Pubertas Anak Bersama Klinik Brawijaya

Sabtu kemarin, Klinik Brawijaya kembali mengajak rekan blogger menghadiri seminar kesehatannya mengenai "Waspda Kelainan Pertumbuhan Anak dan Remaja Anda". Sebulan lalu aku juga berkesempatan hadir namun terpaksa meninggalkan kedua anak di rumah karena khawatir mereka mengganggu, nah belajar dari pertemuan bulan lalu maka kali ini aku membawa kedua anakku. Ternyata acara seminar kesehatan yang diprakarsai oleh Klinik Brawijaya ini sangat memberi suasana santai, apalagi lokasi klinik ini berhadapan dengan area playground Mall FX sehingga sangat memungkinkan untuk kita membawa anak, Maminya mencari ilmu dan anak-anak bisa dengan enjoy bermain sembari menunggu acara seminar usai. So moms jangan ragu untuk hadir diacara seminar kesehatan Klinik Brawijaya, setiap bulan akan ada tema berbeda yang bisa kita peroleh dan tentu sjaa ilmu ini gratis untuk setiap orang yang hadir.

Poto by Uchi



Sabtu itu aku hadir acara sudah dimulai , pembicaranya adalah dr. Frida Soesanti, SpA (K) beliau adalah dokter spesialis Anak Konsultan Endokrinologi. Apaan itu ya ? so moms Endokrinologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari sistem endokrin. Organ -organ yang termasuk dalam sistem endokrin, penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada kelenjar dan organ endokrin dan fungsi metabolisme tubuh secara keseluruhan. 

Seminar Kesehatan "Edukasi Gratis Bagi Siapa Saja" By Klinik Brawijaya

Pernahkan lihat seseorang dengan tubuh mungil atau bahkan menjadi sangat tinggi? Nah ilmu yang membahas tentang kelainan ini adalah Endokrinologi dan Klinik Brawijaya memiliki dokter spesialis ini, menurut dr Frida banyak pasiennya yang memiliki kelainan seperti yang dimaksud. 
Kanda Bermain Mami Seminar


Pubertas itu akan dikatakan NORMAL apabila :


  1. terjadi pada rentang usia 8-13 tahun pada anak perempuan ditandai dengan tumbuhnya payudara, tumbuhnya rambut diketiak dan pada bagian Vagina
  2. Tubuh meninggi
  3. Menstruasi
  4. Berjerawat dan badan memiliki bau khas orang dewasa
Pada anak laki-laki pubertas terjadi pada rentang usia 9-14 tahun, ditandai dengan :

  1. Adanya peningkatan volume testis
  2. Pembesaran testis
  3. mimpi basah, tumbuh rambut diketiak dan sekitar penis
  4. Tubuh meninggi dan ada perubahan suara
Kayama Tak Kalah Bahagia 

Bagaimana bila ada anak perempuan mendapatkan menstruasi sebelum rentang usia diatas? Maka langsung kita sikapi bahwa pertumbuhannya tidak wajar dan butuh penanganan lanjut dengan dokter spesialis untuk mendapat treatment tertentu sehingga bisa diatas apa yang menjadi penyebab ketidaknormalan tersebut.

dr Firda menyebutkan bila ada anak perempuan mengalami menstruasi atau pertumbuhan payudara sebelum usia 8 tahun maka ini dikatakan pubertas dini atau prekoks sementara bila setelah usia 13 tahun tidak mengalami perubahan pada payudaranyanya maka dikategorikan sebagai pubertas terlambat.


Pubertas pada anak harus terjadi sesuai tahapan yaitu bagi anak perempuan diawali dengan pertumbuhan payudara, disusul adanya rambut pada kemaluan dan terakhir dengan menstruasi, begitulah urutan pubertas pada anak perempuan. Bila terjadi terbalik maka moms wajib warning tahts maybe something happen with your daughter!
Dan tentang pertumbuhan berat badan dan tinggi badan juga perlu diamati dimana pertumbuhan tinggi badan maksimal pertahun hanya 9 centimeter, dan yang perlu diwaspadai pada usia remaja adalah tanda-tanda seks sekunder, semuanya masih bisa dicegah asal kita mengamati, so tolong mom lebih perhatikan kondisi anak kita.

Nah bagaimana dengan anak laki-laki ? Seringkali kita mengatakan si A sudah puber hanya karena suaranya sudah lebih ngebas, atau bahkan ketika kumisnya sudah tumbuh ciiieee udah gede nih ye! OOps ternyata kita benar-benar harus belajar moms, anak laki-laki itu pubernya ditandai dengan penambahan volume testisnya, gimana biar tau ya? bawa ke dokter supaya kita tak salah ambil kesimpulan pada anak yang suka berefek kepada etika pergaulannya. Nah kalo tahapan akhir pubertas anak lelaki adalah saat dia mimpi basah jadi ingat mimpi basah bukan gejala awal pubertas melainkan hampir finish moms, dengan mimpi basah maka menunjukkan adanya proses spermatogenesis yang mulai aktif.

Untuk pertumbuhan tinggi badan pada anak laki-laki pertahun adlaah 10 centimeter, dan bedanya dengan anak perempuan biasanya anak perempuan tinggi lebih awal dibanding anak laki-laki. So moms kalau kita bisa tahu dengan baik kapan pubertas anak-anak kita maka kemungkinan kita bisa mendeteksi apakah dalam pertumbuhannya ada penyimpangan atau kelainan pubertas, bila ada maka harus segera dikonsultasikan dilakukan evaluasi secara menyeluruh sehingga bisa diberikan teraphy yang tepat.

Diakhir acara Klinik Brawijaya memberikan fasilitas cek gula darah gratis, alhamdulillah gula adarahku masih dibatas normal, dan anak-anak juga dicek grafik berat badan dan tinggi badannya, so far so good lah!
Cek Gula Darah Gratis


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.